Penulisannya Menarik Unik SEO, Harga Sesuai Kualitas-nya Bro

Strategi Mendapatkan Repeat Order Paling Ampuh, Solusi Buat Anda!




Web Developer: @Ratu Eka Bkj
Founder EKABKJ.com


Penulis: @Fajrin

Pendiri AnakDagang.com


Setiap pelaku bisnis tentunya ingin medapatkan orderan yang semakin bertambah setiap harinya. Apalagi bagi pengecer seperti toko-toko dan swalayan yang masih merintis.
Beberapa Pengusaha ini banyak menargetkan pelanggan baru yang datang tanpa memperhatikan datangnya kembali pelanggan lama. Padahal, sebetulnya repeat order dari Pelanggan justru lebih penting dalam menstabilkan penghasilan.
Ketika seseorang melakukan repeat order, tandanya Customer tersebut mempunyai kepercayaan dan kepuasan terhadap apa yang telah mereka peroleh sebelumnya. Namun, tidaklah mudah untuk mendapatkan repeat order, ada berbagai startegi yang harus dilakukan untuk mendapatkan repeat order dari Pelanggan.




 

Beberapa Strategi Mendapatkan Repeat Order

1.    Berilah Insentif Kepada Pelanggan

Insentif yang diberikan kepada Pelanggan dapat berupa point yang akan diperolehnya. Ini adalah wujud apresiasi kepada pelanggan yang paling mudah disediakan oleh toko. Secara tidak langsung, insentif point akan menghipnotis pelanggan untuk selalu menambah point yang ia peroleh. Tentunya, ini akan sangat ampuh untuk mendapatkan keinginan berbelanja kembali dari si pelanggan.
Sistem kerja dari point itu sendiri dapat berupa macam-macam. Misalkan saja setelah Pelanggan mencapai point-point tertentu, maka akan mendapatkan penawaran harga spesial. Harga tersebut berlaku untuk suatu produk yang bisa dibeli dengan point yang telah ia kumpulkan. Sehingga, pelanggan dapat membeli suatu produk dengan harga yang lebih murah dengan cara menukarkan point tersebut.

2.    Tingkatkan Melalui Program Refferal

Refferal merupakan trik dimana diadakannya suatu promo jika seorang Pelanggan mengajak Pelanggan baru untuk datang. Imbalannya, Customer tersebut akan mendapat beberapa apresiasi. Apresiasi ini dapat berupa point atau fasilitas lainnya yang dapat dinikmati seperti diskon dan sebagainya. Jangan lupa pula untuk memberikan apresiasi yang sama kepada Pelanggan baru, agar mereka tertarik untuk mengunjungi toko Anda.

3.    Program VIP untuk Pelanggan

Pelanggan VIP ini berlaku untuk mereka dengan pembelian paling banyak. Disinilah Pelanggan akan merasa diperhatikan. Bentuk perlakuan yang dapat diterapkan untuk pelanggan VIP adalah dengan mendapatkan produk-produk tertentu. Dengan adanya produk-produk tertentu, dalam hati Pelanggan ingin menambah belanjaannya secara terus-menerus agar menjadi pelanggan VIP. Tentunya, perilaku ini akan membuat produk yang laku semakin banyak tanpa disadari.
Selain itu, bisa juga dengan semacam undangan khusus untuk acara gathering yang diadakan oleh perusahaan tersebut. Undangan khusus tersebut merupakan undungan spesial yang hanya didapatkan oleh Pelanggan tertentu. Dampaknya, Pelanggan akan merasa sangat dihargai dan diperhatikan. Pelaku usaha juga dapat memilih berbagai alternatif lain yang sekiranya cocok untuk kondisi Pelanggan.

4.    Diskon untuk Pelanggan Setia

Setelah melakukan untuk Pelanggan terbanyak, pelaku usaha juga perlu memperhatikan pelanggan yang setia selalu mengunjunginya walaupun barang dibelinya tidak terlalu banyak. Apresiasi ini bisa berupa diskon-diskon tertentu yang disediakan ataupun voucher-voucher tententu yang sekiranya banyak dibutuhkan. Disinilah Pelanggan akan merasa diperhatikan seberapa setianya kepada toko tersebut.

5.    Tingkatkan Melalui Retargeting

Selain berfokus mendapatkan pelanggan baru, harus dilakukan juga target untuk mendatangkan kembali Pelanggan yang telah datang. Hal ini dapat dilakukan dengan mengirim pesan singkat mengingatkan kembali untuk datang. Walaupun pesan ini bersifat otomatis, namun akan mengena di hati Pelanggan. Pengingat ini dapat berupa mengingatkan akan ada diskon tertentu atau mengingatkan beberapa kebutuhan pokok dan penunjang lainnya yang sekiranya dibutuhkan kembali.

6.    Personal Marketing

Personal marketing merupakan strategi pemasaran jitu yang dapat menarik minat Pelanggan lain. Misalnya, seorang Pelanggan telah datang untuk membeli sabun cuci baju. Anda dapat menawarkan pengharum pakaian atau semacamnya yang hampir satu lingkup dengan produk yang telah dibeli. Secara tidak sadar, Pelanggan akan berpikir untuk membelinya.
Personal marketing ini dapat dikirimkan dalam bentuk pesan otomatis yang telah terprogram melalui email ataupun pesan singkat. Tentunya, ini akan semakin efisien dalam penggunaan tenaga dan waktu marketing untuk mendatangkan kembali Pelanggan berbelanja.

7.    User Generated Content

User generated content adalah konten dimana pelanggan dapat mengemukakan pendapatnya melalui konten yang disediakan. Perusahaan melakukan penawaran kepada Pelanggan untuk menilai produk yang telah mereka beli. Penilaian yang diberikan dapat berupa produk maupun layanan yang telah diberikan.
Dengan cara ini, pelanggan akan merasakan bahwa penilaian meraka sangat dihargai untuk perkembangan perusahaan tersebut. Dan jangan lupa, untuk menampilkan konten tersebut kepada publik. Ini akan menambah kepercayaan dari pelangan yang akan datang selanjutnya dengan membaca komentar dari seseorang yang telah membelinya terlebih dahulu.

8.    Utamakan Kualitas Produk

Biar bagaimanapun, kualitas adalah yang paling utama di mata Pelanggan. Banyak pelanggan yang malas membeli suatu produk walaupun harga sudah termasuk murah dengan kualitas yang mumpuni. Kenapa demikian?
Alasan utamanya adalah calon Pelanggan tersebut pernah mengalami trauma. Membeli produk harga murah dengan iming-iming kualitas yang terbaik. Tapi kenyataannya, menyakitkan!
Kalau sudah terjadi demikian, maka Pelanggan akan malas datang kembali dan perusahaan kehilangan Customer. Jangan remehkan hilangnya satu Pelanggan, karena bisa saja hilangnya tersebut karena pengalaman kualitas produk yang jelek juga akan berdampak pada Pelanggan lain yang akan datang. Jagalah keperayaan pelanggan dengan kualitas yang bagus, sehingga Customer akan kembali lagi dengan perasaan bahagia.

9.    Layanan Terbaik

Berikanlah layanan terbaik dari berbagai aspek. Dari segi kemudahan akses, pelayanan dalam transaksi, maupun fasilitas-fasilitas lain yang dapat dinikmati oleh pelenggan. Pelayanan terbaik akan berdampak pada kenyaman pelanggan, tentunya kenyamanan inilah yang membuat Pelanggan ingin datang kembali. Bayangkan saja ketika kita berada pada tempat yang tidak nyaman, pasti akan sungkan untuk kembali lagi. Maka dari itu, pelayanan terbaik akan berpengaruh pada kenyamanan yang akan menarik Pelanggan untuk datang kembali.

10.          Tingkatkan Sumber Daya Manusia dalam Perusahaan

Sebagai Founder perusahaan ataupun Pimpinan, juga perlu mengelola bawahannya agar menjadi lebih baik lagi. Mengelola disini dapat diterjemahkan ke banyak hal seperti strategi pemasaran, peningkatan pelayan dan berbagai macam lainnya. Bantulah Tim Anda dan berikan saran agar menjadi lebih baik kedepannya, sehingga pemasukan dalam perusahaan tersebut semakin bertambah.

11.          Memperbaiki Kekecewaan Pelanggan

Ketika Pelanggan kecewa dengan produk yang telah dibelinya, maka harus sesegera mungkin untuk memperbaiki kekecewaan tersebut. Jangan sampai bertambah lagi Pelanggan yang kecewa. Dengarkanlah keluhan Pelanggan dengan baik, lalu berikan saran yang sesuai sehingga ke dua pihak merasa nyaman dan dapat menerima dengan lapang dada. Jangan sungkan meminta maaf atas kekecewaan dari Pelanggan.

Demikianlah beberapa startegi untuk mendatangkan Pelanggan kembali. Ingatlah bahwa Pelanggan adalah Raja, sehingga jangan sekali-kali membuatnya kecewa. Utamakan kepuasan Pelanggan, sehingga pelanggan tidak sungkan untuk datang kembali ke toko Anda dan mengajak teman-temannya. Semoga bermanfaat untuk Anda, dalam membuat pemasaran bisnis Anda lebih maju dan luas.


DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =

0177-01-042715-50-9

EKA APRILIA.... BRI...

0895367203860

EKA APRILIA, OVO


0 Response to "Strategi Mendapatkan Repeat Order Paling Ampuh, Solusi Buat Anda!"

Post a comment

Iklan Dalam Artikel

Iklan Adnow

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow

loading...