(Bisnis Komunikasi Jaringan), "Solusi Kerjasama!"

Pengertian Content Review dan Ciri-Cirinya, Jurus Jitu Jadi Reviewer Sukses!

Content Review

Pimpinan Media & Editor : @Ratu Eka Bkj

Penulis : @Lia Ekasari



EKA BKJ - Content Review merupakan suatu bidang penulisan, yang menarik untuk ditekuni. Sebagaimana kita lihat, perkembangan teknologi yang semakin canggih. Membuat para generasi muda zaman now, mudah untuk berkreasi. Mengembangkan hobi, dan menjadikan profesi. Amazing, memang! 


Bukan hanya soal kepuasan hobi. Tetapi, kalian juga bisa dapat keuntungan. Menghasilkan banyak pundi-pundi rupiah, untuk masa depan. Siapa sih, yang nggak mau menekuni hobi dapat cuan? Mau dong, yaps tentu. 


Agar semakin jelas, menjadi bekal untuk kalian yang ingin jadi Reviewer sukses. Maka, Content Review tidak boleh sembarangan. So, untuk lebih jelasnya langsung simak pemaparan Kami EKA BKJ yang di bawah Guys! Cekidot. 



Pengertian Content Review 

Content Review adalah konten mengulas tentang barang ataupun jasa dari brand tertentu, yang pernah dicoba sebelumnya oleh Reviewer. Terkait kelebihan dan kegunaannya, berdasarkan analisis dan juga fakta. Kemudian, ulasan dipublikasikan ke platform digital seperti website dan media sosial. Entah itu dalam bentuk tulisan, maupun video. Review bermanfaat untuk banyak orang, yang akan menggunakan barang ataupun jasa tersebut. Tentunya, juga memberi manfaat bagi para brand.


Nah, bagi Content Reviewer pun dapat berkesempatan untuk kerjasama dengan suatu brand yang diulas. Kita dapat memperoleh job, mereview dan membranding produk mereka lebih banyak. Hasilnya, kita bisa mendapatkan fee atau bayaran sesuai harga yang ditawarkan. 


Content Review dipublikasikan, ke berbagai platform digital. Baik media sosial pribadi, seperti: Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, YouTube. Maupun, mempublikasikan review dengan konten penulisan yang panjang. Tujuannya, untuk di-publish ke website atau blog. Demi menjadi Content Review Writer, dan Copywriter yang profesional. 


Buat kalian yang memiliki minat di depan kamera, bisa banget menekuni konten review dalam bentuk video. Kalian bisa melakukan review, sebagai Content Creator. Melalui video yang dibagikan ke berbagai media sosial, seperti YouTube dan semacamnya. Bagaimana, kalian cocok yang dalam bentuk writing or video Guys?


Sebagai seorang Reviewer, kalian harus memiliki kemampuan  writing dan publik speaking yang baik. Demi, mengkomunikasikan hasil ulasan kepada publik. Tentunya dengan cara yang menarik, informatif, dan mudah dipahami. Selain itu, kalian juga harus memiliki kemampuan dalam bidang marketing. Bertujuan, agar bisa menarik banyak audiens. Semakin banyak viewers, maka dapat menarik brand perusahaan untuk menjadi klien. Agar, mengajak kita bekerjasama untuk mereview produknya. 



Elemen Content Review

Content Review mempunyai beberapa elemen penting, yang perlu kalian ketahui. Baik review dengan tulisan, ataupun video. Elemen dapat berguna, untuk membuat content ulasan yang bisa menarik banyak audiens. So, untuk lebih lengkapnya berikut beberapa elemen-nya antara lain:


  1. Pembuatan Script Review Produk Barang atau Jasa

Jika kalian ingin membuat review dengan video. Maka, wajib untuk membuat script terlebih dahulu. Tujuannya, supaya review lebih tertata rapi. Agar, ulasan kita tidak melenceng kemana-mana. Maka, perlu membuat kesimpulan atau tarik garis besarnya. Jadi, review dapat fokus pada tujuan.


  1. Pengenalan Produk Barang atau Jasa

Kemudian seorang Content Reviewer, akan menjelaskan secara umum. Terkait dengan produk barang ataupun jasa, yang akan diulas. Mulai dari nama, latar belakang, dan tentang apa produk tersebut. 


  1. Evaluasi Produk Barang atau Jasa

Ketiga mengenai evaluasi, kalian harus menjelaskan kenyataan produk terkait hal-hal yang perlu diketahui oleh audiens. Paparkan dengan sejelas-jelasnya. Gunakan bahasa yang mudah dipahami, friendly, persuasif dan komunikatif. Sehingga, audiens benar-benar memperhatikan apa yang kalian ulas. Jangan berbelit-belit. Karena, dapat membuat para pembaca malas untuk menonton ataupun membaca konten kalian.


  1. Interpretasi Produk Barang atau Jasa

Berikutnya interpretasi, dalam tahap ini kalian harus menjelaskan secara meyakinkan. Terkait produk barang atau jasa, yang kalian ulas. Pastikan mengulas secara detail mengenai keunggulan, manfaat, bahan-bahan, harga, kemasan, isi, dan semacamnya. Kalian harus benar-benar sudah mencoba, produk barang atau jasa yang diulas. Jadi, tidak boleh sembarangan menginterpretasikan suatu barang atau jasa. Karena, dapat berpengaruh terhadap audiens dan juga produsen.


  1. Kesimpulan Produk Barang atau Jasa

Selanjutnya kesimpulan, harus memberikan kesimpulan dengan logis terhadap barang atau jasa yang sudah kalian ulas. Tahap ini, menyuguhkan suatu barang atau jasa layak digunakan atau tidak. Kemudian, berikan rekomendasi dan solusi terbaik buat pembaca. 


  1. Editing Review Produk Barang atau Jasa

Tahap terakhir adalah, Editing. Entah dalam membuat ulasan berupa tulisan ataupun video, kalian wajib untuk melakukan editing. Bertujuan, agar hasil ulasan dapat maksimal. Kalian perlu teliti ulang. Apakah sudah benar-benar siap dipublikasikan, atau masih perlu perbaikan. Jangan sampai ketika sudah di-publish, kemudian di take a down. Hal semacam ini sangat tidak diperbolehkan. Karena, dapat merusak citra seorang Content Reviewers di depan para audiens.


Dalam membuat konten review, seorang Reviewer wajib untuk mempertimbangkan durasi jika membuatnya dengan video. Jika memproduksi review berupa tulisan, juga wajib untuk memperhatikan gaya penulisannya. Agar, review tidak memiliki kesan yang bertele-tele. Jadi harus singkat, padat, jelas dan tentunya mudah dipahami Guys! Terlebih, kalian harus optimalkan SEO (Search Engine Optimization) pada konten ulasan. Agar, konten mudah terdeteksi di search engine. Jangan lupa, untuk selalu berinteraksi kepada para audiens! Agar, platform kita semakin banyak viewer-nya



Ciri-Ciri Content Review

Content Review tentunya memiliki ciri-ciri khusus. Demi, membedakan dengan konten-konten lainnya. Apalagi, sekarang banyak sekali jenis-jenis konten. Nah, untuk lebih jelasnya berikut beberapa ciri-cirinya antara lain:


  1. Fokus Nilai Guna Produk Barang atau Jasa

Seorang Reviewer hanya mengulas fokus pada nilai guna produk barang atau jasa, yang sedang direview. Agar ulasan yang dibuat tidak bertele-tele, cukup singkat, padat, dan jelas. Terlebih, supaya menambah value pada produk klien yang kita ulas. Sehingga, membuat branding berhasil dan meyakinkan calon customer untuk membeli. 


  1. Ulasan Produk Barang atau Jasa Harus Kompleks

Meskipun review dibuat singkat, padat, dan jelas. Akan tetapi juga harus bersifat kompleks, Guys. Jadi, dengan begitu akan membuat audiens benar-benar mengerti akan barang atau jasa yang kalian ulas. Detail perlu kita bahas mengenai produk, diantaranya seperti: Deskripsi Produk, Keunggulan, Kegunaan, Kandungan, Harga, Keuntungan Menggunakan, Kesimpulan yang Meyakinkan (Call to Action). 


  1. Memberi Info Detail Produk Barang atau Jasa

Review harus mengupas tuntas, akan barang atau jasa yang direview. Jadi, semua kelebihan barang atau jasa harus benar-benar gamblang. Tidak boleh asal menyampaikan, yang membuat mis-informasi. Agar, konten kalian dapat dipercaya oleh para audiens. Sehingga, mereka mantap untuk membeli produknya.


Melalui ciri-ciri di atas. Maka, seorang Reviewer dapat mempertahankan konten ulasannya. Menjadikan para audiens, tetap setia menunggu konten review selanjutnya. Sehingga, kalian tidak akan kehilangan viewers



Demikianlah artikel terkait Content Review, dari Kami EKA BKJ. Mulai dari Pengertian, Elemen, dan Ciri-Ciri. Semoga dengan adanya artikel ini, dapat membantu kalian yang akan melangkah menjadi Content Reviewer. Ikuti langkah-langkahnya, jadilah Reviewer yang sukses! Dengan begitu, akan banyak orang-orang yang terbantu dengan ulasan kita. Tentunya, membuat semakin banyak tawaran job dari para klien yang produknya ingin di-review. Salam sukses! Sekian dan terimakasih.




KERJASAMA BISNIS, Mulai Klik Hubungi Kami via Whatshap 
0895367203860 
Owner, Founder, CEO
= 085704703039 
Customer Service

DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =


0481723808

EKA APRILIA.... BCA


0895367203860

EKA APRILIA, OVO




0 Response to "Pengertian Content Review dan Ciri-Cirinya, Jurus Jitu Jadi Reviewer Sukses!"

Post a Comment

Iklan Dalam Artikel

Iklan Adnow

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow