Penulisannya Menarik Unik SEO, Harga Sesuai Kualitas-nya Bro

Tips Membuat Format MOU Paling Tepat, Solusi Menjaga Kerjasama Bisnis Anda!





Konseptor: @Ratu Eka Bkj
Penulis: @Chosiatul Marfiin


Format MOU – Saat mendengar kata MOU, apa yang Anda bayangkan? Tentu, Anda akan membayangkan sebuah kesepakatan kerjasama. Secara garis besar, MOU memang merupakan bentuk kesepakatan kerjasama secara tertulis antara beberapa pihak yang akan berkolaborasi. Melakukan perjanjian kerjasama antara dua pihak atau lebih yang di dalamnya berisi deskripsi dari sebuah projek bersama, disertai dengan beberapa kontribusi dari masing-masing pihak.




Format MOU sangat penting diperhatikan, jika Anda ingin melakukan kerjasama antar dua pihak atau lebih. Setiap kata dalam dokumen MOU harus Anda perhatikan dengan cermat. Karena hal tersebut jika sudah ditandatangani, maka setiap pihak yang melakukan kolaborasi bisnis harus bertanggungjawab dan berkontribusi langsung sesuai dengan MOU yang telah dibuat. Lalu, kapan MOU sangat Anda butuhkan? Simak terus yang ya Permirsa!


Pentingnya Format MOU Dalam Urusan Bisnis Anda!

Format MOU sangatlah penting untuk keperluan bisnis Anda. Pasalnya, akan berguna untuk menyepakati kerjasama bisnis. Baik itu dengan pihak Mitra, Klient mapun Investor. Tanpa adanya MOU, kerjasama usaha tidak akan terlindungi di mata hukum. Sehingga, tidak ada penjagaan ketat terhadap janji bisnis diantara dua belah pihak atau lebih. Nah, untuk menjaga konsistensi kesepakatan kolaborasi bisnis harus menggunakan MOU. Terlebih, ini menunjukkan bahwa bisnis Anda semakin professional. Nah, untuk lebih jelasnya langsung cek di bawah ini.

1. Untuk Kolaborasi Pengembangan Bisnis

Jika saat ini Anda memiliki bisnis, pastinya membutuhkan pihak lain yang akan melengkapi kemajuan bisnis Anda. Misalnya keperluan modal untuk mengembangkan fitur pada platform. Tentunya, Anda memerlukan Investor ataupun perusahaan lain yang menyediakan fitur kebutuhan Anda. Hal ini tentu perlu adanya MOU, agar antara dua belah pihak saling mengerjakan tugasnya dengan baik dan menyepakati perjanjian.

2. Kerjasama Bisnis Dengan Pihak Lain 

Misalnya Anda memiliki bisnis di bidang jasa penulisan, dan ingin bekerjasama dengan jasa pembuatan website. Hal ini perlu adanya MOU, agar suatu saat antara Anda dan Mitra bisnis tidak ada yang saling dirugikan saat menemui masalah di kedepannya.

3. Kolaborasi Proyek Dengan Dua Pihak Maupun Lebih

Perlu diperhatikan, walaupun dengan teman Anda ingin memulai proyek usaha entah di bidang apapun, tetap harus membuat MOU. Agar arah bisnis Anda dan pembagian tugasnya menjadi jelas. Jangan lupa, bahas juga tentang kesepakatan bagi hasil antara Anda dan teman-teman yang akan diajak berkolaborasi dalam suatu projek. 


Tips Format MOU Paling Tepat, Wajib Anda Tahu! 

Lalu, bagaimana membuat format MOU itu? Anda akan menemukan jawabannya di artikel ini. Terlebih, kami akan menunjukkan kepada Anda tips format MOU yang paling tepat. Sehingga, Anda tidak akan mengalami kesalahan dalam membuatnya. So, hal apa saja yang harus tertulis di dalam MOU? Eitss jangan khawatir, simak terus penjelasan di bawah ini!


1. Sertakan Tanggal

Tanggal, perlu Anda cantumkan di dalam surat perjanjian. Karena, dengan adanya tanggal akan membuat Anda mudah mengukur kapan MOU itu berlaku, dan kapan harus memulai tugasnya masing-masing pihak.

2. Cantumkan Kontak dan Alamat

Jangan sampai Anda melupakan kontak dan alamat detail setiap pihak yang bersangkutan. Pasalnya, hal ini akan memudahkan Anda dan pihak Mitra untuk saling berkomunikasi dan mengingatkan jika ada hal yang terjadi di luar dugaan.

3. Tuliskan Nama Proyek yang Akan Dikerjakan

Secara umum MOU ini mencantumkan nama proyek yang akan dikerjakan suatu perusahaan. Jadi, cantumkan nama projek secara tepat ya Pemirsa! Agar menjadi jelas dan meyakinkan dalam perencanaan dan pelaksanaannya.

4. Kontribusi Setiap Pihak yang Bersangkutan

Hal yang tidak kalah penting yaitu, cantumkan kontribusi yang akan dilakukan oleh masing-masing pihak terkait. Supaya kolaborasi bisnis Anda berjalan dengan baik. Banyak hal yang bisa Anda tulis, diantaranya seperti: Dalam hal finansial, material maupun sumber daya manusia dan semua pihak yang terlibat.

Contoh Format MOU


Perlu Anda ingat dan menjadi catatan, jangan pernah membuat surat perjanjian kerjasama yang minim akan informasi tentang MOU. Sebab, jika Anda kurang teliti dalam pembuatannya maka akan menjadi masalah ke depannya. Memang MOU merupakan hal baik, namun tidak sedikit orang menyalahgunakan ini untuk menipu dengan modus surat perjanjian. Oleh karena itu, sebelum membuat surat perjanjian kerjasama Anda harus mempelajari MOU dengan baik. Sehingga, Anda akan banyak pengetahuan dan tidak mudah untuk dibohongi. Sampai disini dulu ya Pemirsa! Demikianlah beberapa point tentang Tips Format MOU yang dapat kami EKA BKJ sampaikan. Semoga bermafaat dan menambah wawasan bagi Anda. Sampai jumpa di artikel kami yang selanjutnya!

DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =

0177-01-042715-50-9

EKA APRILIA.... BRI...

0895367203860

EKA APRILIA, OVO

5 Responses to "Tips Membuat Format MOU Paling Tepat, Solusi Menjaga Kerjasama Bisnis Anda!"

  1. https://drive.google.com/file/d/1_iRbwS3_PpSWLmyt2e7riqFPOOHRoOYK/view?usp=drivesdk

    Silahkan kunjungi link tersebut untuk Contoh MOU gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://drive.google.com/file/d/1xQuWCiGJTmCYXfXVc5G9MyqVYa0MsZVU/view?usp=drivesdk



      https://drive.google.com/file/d/1V5hjJE6EP5vR4rxRor-GxTTYvzglGMNy/view?usp=drivesdk

      Delete

Iklan Dalam Artikel

Iklan Adnow

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow

loading...