(Bisnis Komunikasi Jaringan), "Solusi Kerjasama!"

Platform Blogging dan Web CMS, Jalan Sukses Capai Karir Daring Menjanjikan!

Blogging

Penulis : @Ratu Eka Bkj

CEO, Owner, Founder “EKA BKJ”



Blogging merupakan aktivitas ngeblog di dunia digital. Perpaduan antara menulis, dan maintenance website. Khususnya, web berbasis CMS (Content Management System). Kita dapat menyebutnya, sebagai Blogger profesional. Terlebih, paling terkini juga dipanggil dengan sebutan Cyberwriter. Terkadang, sebagian kelompok juga memanggil Content Creator Writer. Merupakan karir daring yang menjanjikan, dan bonafit buat digeluti. 


Nah, buat kalian yang ingin serius ngeblog. Tentunya, penting banget buat ngerti berbagai macam platform Blogging. Karena, banyak variasi yang tersedia untuk kalian pilih. Bahkan, Anda juga harus paham dengan Web CMS (Content Management System). Tentunya, sebagai jenis situs yang dikhususkan untuk mengelola konten secara virtual. So, untuk lebih jelasnya langsung cek pemaparan Ratu Eka Bkj yang di bawah Guys! Cekidot. 



Pengertian Platform Blogging

Platform blogging adalah suatu sistem yang memungkinkan individu atau kelompok, untuk membuat dan mengelola blog secara online. Blog merupakan situs web yang berisi entri berita atau informasi berupa tulisan, gambar, dan multimedia lainnya.


Platform ini memberikan kemudahan dalam pembuatan, pengeditan, dan publikasi konten. Tanpa memerlukan pengetahuan teknis yang mendalam. So, berikut beberapa ciri khas platform blogging meliputi:


  1. Pembuatan Konten

Memungkinkan pengguna untuk, membuat dan mempublikasikan entri blog dengan antarmuka yang intuitif. Termasuk penyuntingan teks, pengunggahan gambar, dan embed multimedia.


  1. Manajemen Konten

Menyediakan alat untuk, mengatur dan mengelola konten. Diantaranya seperti kategori, tag, dan arsip. Sehingga, pengguna dapat dengan mudah mencari dan mengelompokkan entri blog.


  1. Desain dan Tema

Platform blogging biasanya menyediakan, berbagai template atau tema. Tentunya, yang dapat disesuaikan selera masing-masing. Agar, blog memiliki tampilan yang sesuai dengan tujuan pengguna.


  1. Komunitas dan Interaksi

Memberikan fitur komentar, pembagian konten ke media sosial, dan interaksi antara pengguna. Sehingga, membantu membangun komunitas di sekitar blog.


  1. Statistik dan Analisis

Menyediakan laporan tentang statistik kunjungan, sumber trafik, dan perilaku pembaca. Sehingga, memberikan wawasan bagi pemilik blog untuk meningkatkan kualitas dan dampak kontennya.


Contoh platform blogging populer meliputi WordPress, Blogger, dan Medium. Masing-masing memiliki kelebihan, dan kekurangan tertentu. Memungkinkan pengguna untuk, memilih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi.



Jenis-Jenis Platform Blogging 

Terdapat beberapa jenis platform blogging, yang umum digunakan. Tentunya, masing-masing memiliki karakteristik yang unik. Terlebih, fungsi dan fitur yang disediakan sangat bermanfaat. So, berikut beberapa jenis-jenisnya antara lain:


  1. WordPress

Self-hosted (WordPress.org): Memungkinkan pengguna untuk, mengelola situs web sendiri.

WordPress.com: Menyediakan hosting dan manajemen situs secara terpusat.


  1. Blogger

Dimiliki oleh Google, dan mudah digunakan.

Tersedia secara gratis, dengan fitur yang friendly dan lebih mudah digunakan. 

Terlebih, juga menyediakan versi domain custom berbayar. Agar, blog memiliki alamat domain yang lebih profesional dan premium. 


  1. Medium

Berfokus pada konten, yang berkualitas tinggi.

Memiliki audiens yang terbangun. Namun, kontrol yang lebih terbatas atas desain situs.


  1. Tumblr

Menggabungkan blogging dengan elemen sosial.

Mendukung berbagai jenis konten. Misalnya seperti, gambar dan video.


  1. Ghost

Dirancang khusus untuk blogging.

Fokus pada kecepatan, dan kesederhanaan.


  1. Wix dan Weebly

Lebih dari sekadar platform blogging. Merupakan, pembuat situs dengan fokus pada penyuntingan visual.

Cocok untuk pengguna, yang tidak memiliki pengalaman teknis.


  1. Squarespace

Menawarkan desain situs web, yang estetis dan ramah pengguna.

Pilihan untuk toko online, dan portofolio.


  1. Substack

Berorientasi pada newsletter, dan konten berlangganan.

Cocok untuk penulis, yang ingin membangun audiens. Agar, memperoleh pendapatan melalui channel berlangganan.


  1. LinkedIn Articles

Memungkinkan para profesional untuk, berbagi konten dan pengalaman.

Terintegrasi dengan profil LinkedIn.


  1. Medium

Menekankan pada kualitas konten yang menarik, bagi penulis profesional.

Terkenal dengan format yang rapi, dan fokus pada teks.


Setiap platform blogging, memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, tetap menyediakan fitur yang mumpuni dan bermanfaat. Pilihan terbaik tergantung pada kebutuhan, dan preferensi pengguna.



Pengertian Web CMS (Content Management System) Sebagai Platform Blogging! 

Blogging dengan Web CMS (Sistem Manajemen Konten) adalah platform perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengelola, dan mengorganisir konten di situs web. Tanpa memerlukan pengetahuan teknis yang mendalam.


Web CMS (Content Management System) merupakan sistem yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengelola, dan mengorganisir konten pada situs web. Tanpa memerlukan pengetahuan teknis yang mendalam, dengan menyediakan antarmuka bagi pengguna grafis. 


Sehingga memudahkan penambahan, pengeditan, dan penghapusan konten. Tanpa memerlukan pemahaman, tentang pemrograman web. So, berikut beberapa Web CMS dapat dibagi menjadi dua Jenis Utama antara lain:


  1. Open Source CMS

Sumber terbuka dan bebas digunakan. Contohnya adalah WordPress, Drupal, dan Joomla.


  1. Proprietary CMS

Dikembangkan oleh perusahaan tertentu, dan sering kali memerlukan lisensi. Contohnya seperti, Adobe Experience Manager dan Sitecore.



Karakteristik Web CMS (Content Management System) Buat Platform Blogging! 

Blogging dengan Web CMS, memiliki beberapa karakteristik utama. Sehingga, menjadi ciri yang dikenali oleh pengguna. Dengan begitu, memberikan fungsi yang tepat saat digunakan. So, berikut beberapa karakteristik-nya antara lain:


  1. Konten Dinamis

CMS memungkinkan pengguna untuk, mengelola konten secara dinamis. Sehingga, mudah untuk memperbarui informasi. Tanpa harus menyunting HTML, atau script lainnya.


  1. Antarmuka Pengguna

CMS menyediakan antarmuka pengguna, yang ramah bagi user. Memungkinkan pengguna non-teknis dengan mudah menambah, mengedit, dan menghapus konten. Tentunya, melalui antarmuka grafis.


  1. Manajemen Berkolaborasi

CMS mendukung kerja kolaboratif.  Tentunya, dengan memungkinkan beberapa pengguna untuk berkontribusi pada proyek. Yakni, dengan kontrol akses yang dapat dikonfigurasi.


  1. Konsistensi Desain

CMS memungkinkan pengguna untuk, mempertahankan konsistensi desain situs web. Tentunya, dengan menerapkan template dan tema yang dapat diubah dengan mudah.


  1. Manajemen Media

CMS memfasilitasi pengelolaan file media. Misalnya seperti, gambar dan video. Sehingga, mudah diakses dan diterapkan dalam konten.


  1. SEO Friendly

CMS seringkali dilengkapi dengan alat SEO bawaan, atau dapat diintegrasikan dengan mudah. Sehingga, membantu meningkatkan visibilitas situs web di mesin pencari.


Contoh CMS terkenal seperti WordPress, Joomla, dan Drupal. Keberadaan CMS  dapat mempermudah pemeliharaan, dan pengelolaan konten di era web dinamis. Memungkinkan individu dan organisasi, untuk fokus pada isi dan pengalaman pengguna.



Komponen Web CMS (Content Management System) Untuk Platform Blogging! 

Blogging dengan Web CMS (Content Management System) adalah platform perangkat lunak yang digunakan untuk membuat, mengelola, dan mengorganisir konten di situs web. Terdapat berbagai komponen-komponen, yang melengkapi-nya. Sehingga, terbentuk platform Web CMS yang dapat digunakan buat ngeblog maupun publishing konten. So, berikut beberapa komponen utama dari CMS antara lain:


  1. Antarmuka Pengguna (User Interface)

Dashboard: Halaman utama yang memberikan gambaran cepat. Tentang kinerja situs web, statistik pengunjung, dan pembaruan konten.

Editor Konten: Alat untuk membuat, mengedit, dan memformat konten. Tanpa memerlukan pengetahuan pemrograman.


  1. Manajemen Konten

Editor WYSIWYG (What You See Is What You Get): Memungkinkan pengguna untuk membuat, dan mengedit konten. Tanpa perlu menulis kode HTML.

Manajemen File: Mengelola dan mengatur file media. Diantaranya seperti gambar, video, dan dokumen.


  1. Manajemen Pengguna

Pengelolaan Hak Akses: Menentukan tingkat akses pengguna. Demi mengendalikan siapa yang dapat membuat, mengedit, dan menghapus konten.

Autentikasi dan Otorisasi: Memastikan bahwa hanya pengguna, yang berwenang untuk dapat mengakses dan mengubah konten.


  1. Manajemen Navigasi

Pengaturan Menu: Memungkinkan pengguna untuk, membuat dan mengelola struktur menu situs web.

Navigasi Hierarkis: Membantu pengguna untuk, mengatur konten dalam hierarki yang terstruktur.


  1. Manajemen Ekstensi dan Tema

Pengelola Ekstensi: Menambahkan atau menghapus fungsionalitas tambahan, melalui plugin atau modul.

Pemilihan Tema: Memungkinkan pengguna untuk, mengubah tata letak dan tampilan situs dengan mudah.


  1. Manajemen Database

Penyimpanan Data: Tempat menyimpan semua informasi, dan konten situs web.

Backup dan Restore: Menyediakan cara untuk, mencadangkan dan mengembalikan data situs.


  1. SEO (Search Engine Optimization)

URL To Kustomisasi: Memungkinkan pengguna untuk, mengoptimalkan URL untuk mesin pencari.

Meta Tag dan Deskripsi: Memberikan kontrol atas elemen-elemen penting, untuk optimasi mesin pencari.


  1. Manajemen Responsif

Desain Responsif: Memastikan situs dapat diakses dengan baik, pada berbagai perangkat. Misalnya seperti, ponsel dan tablet.

Optimasi Kecepatan: Alat untuk mengukur, dan meningkatkan kecepatan situs web.


Dengan kombinasi semua komponen tersebut. Maka, CMS menyediakan lingkungan yang dapat diakses oleh pengguna. Tentunya, dengan berbagai tingkat keahlian. Demi, mempublikasikan dan mengelola konten di situs web.



Macam-Macam Platform Web CMS (Content Management System) Untuk Blogging!

Terdapat berbagai macam platform Web CMS untuk blogging. Berfungsi, untuk memudahkan pengelolaan konten pada situs web. So, berikut beberapa contoh beserta penjelasan singkatnya:


  1. WordPress

Platform CMS yang sangat populer, dan mudah digunakan. Cocok untuk berbagai jenis situs. Mulai dari blog, hingga situs agency.


  1. Joomla

CMS yang kuat, dengan fokus pada fleksibilitas. Cocok untuk situs web, yang lebih kompleks. Membutuhkan struktur organisasi yang lebih rumit.


  1. Drupal

CMS yang sangat fleksibel dan kuat. Sering digunakan untuk, proyek-proyek yang memerlukan tingkat kontrol dan kustomisasi tinggi.


  1. Magento

CMS khusus e-commerce, dirancang untuk toko online. Menawarkan fitur-fitur khusus. Misalnya seperti manajemen produk, pembayaran, dan pengelolaan stok.


  1. Wix

Platform CMS yang ramah pengguna. Tentunya, dengan alat pembuat situs drag-and-drop. Cocok untuk pengguna, yang tidak memiliki keahlian teknis mendalam.


  1. Squarespace

Platform all-in-one dengan fokus, pada desain visual. Ide bagus untuk pengguna, yang menginginkan situs web estetis. Tanpa perlu pengetahuan teknis yang mendalam.


  1. Ghost

CMS khusus untuk blog. Menawarkan antarmuka yang bersih, dan fokus pada pengalaman menulis.


  1. Shopify

CMS khusus e-commerce, yang memudahkan pembuatan dan pengelolaan toko online.


Setiap platform memiliki kelebihan dan kekurangan, sesuai dengan kebutuhan spesifik pengguna. Pemilihan CMS sebaiknya, didasarkan pada tujuan dan kebutuhan situs web yang akan dibangun. Agar, lebih tepat dan mengakomodasi semua keperluan dalam penggunaan website. 



Persamaan dan Perbedaan Web CMS (Content Management System) dengan Platform Blogging! 


A). Persamaan Web CMS dengan Platform Blogging


  1. Manajemen Konten

Keduanya dirancang untuk, memudahkan pengelolaan konten secara online.

Baik Web CMS maupun platform blogging memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, dan mengelola konten secara efisien.


  1. Penggunaan Tema dan Template

Menyediakan kemampuan untuk, mengganti tema atau template.

Pengguna dapat memilih, antara berbagai desain visual. Demi, menyesuaikan tampilan situs atau blog.


  1. Fungsionalitas Pengelolaan Pengguna

Umumnya, memiliki sistem pengelolaan pengguna.

Memberikan kontrol terhadap hak akses, dan peran pengguna. Tentunya, dalam pengelolaan dan publikasi konten.


B). Perbedaan Web CMS dengan Platform Blogging

  1. Tujuan Utama

Web CMS lebih umum digunakan untuk, situs web bisnis dan korporat. Sementara platform blogging, fokus pada publikasi konten berbasis blog.

CMS dirancang untuk keperluan umum. Termasuk e-commerce dan situs perusahaan. Sementara platform blogging, lebih terfokus pada kegiatan ngeblog.


  1. Struktur Konten

CMS cenderung lebih fleksibel, dalam struktur kontennya. Sementara platform blogging, memiliki fokus pada post atau artikel.

CMS dapat menangani berbagai jenis konten. Diantaranya seperti halaman, portofolio, dan blog. Sedangkan platform blogging, lebih terkait dengan entri blog.


  1. Komunitas dan Interaksi Pengguna

Platform blogging sering menekankan interaksi dan komunitas pengguna, lebih kuat daripada CMS.

Platforms blogging seperti WordPress, memiliki fitur yang mendorong interaksi. Misalnya seperti komentar, berbagi, dan moderasi antar pengguna lebih intensif.


Penting untuk memilih, antara CMS dengan platform blogging. Tentunya, berdasarkan kebutuhan spesifik masing-masing pihak. Apakah itu untuk situs bisnis, blog pribadi, atau kombinasi dari keduanya. Agar, penggunaan platform tepat sesuai tujuan. 



Demikianlah artikel dari Kami EKA BKJ yang membahas tentang, Platform Blogging dan Web CMS. Berkaitan dengan pengertian platform blogging, jenis-jenis platform blogging, pengertian web CMS, karakteristik web CMS, komponen web CMS, macam-macam platform web CMS, persamaan dan perbedaan web CMS dengan platform blogging. Sehingga, dapat memperluas wawasan dan referensi Anda seputar dunia cyber writer. Sebagai sarana platform ngeblog, yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Terlebih, untuk jalan sukses Anda menjadi Blogger profesional di dunia daring. Oke Guys, sekian dari Ratu Eka Bkj dan terimakasih. 


DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =


0481723808

EKA APRILIA.... BCA


0895367203860

EKA APRILIA, OVO


0 Response to "Platform Blogging dan Web CMS, Jalan Sukses Capai Karir Daring Menjanjikan! "

Post a Comment

Iklan Dalam Artikel

Iklan Adnow

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow