Penulisannya Menarik Unik SEO, Harga Sesuai Kualitas-nya Bro

Jika Suatu Client Terhubung Ke Server Tapi Tidak Bisa Akses Internet, Nih Penyebabnya!




Pimpinan Media = @Ratu Eka Bkj

Penulis = @Suryani D’Syams


Jika Suatu Client Terhubung Ke Server Tapi Tidak Bisa Akses Internet Sebutkan Permasalahannya - Pernahkah Anda berselancar di social media atau bermain game melalui PC, dimana sedang asyik bermain internet kemudian tiba-tiba lemot, atau bahkan muncul notifikasi koneksi internet terputus? Tentu saja merasa kesal bukan. Beberapa hal memang dapat membuat kita tidak bisa mengakses internet dengan penyebab tertentu.

Jika hanya kuota (Data) yang habis, tentu Anda harus membeli lagi. Atau, WiFi Anda waktunya membayar. Namun beda halnya jika kuota masih banyak, tapi internet tetap lemot atau tidak terhubung sama sekali. Nah, Anda harus tahu penyebab dan cara mengatasinya. Dalam dunia komputer ada istilah, Client dan Server. Jaringan Client Server merupakan kumpulan dari beberapa komputer yang saling terhubung, dengan salah satunya sebagai Server sedangkan lainnya menjadi Client. Namun, jika suatu client terhubung ke server tapi tidak bisa akses internet sebutkan permasalahannya? So, berikut penyebab problem tersebut dan cara mengatasinya EKA BKJ sajikan untuk Anda. Selamat membaca Guys!


  1. Status “Terhubung” Tapi Tidak Bisa Terhubung

Saat Anda membuka jaringan atau masuk ke dalam browser, kemudian muncul notifikasi No Internet Access pada panel icon pojok kanan bawah. Sebenarnya internet sudah terhubung, namun jaringan sedang bermasalah. Atau jika Anda membuka dua browser dan tidak bisa membukanya, maka langkah selanjutnya dapat memeriksa ISP (Internet Service Provider) sang penyedia jasa layanan internet. Anda pun dapat melepas sambungan modem, kemudian pasang kembali dan hubungkan lagi. Jika terhubung melalui wireless lepas kabel WAN pada Access Point, lalu pasang dan Restart komputer. Jika masih belum berhasil, silahkan menghubungi pihak penyedia jasa (ISP) untuk bantuan lebih lanjut.


  1. Terjadi IP Conflict

Jika suatu client terhubung ke server tapi tidak bisa akses internet sebutkan permasalahannya? Karena, kemungkinan tidak memiliki akses IP Conflict yang tidak bisa disambungkan atau digunakan. Memang penyebab satu ini sering terjadi, dimana jika beberapa komputer tidak bisa terhubung ke internet, sedang yang lainnya bisa. Maka dari itu, alamat IP Address tidak boleh ada yang sama. Khususnya, pada jaringan LAN komputer berpotensi mengalami IP Conflict.

Untuk mengatasinya, Anda harus benar-benar memeriksa alamat IP ada yang sama atau tidak. Bisa juga dengan memeriksa melalui tekan tombol Window+R secara bersamaan. Lalu masuk Windows Explorer dan klik kanan Network, lalu Properties dan pilih Change Adapter Settings.

Lalu Anda sedang masuk pada LAN Setting, pilih jaringan yang akan digunakan. Kemudian Properties, setelah itu muncul jendela baru dan silahkan pilih Internet Protocol Version4 (TCP/Ipv4) lalu Properties. Kemudian ganti alamat IP dengan yang baru, atau klik Obtain an IP Address Automatically agar lebih mudah.


  1. NIC atau Wireless Adapter Dalam Posisi Disable

NIC (Network Interface Card) merupakan kartu jaringan yang menghubungkan komputer satu dengan lainnya. Fungsinya mengubah aliran data yang berbentuk paralel dalam komputer, menjadi bentuk data serial sehingga bisa dikirimkan di atas media jaringan. Cara mengetahuinya sebagai berikut:

    • Klik kanan pada gambar komputer di pojok kanan bawah.

    • Pilih Open Network and Sharing center

    • Change Adapter Setting

    • Pada local area klik kanan Ethernet kemudian jika ada tulisan Disable, segera ubah menjadi Enable dengan cara klik kiri bagian Disable.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan LAN Card sudah Enable atau belum. Kurang lebih langkah-langkahnya seperti mencari NIC. Hanya saja tujuan Anda adalah LAN Card. Jika ternyata LAN Card belum terinstal, maka Anda memerlukan CD Driver khususnya. Untuk mengetahui apa saja yang belum terinstal Anda bisa melakukan dengan klik Start, soroti bagian komputer lalu klik kanan, kemudian Manage, dan masuk Device Manager. Jika ada tanda seru berwarna kuning atau tanda silang, maka belum terinstal dengan benar.


  1. Limited or No Connectivity Status

Jika suatu client terhubung ke server tapi tidak bisa akses internet sebutkan permasalahannya? Khusus untuk penyebab satu ini, bukan komputer Anda yang bermasalah. Namun konfigurasi Wireless Router yang tidak sempurna, berhubungan dengan konfigurasi DHCP Router tidak aktif. Atau bisa masalah koneksi antara modem dan internet, tentunya jika pihak Provider memberi layanan DHCP kepada Client. So, Anda bisa melakukan langkah berikut:

  1. Klik kanan Adapter, kemudian pilih Repair. Cek apakah koneksi normal, jika notifikasi Limited Access berarti bisa.

  2. Jika belum, silahkan buka TCP/IP Adapter dan pastikan sudah terkonfigurasi pada Obtain IP address automatically.

  3. Cabut modem, kemudian pasang kembali.

  4. Restart komputer.

  5. Jika masih belum berhasil, cek bagian konfigurasi Router bagian DHCP sudah Enable atau belum.

  6. Lalu Restart.

  7. Jika masih belum berhasil, hubungi pihak Provider.


  1. Kabel Terputus atau Lepas (Network Cable Unplugged)

Kabel yang terlepas atau putus pada router / modem, menyebabkan koneksi internet juga terputus. Maka dari itu perhatikan langkah berikut:

    • Cek kabel pada port Adapter / NIC, jika terlepas segera pasang kembali.

    • Jika masih terpasang dan tidak bisa terhubung, maka cabut kabel jaringan dan pasangkan pada port lain pada router / switch.

    • Langkah terakhir jika belum bisa terhubung, bisa Anda coba untuk mengganti kabel atau ganti Network Adapter.


  1. Koneksi Wireless Adapter Ke Wireless Network Tidak Ada

Koneksi Wireless Adapter terputus dan tidak dapat terhubung ke internet, atau bahkan jaringan tidak stabil merupakan permasalahan yang pernah dijumpai sebagian orang. Maka dari itu lakukan hal ini:

    • Cek status perangkat wireless pada Windows, pastikan aktif.

    • Lakukan pencarian sinyal hotspot, terutama pada jaringan WiFi.


  1. Ikon Local Area Connection Tidak Muncul di Network Connection Pada Control Panel

Ada beberapa kemungkinan hal ini bisa terjadi yaitu, driver yang belum terinstal dengan benar, atau memang belum terinstal sama sekali. Maka dari itu, lakukan instal driver sesuai dengan kartu jaringannya. Apabila sudah terinstal dengan benar, maka cek bagian pemasangan kartu jaringan. Sudah benar atau belum. Bisa juga dengan mengecek bagian slot kartu PCI, bisa saja kotor atau rusak. Maka dari itu, segera bersihkan atau ganti dengan yang baru.


  1. Tidak Bisa Login Jaringan / Tidak Terhubung Koneksi Internet

Sebagai client tidak bisa mengakses internet secara menyeluruh. Sebab ada pembatasan mikrotik, maka dari itu silahkan minta ke Admin untuk mendaftar physical address computer agar dibuatkan akun.


Demikianlah penjelasan dari Kami EKA BKJ, mengenai Jika Suatu Client Terhubung Ke Server Tapi Tidak Bisa Akses Internet Sebutkan Permasalahannya. Semoga bermanfaat untuk Anda semuanya para Pembaca, maupun yang sedang mencari referensi terkait hal ini. Sehingga, menjadi solusi untuk Anda dalam mengatasi dan menangani jaringan komputer yang sedang bermasalah. Oke Guys, jangan lupa tinggalkan jejak pengalaman kalian di kolom komentar! Dan, jika Anda memerlukan Artikel, SEO, Content Review, Copywriting maupun Pembuatan Website dapat menghubungi Jasa Penulisan Eka Bkj dan Jasa Web Eka Bkj



DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =

0177-01-042715-50-9

EKA APRILIA.... BRI...

0895367203860

EKA APRILIA, OVO


0 Response to "Jika Suatu Client Terhubung Ke Server Tapi Tidak Bisa Akses Internet, Nih Penyebabnya!"

Post a comment

Iklan Dalam Artikel

Iklan Adnow

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow

loading...