Penulisannya Menarik Unik SEO, Harga Sesuai Kualitas-nya Bro

CONTOH ARTIKEL INDONESIA


Tips Ampuh Mendirikan Perusahaan Startup Ala EKA BKJ, Dari Nol Hingga Sukses



Penulis_@Ratu Eka Bkj
Founder EKABKJ.com


Kiat Sukses Wirausaha – Sudah kita ketahui jika kini masuk era kontemporer, yang mengedepankan kemajuan teknologi dan kebebasan berekspresi. Membuat kesadaran digital para generasi millenial pun semakin meningkat. Beragam jenis profesi baru yang berdasar atas kemandirian ekonomi bermunculan, karena adanya sarana informatika. Bukan hanya itu, bahkan banyak diantara kita yang berminat menjalankan bisnis di bidang e-commerce. Hingga, mendambakan dan memimpikan dapat mendirikan perusahaan digital atau yang biasa dikenal sebagai Startup.

Tips Mendirikan Startup Paling Manjur Ala EKA BKJ, Solusi Wujudkan Impian Anda!
Startup, awalnya disematkan bagi para Pengusaha pemula yang mengawali bisnisnya. Namun seiring maraknya trend digital, Startup cenderung mengarah pada Pengusaha berbasis teknologi atau informatika. Banyak perusahaan Startup asal Indonesia yang sudah mengepakkan sayapnya, bahkan ke luar Negeri. Contohnya seperti Go-Jek, Bukalapak, Tokopedia, Traveloka, dan lain sebagainya. Mereka semua berasal dari rahim Ibu Pertiwi, generasi Bangsa yang mampu memberikan pengaruh solutif di dunia ekonomi dan teknologi. Lalu, apakah Anda juga bisa seperti mereka? Tentu bisa. “Siapapun Anda pasti bisa menjadi apapun, asal mau”. So, untuk mewujudkan impian tersebut Anda dapat menerapkan tips ampuh berikut, dari Kami EKA BKJ.

Mengenali Passion
Rahasia sukses, dengan menjalankan pekerjaan yang Anda cinta tentu akan lebih menyenangkan dibandingkan mengerjakan sesuatu secara terpaksa. Dengan rasa senang, tentu Anda akan semakin serius untuk mendalaminya dan memunculkan beragam ide kreatif. Nah, oleh karena itu pentingnya mengenali passion sejak awal sebelum memutuskan berbisnis di bidang digital.

Mengubah Passion Menjadi Bisnis
Rahasia sukses bisnis selanjutnya, setelah Anda sadar dan yakin tetang passion yang dimiliki, kini saatnya menjadikan hoby sebagai ladang berbisnis. Tentu menyenangkan bukan, jika menjalankan hoby saja mendatangkan keuntungan? Nah, itulah yang membuat banyak Startup mencapai kejayaannya. Pasalnya, dengan cinta dan ahli pada bidangnya Anda akan lebih mudah menghadapi berbagai tantangan dan menyelesaikan beragam persoalan saat mengelola bisnis. Karena, bagaimanapun dalam berbisnis pasti ada yang namanya rintangan.

Bisnis yang Menjawab Masalah Sosial
Kiat usaha sukses paling manjur bagi para Technopreneur besar di dunia maupun Indonesia, tidak lepas dengan tujuan humanisme dalam pendirian bisnis. Mereka selalu mencetuskan karya cipta yang dihasilkan dari keresahan sosial, dengan bertujuan memberikan dampak solutif. Seperti kisah sukses Mark Zukerberg yang mendirikan Facebook, karena kritiknya terhadap sistem kampus. Jack MA pendiri Alibaba, dilatarbelakangi karena ingin mengenalkan internet di negaranya supaya meningkatkan ekonomi Tiongkok. Nadiem Makarim mendirikan Go-Jek, karena resah melihat Jakarta yang macet dan juga susahnya mempertemukan antara penumpang dengan Sopir Ojek. So, tidak akan ada bisnis yang besar dan berpengaruh jika hanya didasari pada nilai materialistik.

Cetuskan Produk
Tips menjadi pengusaha muda, jika sudah menemukan passion dan keresahan sosial Anda harus mencetuskan produk. Produk dapat memilih berbentuk barang atau jasa. Misalnya jika Anda passion di bidang penulisan, dan melihat resah banyak Penulis yang susah menyalurkan karyanya atau terlalu mendapat komisi sedikit dari para Penerbit. Anda dapat mencetuskan produk berupa Jasa Copywriting (Penulisan berbasis branding advertishing).

Menggunakan Platform Gratisan
Mengawali bisnis seringkali mempersoalkan modal berupa uang. Namun, di era kontemporer itu sudah tidak berlaku. Pasalnya, Anda dapat memulai menawarkan produk dan mengenalkan bisnis secara digital. Banyak berbagai platform yang tersedia baik berbayar maupun gratisan. Supaya bisnis segera berjalan, Anda dapat mengawalinya dengan platform gratisan terlebih dahulu. Misalnya seperti akun Facebook, Instagram, Whatsapp, Blog Wordpress atau Blogspot, Google Sites.

Membuat Brand
Setelah produk dipublikasi secara umum, kiat sukses usaha selanjutnya Anda perlu membuat brand. Supaya bisnis Anda mudah dikenal oleh Pemirsa, dan membedakan dengan jasa bisnis lainnya. Contoh brand seperti: ZuperEka, EKA BKJ, Google, Go-Jek, Gopay, Bukalapak, dan lain sebagainya.

Menentukan Target Market
Bisnis online harus dengan menentukan target market, Anda dapat menuju pada sasaran yang tepat. Tentu capek kan jika Anda sedang menawarkan produk tetapi Pemirsa tidak merespon, hal itu dikarenakan salah sasaran. So, buatlah target pemasaran yang jelas. Produk Anda dibutuhkan oleh siapa saja, apa profesinya, umur berapa, dan bagaimana strata sosialnya. Semua harus terukur secara jelas.

Mulai Promosi
Usaha berikutnya, mulai lakukan promosi di platform digital gratisan yang Anda miliki. Promosi disini juga masih memberikan pilihan, bertahan pada gratisan atau berbayar. Jika bertahan pada gratisan cara promosi di media sosial adalah, dengan melakukan add friend secara manual atau menggunakan Intelligence Search. Intelligence Search merupakan software gratis yang bisa Anda install di Google Crome, bertujuan untuk membuat spesifikasi target market dan add friend. Sedangkan untuk blog gratisan, Anda bisa menyebar link di media sosial setiap update content. Serta, menerapkan teknik SEO supaya situs dapat muncul di rangking terdepan. Jika beranjak ke metode berbayar Anda dapat menggunakan Facebook Ads, Website, Instagram Ads, Whatshapp Bisnis, Google Ads.  

Membuat Logo
Langkah usaha sukses berikutnya, Anda perlu membuat logo dari brand bisnis. Buatlah logo yang menarik dan simple, sehingga mudah diingat. Jangan lupa juga, harus memiliki ciri khas yang membedakan dengan logo dari brand bisnis lainnya.

Membuat Tim dan Sistem Bisnis
Bisnis dengan berjualan tentu berbeda, meski sama-sama menghasilkan kentungan dan menawarkan produk jasa atau barang. Nah, salah satu pembedanya adalah dalam segi tim dan sistem bisnis. Penjual hanya fokus memperjual-belikan barang dagangannya dan mencari keuntungan untuk kebutuhan sehari-hari, tanpa membangun tim serta membuat sistem. Supaya Anda benar-benar akan menjadi Pengusaha Startup, harus mulai merekrut tim dan menentukan sistemnya. Jika masih keberatan dengan tim tetap, karena mungkin masalah budged. Anda dapat mengawali dengan tim freelancer, dengan sistem freelance pula.

Manageman Tim dan Strategi Marketing
Jika tim yang telah dibangun sudah berjalan, kemudian Pengusaha perlu melakukan manageman tim. Dengan memberikan mentoring maupun monitoring terhadap tim, menentukan pembagian job secara jelas, memaparkan visi misi ke depan dan implementasi sistem bisnis, serta meningkatkan kualitas SDM.
Terkait strategi marketing juga harus diterapkan, dengan membangun branding. Sehingga, memiliki brand awareness di mata Pemirsa. Caranya, dapat dengan update testimoni, portofolio, publikasi content writing, copywriting / content marketing, video marketing, dan lain-lain.

Memegang Market Tetap
Cara menjadi pengusaha yang sukses, bila brand Anda semakin dikenal dan bertambah Customer. So, Anda harus menjaga integritas dan kualitas baik pelayanan maupun produk. Sehingga, dapat memegang market tetap yakni Pelanggan. Tentu itu adalah penghasilan tetap dari brand bisnis Anda.

Perkuat dan Perluas Keahlian serta Wawasan Anda
Semakin ke depan, Anda ingin menyegerakan memiliki perusahaan startup bukan? So, Anda tidak cukup disini saja dengan wawasan seadanya dan platform gratisan untuk berbisnis. Anda harus berani berubah dan meningkat. Mulai lakukan revolusi segera, dengan memperluas keahlian dan wawasan Anda di bidang informatika. Banyaklah belajar otodidak di internet lalu menerapkan dan menginovasi, mengikuti beragam pelatihan-pelatihan, bahkan jika perlu Anda dapat mengambil Kursus Progamming atau S2 IT.

Pentingnya Kantor Digital
Semakin ke depan keahlian berbisnis Anda dalam dunia digital atau IT pasti sudah meningkat. Kini, Anda makin menyadari bahwa betapa perlu menyegerakan membuat kantor digital. So, Anda harus mulai membuat website untuk brand bisnis Anda. Usahakan membuat website sendiri, jangan beli secara instan. Supaya dapat meningkatkan skill Anda di bidang digital. Bagaimanapun perusahaan besar yang lama mempertahankan kesuksesannya tidak terlepas dengan Founder dan CEO-nya yang mahir.

Development Bisnis dan Platform Digital
Pebisnis sukses pasti melakukan development bisnis dan pratform digital. Karena menjadi hal urgent yang wajib dilakukan, bila Anda serius ingin memiliki perusahaan startup. Development dapat dilakukan dengan membuat: 
Pertama, website CMS self hosting dan domain TLD yang professional. 
Kedua, menambah situs-situs pendukung lainnya seperti Google My Business, YouTube, Google Plus, dan sejenisnya. 
Ketiga, mencetuskan Web Framework dan Aplikasi Android atau Software.

Optimasi Platform Digital dan Bisnis
Sudah memiliki platform digital untuk bisnis Anda, sekarang Anda perlu mengoptimasinya. Hal ini supaya masuk di rangking terdepan pada mesin pencari, mudah dikunjungi User, serta mulai menghasilkan uang virtual. Caranya dengan menerapkan teknik SEO (Search Engine Optimation), SEM (Search Engine Marketing), dan pemasangan platform monetize iklan supaya mendapatkan penghasilan.
Untuk pemasangan monetize iklan di website Anda dapat mendaftar ke Google Adsense, Adwords, AdNow, RevenueHits, Media.net, Chitika, Qadabra, Bidvertiser, PloppelerAds, Infolink, Popcash, dan BuySellAds. Sedangkan pemasangan monetize iklan di aplikasi android dapat mendaftar ke Google Admob, VServ, Smaato, InMobi, dan Apple iAd.

Gunakan Advertishing dan Ambassador
Ini juga tidak kalah penting dalam memajukan bisnis digital Anda. Pasalnya, dengan penggunaan media periklanan akan memudahkan Anda dalam melakukan promosi yang efektif. Terlebih, mampu menjangkau market secara tepat sasaran. Sehingga, menghasilkan traffic serta income yang lebih besar dengan menyediakan budget adverthising. Beberapa platform yang dapat Anda gunakan untuk promosi berbayar diantaranya seperti: Google Ads, Facebook Ads, Instagram Ads, dan lain sebagainya. Bahkan, Anda juga perlu menggunakan endorse dengan menyewa orang-orang terkenal untuk menjadi Ambassador. Misalnya seperti branding melalui Artis, Influencer, Blogger, YouTuber, Selebgram. Hal ini bertujuan untuk, meningkatkan daya kepercayaan calon User atau Mitra.

Perkuat dan Perluas Relasi Bisnis
Semakin bisnis startup Anda maju, sangat diperlukan memperluas dan memperkuat relasi bisnis. Hal ini bertujuan untuk bekerjasama dalam mengembangkan bisnis yang saling menguntungkan. Relasi disini yang perlu Anda target sebagai Partner, Mitra atau User, Anggota atau Crew. Semua itu akan menunjang kesuksesan bisnis Anda. Anda perlu membangun jaringan atau relasi bisnis baik secara offline maupun online.

Menggandeng Investor
Tidak ada startup besar, tanpa campur tangan para Investor atau pemberi investasi. Bahkan seperti Facebook, Go-Jek, Bukalapak, Tokopedia dan lain sebagainya pun disokong oleh para Investor besar. Jika diamati bisnis Anda sudah menjanjikan dan layak untuk saling menguntungkan, kini saatnya Anda sudah siap menawarkan kepada Investor. Supaya mereka menanamkan saham atau modal untuk pengembangan platform Anda. Dengan begitu, aplikasi akan semakin memiliki fitur yang bermanfaat dan dibutuhkan para User. Disarankan jangan menyerahkan saham kepada Investor lebih dari 30%. Tujuannya supaya Anda memiliki hak kuasa lebih besar dibandingkan Investor, sehingga menghindari adanya akuisisi pihak lain.
Terdapat daftar Investor yang recommended untuk para Pengusaha Startup. Biasanya Investor ini dipakai oleh para Pengusaha-Pengusaha digital yang sekarang menduduki kejayaannya seperti Go-jek, Bukalapak, Tokopedia dan lain sebagainya. Oke, beberapa Investor tersebut adalah: East Ventures, Ideosource, Cyber Agent Ventures (CAV), Gree Ventures, Transcosmos, Rebright Partners, Golden Gate Ventures, ANGIN, Aucfan, Convergence Ventures, dan EMTEK Groups.

Membuat Kantor Offline
Tidak akan mungkin berdiri perusahaan tanpa adanya kantor secara offline. Oleh sebab itu, supaya menjadi Entrepreneur sukses Anda harus mulai membeli tanah atau ruko yang dapat dibangun perusahaan. Wajib memilih lokasi yang menjadi pusat kota, serta dengan tempat strategis. Supaya perusahaan Anda mudah dikenal dan semakin jaya. Selain itu, pada persyaratan pembuatan PT nanti juga diharuskan memiliki surat kepemilikan tempat usaha yang berada di pusat kota.

Pendirian Perusahaan dan Kelengkapan Perlindungan Hukum
Horee,,, segala perjungan Anda akan segera berhasil untuk menjadi Pengusaha sukses. Ini saat-saat yang dinantikan dan menjadi sejarah dari jatuh bangunnya mendirikan perusahaan startup. Semua proses sudah Anda lakukan dengan benar. Sekarang momentum yang tepat untuk mendaftarkan perusahaan secara legal di mata hukum. Diantaranya Anda perlu membuat: SIUP, NPWP, Akta Notaris, SKT, TDP, SKDP, Surat PBB, IUT, Pembuatan PT, Pendaftaran PSE, Pendataran Merek Dagang / Jasa / Brand, Hak Paten, dan Hak Cipta.

Bagaimana Pemirsa, semakin siap kan untuk mewujudkan mimpi sebagai Pengusaha Startup? Tunggu apa lagi, segera wujudkan harapan Anda sekarang juga! Jangan menunda kesuksesan, jika sekarang pun dapat Anda mulai. Semua bisa dimulai dengan langkah terkecil, dari angka nol pun mampu menjangkau nilai seratus. Begitulah proses menuju kesuksesan, tidak ada yang instan. Oke, sekian artikel dari kami EKABKJ  tentang Tips Ampuh Mendirikan Perusahaan Startup, Dari Nol Hingga Sukses. Semoga bermanfaat bagi Anda dan terimakasih.







0 Response to "CONTOH ARTIKEL INDONESIA"

Post a Comment