Penulisannya Menarik Unik SEO, Harga Sesuai Kualitas-nya Bro

Struktur Perusahaan Startup Yang Wajib Anda Tahu, Nih Wujudkan Impian Anda Menjadi Technopreneur Sukses Ala Mark Zuckerberg & Larry Page!


Penulis_@Ratu Eka Bkj

CEO & Founder “EKA BKJ”



Startup - Apakah Anda bercita-cita ingin menjadi Pengusaha Startup layaknya Mark Zuckerberg dan Larry Page? Siapa sih yang nggak ingin memiliki platform bisnis berpengaruh seperti mereka. Tentunya, banyak orang tertarik dan mempunyai impian yang briliant itu. Eiittzzz, tunggu dulu. Anda harus membaca terlebih dahulu keinginan tersebut hanya karena tergiur keuntungannya, atau memang passion dan memiliki tujuan besar untuk sesama. Karena, perlu Anda tahu bahwa kesuksesan Facebook dan Google sebagai raksasa di dunia platform digital tidak terlepas dari misi kemanusiaannya untuk mengubah dunia.


Larry Page berinisiatif ingin memfasilitasi sumber informasi dari internet dengan membuat sebuah search engine. Kemudian, dia bertemu dengan rekannya yakni Sergey Brin. Mereka berdua sepakat mencetuskan Google sebagai mesin pencari supaya mempermudah orang untuk menemukan berbagai informasi dari internet. Mereka mengisi kekosongan dunia maya dalam hal pencarian wawasan, sebagai ide yang berlian dan memberikan pengaruh humanisme bagi kebutuhan literasi manusia. Mengubah pencarian referensi dari cara konvensional beralih ke virtual. Tentunya, itu tujuan yang sangat mulia sehingga terwujudlah pengaruh besar hingga sekarang dalam dunia Startup


Begitupun dengan Mark Zuckerberg, awal mula mendirikan platform dia tidak berpikir terkait komersialnya. Mark justru mendapatkan stimulus dari birokrasi kampusnya Harvard University, yang dipikir kurang mendukung hubungan setara akan senior dan junior. Terbatasnya akses mengenal junior di universitasnya, membuat Zuck termotivasi untuk hack database Mahasiswa untuk membuat sebuah platform yang memudahkan saling berkenalan. Dengan begitu, harapan Mark tidak ada sekat dan unsur senioritas. Dia berharap kebebasan dan kemerdekaan akan hak berbicara dan berpendapat dengan adanya sosial media yang dicetuskan. Nah, melihat dari motif Mark tentunya memiliki faktor kemanusiaan dalam menciptakan sebuah platform media sosial. Selain itu, Zuck sejak kecil sudah terbiasa bergelut dengan dunia komputer dan coding. Membuatnya, passion di sektor digital tidak diragukan lagi.


So, bagi Anda yang ingin mendirikan perusahaan platform maka pastikan memiliki tujuan mulia dalam kemanusiaan. Yakni misi besar untuk mengubah dunia menjadi lebih setara, maju, transparan dan efisien untuk banyak orang. Sehingga, dapat memberikan dampak manfaat yang nyata bagi para pengguna. Selain itu, juga harus memastikan passion dan bakat Anda di dunia digital dan bisnis.


Jika itu sudah Anda pastikan, maka selanjutnya harus memahami terkait struktur perusahaan startup yang harus dipenuhi. Struktur ini yang akan mengisi posisi sesuai dengan tugasnya, untuk memudahkan berjalannya suatu perusahaan. Agar sebuah perusahaan startup memiliki sistem dan manajemen yang baik. Dapat dikembangkan untuk menjadi lebih maju, dan saling bekerja sama akan tugas masing-masing demi mencapai visi misi suatu perusahaan. Terlebih, juga diperlukan sebagai syarat pendaftaran PT secara resmi. So, langsung saja berikut beberapa struktur perusahaan Startup yang harus Anda ketahui menurut Ratu Eka Bkj! Cekidot.



Nih Struktur Perusahaan Startup Yang Wajib Anda Tahu, Sebelum Mendirikan PT!



  1. Founder 

Founder adalah, seorang pendiri suatu platform atau perusahaan startup. Orang pertama yang memiliki hak kepemilikan terhadap perusahaan. Biasanya, akan merangkap sebagai CEO (Chief Executive Officer) yakni pimpinan perusahaan. Contohnya: Larry Page (Pendiri Google), Mark Zuckerberg (Pendiri Facebook), Bill Gates (Pendiri Microsoft).


  1. Co-Founder

Co-Founder merupakan partner atau teman yang diajak mendirikan perusahaan startup. Atau, dalam kata lain sebagai pendamping sekaligus rekan pendiri perusahaan. Sebagai orang kedua yang memiliki hak kepemilikan terhadap perusahaan dan platform tersebut. Contohnya: Sergey Brin (Partner dari Larry Page dalam mendirikan Google).


  1. CEO (Chief Executive Officer)

CEO adalah pimpinan tertinggi dari suatu perusahaan startup. Dalam kata lain, merupakan seorang Direktur Utama yang bertugas memimpin serta mewakili perusahaan. Memiliki peran yang paling penting dalam membuat keputusan dan menjaga relasi dengan Investor serta pihak eksternal. Contohnya: Sundar Pichai (CEO Google yang sekarang), Mark Zuckerberg (CEO Facebook dari awal pendirian hingga sekarang). 


  1. CTO (Chief Technology Officer)

CTO (Chief Technology Officer) merupakan posisi yang bertanggungjawab atas pembuatan dan development produk teknologi berupa platform. Dia yang bertugas sebagai engineer, untuk mengaplikasikan improvisasi produk teknologi secara teknikal. Yang mengendalikan dan membangun sebuah sistem bot pada algoritma platform. Mengelola segala macam yang berkaitan dengan website maupun aplikasi seperti: Domain, Server, SSL, Security, Database, Fitur, dan sejenisnya.  


  1. CFO (Chief Financial Officer)

CFO atau kepanjangan dari Chief Financial Officer, adalah seorang yang bertugas dalam manajemen keuangan perusahaan. Mengelola segala sumber keuangan perusahaan, baik kas masuk maupun keluar. Dia juga yang akan membantu CEO dalam meeting dengan Investor terkait sumber dana untuk pengembangan perusahaan.


  1. CMO (Chief Marketing Officer)

Seseorang yang bertanggung jawab atas manajemen marketing pada perusahaan startup, disebut dengan CMO (Chief Marketing Officer). Membuat segala strategi branding atas produk untuk dipromosikan kepada khalayak. Menentukan segmentasi pasar dan target market. Membuat strategi untuk meningkatkan income atas produk teknologi yang dipasarkan. Dalam kata lain, meningkatkan traffic akan kunjungan platform agar menjadi user dan menghasilkan income. 


  1. COO (Chief Operating Officer)

Bertugas untuk mengelola segala macam yang berkaitan dengan operasional perusahaan, diberikan kepada COO (Chief Operating Officer). Yakni, mengatur berkaitan dengan internal perusahaan seperti: Mengkoordinasikan antara karyawan dengan atasan, membuat job description, membuat laporan pertanggungjawaban kepada CEO, memilih vendor, dan lain sebagainya.  



Demikianlah artikel dari EKA BKJ terkait struktur perusahaan Startup yang perlu Anda ketahui, bila ingin menjadi Technopreneur layaknya Mark Zuckerberg dan Larry Page. Tentunya, menjadi referensi bagi Anda untuk membuat perencanaan yang matang dalam mengisi struktur tersebut sebelum resmi mendirikan perusahaan. Sehingga, manajemen perusahaan Anda nantinya dapat berjalan secara tepat dan tidak mengalami kendala yang menghambat sistem. Oke Guys, sekian dari Kami dan terimakasih. Jangan lupa, tinggalkan jejak di kolom komentar untuk saling sharing wawasan dan pengalaman. Bagi Anda yang memerlukan jasa penulisan konten, SEO, dan pembuatan website dapat menghubungi EKA BKJ Solusi Kerjasama! 






DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =

0177-01-042715-50-9

EKA APRILIA.... BRI...

0895367203860

EKA APRILIA, OVO

0 Response to "Struktur Perusahaan Startup Yang Wajib Anda Tahu, Nih Wujudkan Impian Anda Menjadi Technopreneur Sukses Ala Mark Zuckerberg & Larry Page!"

Post a Comment

Iklan Dalam Artikel

Iklan Adnow

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow

loading...