(Bisnis Komunikasi Jaringan), "Solusi Kerjasama!"

Cara Meningkatkan Kecepatan Website WordPress Paling Efektif, Berikan User Experience yang Menyenangkan!

Penulis_@Ratu Eka Bkj



Cara meningkatkan kecepatan website Wordpress menjadi keperluan yang sangat penting bagi Anda. Khususnya, untuk para Blogger dan pelaku web berbasis CMS (Content Management System). Karena, speed dapat menjadi user experience yang mempengaruhi keputusan para pembaca untuk kembali atau tidak. Jika mereka merasa mendapatkan pengalaman yang nyaman dengan kecepatan website Wordpress, tentu dapat kembali mengunjungi situs Anda. Sebaliknya, jika akses website terlalu lambat dapat membuat user tidak nyaman. Dengan begitu, pastinya sangat berdampak pada traffic. 



Terlebih, kecepatan website ternyata menjadi salah satu algoritma Google yang mempengaruhi tingkat SEO (Search Engine Optimization). Artinya, berhubungan dengan optimasi di mesin pencari untuk mendapatkan ranking halaman yang depan atau belakang. Dengan speed yang cepat, menjadi salah satu penunjang untuk website Anda direkomendasikan berada pada page one. Maka, peluang mendapatkan view akan lebih besar. So, untuk lebih jelasnya terkait cara meningkatkan kecepatan website langsung cek pembahasan dari EKA BKJ yang di bawah ini Guys! Cekidot. 



Nih Cara Meningkatkan Kecepatan Website Wordpress yang Wajib Anda Tahu!


Terdapat beberapa cara meningkatkan kecepatan website Wordpress. Baik dengan mengkroscek ke beberapa tools speed yang akan direkomendasikan. Maupun, dengan mengurangi kapasitas yang membebani loading sebuah web. Seperti mengkompres ukuran gambar, mengurangi tayangan iklan, menghapus beberapa script yang tidak diperlukan, hapus plugin yang jarang digunakan, dan masih banyak tips kecepatan website lainnya. So, untuk lebih jelasnya berikut tutorial kecepatan Wordpress yang dapat Anda terapkan Guys!


  1. Kompres Ukuran Gambar 

Dalam mengoptimalkan kecepatan website Wordpress, penting untuk kompres ukuran gambar. Supaya, tidak memberatkan kapasitas dari sebuah situs. Bahkan, tidak membuat beban yang berlebih untuk server maupun hosting. Dimana menjadi penyebab loading menjadi lama, jika terbebani dengan gambar yang tidak support. Anda dapat mengkompres gambar menjadi ukuran kecil seperti 100 mb, atau lebih kecil dari itu. Dengan cara, menggunakan tools online yang tersedia di internet secara gratis. Misalnya: TinyJPG, Compressjpeg.com, Tiny PNG, JPEG Optimizer, Kraken.io, ImageRecycle, Compressor.io, Optimizilla, Online Image Optimizer. Selain itu, Anda juga perlu mengoptimasi gambar. Caranya yaitu gunakan plugin WP-Smush untuk memaksimalkan resolusi gambar, lakukan pengecekan di GTMetrix untuk melihat rekomendasi gambar yang perlu dikecilkan ukurannya, ganti jenis file menjadi JPG. 


  1. Hapus Plugin yang Tidak Terpakai 

Terlalu banyak menginstall plugin di dalam Wordpress, akan menjadi beban bagi CMS (Content Management System). Sehingga, membuat website Anda menjadi loading lama saat diakses user. Oleh sebab itu, wajib untuk Anda menghapus plugin yang tidak terpakai. Gunakan saja plugin yang benar-benar penting dan selalu diperlukan. Supaya, tidak memberatkan kapasitas situs Anda. Dengan mengurangi yang membebani, maka speed website Anda akan lebih cepat. 


  1. Aktifkan Caching Wordpress

Tips mempercepat website yang selanjutnya adalah, aktifkan Caching Wordpress. Bertujuan untuk membuat file HTML bekerja dengan statis. Sehingga, tidak memerlukan script dinamis yang berakibat membuat beban pada kinerja server. Dengan begitu, plugin caching ini pun dapat mendukung loading yang lebih cepat. Selain itu, juga menghasilkan fungsi tambahan seperti: Minify file HTML, CSS, dan cache pada browsing. Nah, beberapa plugin pilihan yang dapat Anda pakai diantaranya: WP Super Cache, W3 Total Cache, WP Super, dan sejenisnya. So, tunggu apa lagi? Buruan install di CMS Wordpress Anda oke Guys!


  1. Update Wordpress Versi Terbaru 

Update Wordpress versi yang terbaru sangat penting untuk dilakukan. Karena, fitur-fitur yang baru tentunya lebih support. Bahkan, bisa menjaga CMS (Content Management System) website Anda supaya tidak terserang oleh malware. Terlebih, sanggup membantu proses loading lebih cepat. Sehingga, speed website Anda menjadi stabil dan bisa user friendly.  


  1. Gunakan CDN (Content Delivery Network)

Kecepatan website dapat Anda wujudkan, salah satunya dengan cara menggunakan CDN (Content Delivery Network). Karena, berfungsi untuk mengakses situs dengan speed yang cepat dari berbagai lokasi server. Meskipun lokasi server berbeda dengan keberadaan pengunjung website. Misalnya server berada di Jakarta, sedangkan viewers dari Malaysia. Pasalnya, CDN memakai file penyimpanan statis untuk web memiliki speed yang lebih cepat.  


  1. Gunakan Template yang Friendly dan Ringan 

Pakailah template yang premium, karena kualitasnya lebih bagus. Jangan memakai tema asal-asalan comot dari internet, gratisan, apalagi kloningan dan tidak berlisensi. Pasalnya, bisa berbahaya bagi website Anda. Sebagian dapat membawa script yang mengandung malware dan tidak ramah search engine. Pastikan Anda menggunakan template premium, yang user friendly dan sudah dioptimasi dengan SEO. Dilengkapi, dengan layout dan script yang ringan. Sehingga, akan membuat speed website lebih cepat untuk diakses. 


  1. Lakukan Optimasi Database 

Berikutnya, untuk membuat speed website menjadi cepat juga harus melakukan optimasi database. Caranya, dengan install plugin WP-Optimize di Wordpress. Fungsinya, untuk mengontrol kinerja website Anda. Yakni dapat membersihkan spam, tags yang tidak diperlukan, dan segala jenis penggunaan yang membebani database akan dibersihkan maupun dioptimasi dengan plugin ini. 


  1. Pakai Embed URL Untuk Upload Video

Untuk memposting video dalam konten website, jangan langsung via WordPress. Karena, dapat menambah beban buat CMS maupun database hosting. Lebih baik, Anda menggunakan Embed URL. Caranya, copas link video dari YouTube kemudian letakkan pada text editor yang tersedia di Elementor Page Builder. Dengan mengubahnya menjadi link, maka tampilan video tidak memberatkan speed pada situs. 


  1. Hapus Script yang Tidak Dibutuhkan

Hapus script-script yang tidak begitu dibutuhkan, karena itu akan memberatkan loading website. Baik itu file Javascript, HTML, CSS, maupun lainnya lakukan minify. Gunakan yang benar-benar diperlukan saja. Nah, untuk mengurangi script yang tidak dipergunakan bisa secara manual dengan mengedit. Atau, dengan cara otomatis menggunakan plugin Wordpress Minify dan W3 Total Cache.


  1. Kurangi Pemasangan Iklan 

Jangan memasang iklan secara berlebihan. Apalagi, iklan berjenis popup yang sangat tidak ramah pengguna. Selain itu, pemasangan script iklan yang terlalu banyak akan membebani website Anda. Sehingga, membuat akses pada situs Anda menjadi lambat. So, kurangi pemasangan iklan pada HTML maupun Layout. Tempatkan secara normal dan tidak berlebihan. 


  1. Perbaiki Link yang Rusak

Cara meningkatkan kecepatan website juga harus memperbaiki link yang rusak. Karena, broken link dapat mengakibatkan Error' 404 pada halaman website saat diakses oleh user. Sehingga, menjadi tidak ramah pengguna dan mengganggu kenyamanan. Selain itu, akan mempengaruhi algoritma Google yang kurang respect pada situs Anda. So, segera perbaiki dengan cara mengecek di Google Webmaster Tools. 


  1. Batasi Jumlah Konten yang Tayang di Landing Page atau Home Page

Pada homepage atau landing page biasanya akan ditampilkan beberapa thumbnail dari daftar konten Anda. Nah, agar tidak memberatkan website saat diakses user maka harus dibatasi. Anda dapat membatasi tayangan konten di beranda, misalnya cukup 5 terbaru saja. Supaya, speed website Anda lebih cepat. 

  

  1. Fungsi Trackback dan Pingback Lakukan Disable

Tips kecepatan website yang selanjutnya lakukan disable pada fungsi Trackback dan Pingback. Karena, fitur tersebut seringkali dimanfaatkan oleh para spammer untuk memperoleh backlink secara free. Sehingga, spam yang dikirim lama-lama akan menumpuk dan membebani database. Dengan begitu, mengakibatkan loading menjadi lambat. Oleh sebab itu, lebih baik di-nonaktifkan. Caranya, bisa dengan otomatis maupun manual. Secara otomatis dengan install plugin Disable XML-RPC Pingback. Sedangkan, untuk cara otomatis lakukan pengaturan sebagai berikut: Masuk pada dashboard WordPress Anda, lalu pilih menu "Settings", lalu klik menu "Discussion", lalu hapus centang di opsi  allow link notifications.


  1. Gunakan Provider Hosting dan Server yang Terpercaya dan Tepat

Gunakan provider yang benar-benar sudah terpercaya, memberikan perlindungan pada database Anda. Sehingga, dapat terhindar dari serangan virus maupun malware yang bisa mengakibatkan website menjadi berat dan bermasalah. Selain itu, pilih jenis hosting atau server dengan tepat sesuai kapasitas resource dan traffic yang Anda perlukan. Jika memerlukan kunjungan akses situs dalam jumlah banyak, tentunya tidak cukup dengan memakai Shared Hosting saja. Namun, Anda perlu menggunakan jenis lain seperti: Cloud Hosting, Cloud Server, dan VPS (Virtual Private Server). Karena, tipe tersebut memiliki fasilitas penyimpanan database maupun kapasitas menampung traffic secara massif. 


Selain tutorial kecepatan Wordpress dengan 14 cara di atas, Anda juga perlu melengkapinya dengan tips lain. Supaya, penanganannya dapat lebih optimal dan maksimal. Sehingga, memberikan hasil yang memuaskan sesuai harapan. Yakni, speed menjadi cepat tanpa loading yang lambat. So, beberapa rekomendasi metode lain diantaranya seperti: Batasi Revisi Pada Setiap Postingan, Letakkan CSS Pada Header dan Taruh JS di Footer, Query Database Lakukan Penurunan, Meminimalisir Terjadinya Redirect, Aktifkan HTTP Keep-Alive, Hapus Query String yang Berasal dari Sumber Statis, Tentukan Leverage Browser Caching, Mengaktifkan Kompresi Gzip, dan Hotlink Lakukan Disable.



Cek Kecepatan Website Dengan Gampang, Nih Tools Paling Recommended!

Tools yang berfungsi untuk mengecek kecepatan website, sangat penting untuk Anda gunakan. Karena, dapat memberikan informasi terkait estimasi kecepatan loading yang dilakukan situs ketika diakses oleh user. Dengan begitu, Anda dapat mengukur keberhasilan dalam menerapkan cara meningkatkan kecepatan website. Terlebih, dapat mengetahui beberapa rekomendasi dari tools tersebut mengenai penanganan apa yang perlu dilakukan. Bahkan, untuk mengkroscek hasil dari penerapan tips kecepatan website yang telah Anda lakukan. So, berikut ini beberapa tools yang recommended untuk dipakai dan diakses via browser Anda!

  1. Google PageSpeed Insight

  2. Pingdom

  3. Chrome DevTools

  4. Web Page Analyzer

  5. Google Mobile Website Speed Testing Tool

  6. Geek Flare

  7. GTMetrix

  8. KeyCDN Website Speed Test

  9. Load Impact

  10. WebPageTest



Demikianlah artikel dari Kami EKA BKJ yang membahas tentang, cara meningkatkan kecepatan website Wordpress. Menjadi panduan bagi Anda yang ingin mengoptimalkan speed dari sebuah situs. Khususnya, web berbasis CMS (Content Management System). Yakni, tutorial kecepatan Wordpress yang dapat Anda aplikasikan. Dengan begitu, loading website Anda akan lebih maksimal dan memberikan user experience yang bagus. Sehingga, membuat pembaca menjadi nyaman dan ingin kembali mengunjungi situs Anda. Maka, dapat berguna bagi viewers dan traffic blog Anda yang lebih meningkat. Oke Guys, sekian dari kami dan terimakasih. Bagi Anda yang memerlukan jasa penulisan konten, SEO, development dan pembuatan website dapat menghubungi EKA BKJ Solusi Kerjasama! 








DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =


0177-01-042715-50-9

EKA APRILIA.... BRI...


0895367203860

EKA APRILIA, OVO





















38 Responses to "Cara Meningkatkan Kecepatan Website WordPress Paling Efektif, Berikan User Experience yang Menyenangkan!"

  1. Ok.. kapan2 mungkin saja saya jadi blogger yang beehasil... Saya akan coba untuk membuat di wordpress dan mengoptimalkan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke gaes, Semangat dan selamat menerapkan tutorialnya.

      Delete
  2. THANK YOU INFONYA!!! sempet tergiur mau move ke wordpress. tapi sementara stay aja di blogger dlu. sambil cari-cari info ttg wordpress dlu deh

    ReplyDelete
  3. Hi mba Eka, artikelnya sangat membantu mengembangkan blog saya. Semoga dapat menjadi referensi untuk membangun blog menjadi lebih baik dan mendatangkan traffic penungjung lebih banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alkhamdulillahirrobbil'alamin, semoga bermanfaat berkah gaes🤩🤝

      Delete
  4. permasalahan kenapa load time blog saya lama ternyata karena ukuran file foto yang saya taruf di blog terlalu besar. kebiasaan saya terlalu malas untuk re size foto foto dari hand phone saya :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gaes, ukuran fotonya harus dioptimasi dulu. Compress pakai tools online aja gaes.

      Delete
  5. Makasih infonya kak. Penting banget nih emang. Jadi nambah yakin mau migrasi ke wordpress hahaka

    ReplyDelete
  6. saya udah lama nih gk pake wordpress.. keterusan pake blogspot mulu.. heheee..
    tapi tips ini bakalan sya simpen deh buat pengetahuan sya kedepannya..

    terimakasih telah berbagi informasinya.. silahkan mampir ke blog saya tegaraya.com

    ReplyDelete
  7. detail sekali kak pembahasannya,
    emaknya WP tu banyak plugin yang membantu ya kak.
    saya penggunga Blogspot soalnya jadi semua harus manual.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gaes, kalau WordPress kebanyakan pakai plugin dan drag and drop.

      Delete
  8. Wuih tulisannya keren banget kk 🤩 apalagi buat nyubi seperti saya. Bikin yg buat blogger juga dong kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alkhamdulillahirrobbil'alamin, terimakasih gaes 🤩🤝
      Oke siap, InshaAlloh nanti berikutnya saya berikan tutorial dan tips buat pengembangan web Blogger ya gaes. Pantengin terus situs kami oke🤩🤝

      Delete
  9. Aku gak pake wordpress sih. Dulu pernah, tapi sekarang lebih optimal di blogspot. Ga papa, sharingnya bermanfaat kok. Next kalo aku bikin wordpress aku coba terapin ya kak. Terima kasih...

    ReplyDelete
  10. Compress gambar sebelum diupload, ini kadang males banget, tapi penting biar kecepatan websitenya bagus. Ulasannya bagus dan lengkap :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai tools online aja gaes compress gambarnya biar nggak ribet dan nggak bikin males.

      Delete
  11. wah makasih kak, ini setelah baca artikel langsung saya praktekan sala satu tipsnya (non aktifkan pingback), sebelumnya gk tau klo bisa bisa di atur kyk gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alkhamdulillahirrobbil'alamin, oke gaes sama-sama 🤩🤝

      Delete
  12. Makasih infonya kak, aku pernah coba pakek wordpress tapi masih belum familiar jadi gak dilanjutin lagi dan tetep pakek blogspot.
    Nice sekaliiii artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alkhamdulillahirrobbil'alamin, oke gaes sama-sama 🤩🤝

      Delete
  13. Waah thank ka untuk infonya. Aku masih pake yang bawaan dari wordpress sendiri, belum pake yang cms nya huhu semoga kalo bisa semakin berkembang, akan ikutin tips yang ada disini. Sukses selalu kaa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti masih pakai WordPress builder yang free ya gaes?
      Oke, semoga bisa segera upgrade ke customize gaes.

      Delete
  14. Terimakasih infonya ya memang lagi mendalami tentang ini walaupun masih banyak gak fahamnya tulisanya lumayan membantu

    ReplyDelete
  15. Banyak faktor pendukungnya ya ternyata, kebetulan saya jg pake wp, thanks sharing nya kaa

    ReplyDelete
  16. Auto terapin ke blog. Makasih ya kak infonya. Ditunggu info menarik lainnya

    ReplyDelete
  17. Thanks sharingnya kk,, aku pake blogpsot sih, tpi udh pake cdn. Yg aku rasakan ada pengaruh ke pendapatan jg

    ReplyDelete
  18. Kak... Keren banget.. Sayang nya aku masi ngga paham dunia per blog an.. Pelan pelan buat aku.. Dan semangat ya kak.. Semoga semakin menginspirasii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alkhamdulillahirrobbil'alamin, Terimakasih guys.
      Terus pantengin situs kami guys, supaya makin paham dunia blogging oke.

      Delete
  19. Makasih infonya mbak Eka, kecepatan website/blog saya jadi bertambah setelah terapkan semua tips yang mbak tulis diartikel ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alkhamdulillahirrobbil'alamin, BarokAlloh. Oke guys sama-sama.

      Delete

Iklan Dalam Artikel

Iklan Adnow

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow