Penulisannya Menarik Unik SEO, Harga Sesuai Kualitas-nya Bro

Memahami Jenis dan Fungsi Pemograman HTML, Nih Tutorial Membuatnya!



Web Developer = @Ratu Eka Bkj
Penulis = @Icha Lia Sari

Membuat web dengan HTML ataupun HTMLCSS terkadang banyak yang menilai bahwa itu adalah hal sulit. Namun, sebenarnya itu tidak benar. Pasalnya, jika kita memahami dari dasarnya maka akan menjadi mudah dalam membuatnya. Nah, maka dari itu marilah kita belajar bersama EKA BKJ mulai dari yang paling dasar.


HyperText Markup Language atau biasa disingkat dengan HTML adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web. Dimana kemudian dapat diakses untuk menampilkan berbagai informasi ke dalam sebuah penjelajah web di internet. Selain itu, PHP maupun HTML juga biasa disebut sebagai bahasa dengan menggunakan tanda-tanda tertentu untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser. Yang mana, ini bertujuan agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar.

Fungsi Pemograman HTML Yang Wajib Anda Tahu!

HTMLCSS Nah, jika kita tadi telah berkenalan mengenai pengertian HTML maka kurang afdol kalau tidak mengetahui fungsinya. Untuk lebih jelasnya, jangan sampai meninggalkan artikelnya dulu ya Guys! Tetap disini, bersama Kami EKA BKJ.
1.      Membuat Halaman Web
HTML 7, fungsi utama dari HyperText Markup Language yakni untuk membuat web. Dimana untuk membuat halaman website, kita harus menggunakan bahasa HyperText Markup Language. Pasalnya, semua halaman web pasti dibuat dengan menggunakan bahasa pemograman yang salah satunya adalah HTML.
2.     Dasar Bagi Web
Untuk fungsi dari HyperText Markup Language yang selanjutnya yaitu sebagai dasar web. Dimana untuk membuat website menggunakan java script, implemetasi bahasa pemrograman server PHP, dan mendesainnya menggunakan CSS dapat diaplikasikan jika mempunyai HTML sebagai dasarnya.
3.      Menampilkan Informasi di Dalam Browser Internet
Selain membuat halaman web, fungsi dari Kodingan HTML juga untuk menampilkan informasi di dalam browser Internet. Dimana ia mengelola serangkaian data dan berbagai informasi. Sehingga, dengan begitu apapun informasi yang dicari dalam browser internet akan ditampilkan melalui layanan website.
4.     Membuat Link Menuju Halaman Web
Fungsi lain dari Codingan HTML adalah untuk membuat link menuju halaman web. Dimana dalam suatu link menuju halaman website lain dengan kode tertentu, ini bertujuan agar halaman dalam browser dapat ditampilkan secara benar.

Nih Jenis-Jenis HTML, Pilihan Dalam Anda Membuat Coding!

HTML dan CSS Ulasan mengenai HTML jika hanya pengertian saja, maka sangatlah kurang. Pasalnya, ada beberapa hal lainnya yang perlu Anda ketahui juga. Misalnya saja seperti jenis-jenisnya, dan lain sebagainya. Maka dari itu, Kami disini juga akan memberikan informasi dan referensi untuk Anda terkait dengan jenis-jenis dari HyperText Markup Language. Langsung saja simak yang ada di bawah ini Guys!
1.      HTML versi 1.0
Untuk jenis HyperText Markup Language yang pertama yaitu HTML versi 1.0. HyperText Markup Language versi 1.0 ini memiliki kemampuan seperti: Hypertext, list, heading, paragraph, dan juga cetak tebal dan miring pada sebuah teks. Yang mana, versi ini juga sangat mendukung peletakan image pada dokumen tanpa memperbolehkan meletakkan teks di sekelilingnya.
2.     HTML versi 2.0
Nah, untuk jenis codingan HTML yang selanjutnya yaitu HTML versi 2.0. Dimana untuk HyperText Markup Language versi 2.0 ini lebih banyak memiliki fitur tambahan seperti: Applet, superscript, table, sub script dan marque. Selain itu, versi ini juga memberikan penambahan kualitas yang terletak pada kemampuannya untuk menampilkan suatu form pada dokumen. Dengan begitu kita dapat memasukkan nama, alamat, serta kritik dan saran.
3.     HTML versi 3.0
Selain 1.0 dan 2.0, HyperText Markup Language juga hadir dengan versi 3.0. Yang mana, pada versi ini menambahkan beberapa fasilitas baru. Misalnya saja seperti, Table.
4.     HTML versi 4.0
Kodingan HTML selanjutnya yaitu versi 4.0, memiliki banyak perbedaan dari yang sebelumnya. Dimana versi ini lebih banyak perubahan di hampir segala perintah-perintahnya. Misalnya saja seperti: Image, link, text, meta, table, imagemaps, form, dan lain sebagainya.
5.     HTML versi 5.0
Dimana pada versi 5.0 ini lebih istimewa lagi. Pasalnya, versi ini didukung dengan beberapa macam layout dan engine. Selain itu, pada versi ini juga mendukung streaming video tanpa menggunakan flash. Bagaimana, apakah lebih menarik?

 

Tutorial Membuat HTML Dengan Mudah, Solusi Buat Anda Yang Ingin Mencoba!

HTML dan CSS Ketika Anda ingin membuat sebuah web HTML, tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Pasalnya, jika dilakukan dengan sembarangan akan menghasilkan sebuah web yang kurang optimal. Nah, lalu bagaimana caranya agar dapat optimasi? Untuk lebih jelasnya langsung simak di bawah ini:
1.      Siapkan Tool
Kodingan HTML pada langkah awal, Anda dapat menggunakan berbagai macam browser. Misalnya seperti: Chrome, Mozilla ataupun yang lainnya.  Nah, untuk aplikasi lain Anda hanya memerlukan editor sederhana berupa aplikasi seperti: Notepad++.
2.     Pilih Tool
Setelah mengenali maka pilih tool sesuai keinginan Anda. Dengan begitu, browser yang Anda pilih nantinya akan menampilkan kode HTML-nya. Untuk melihat kodenya silahkan Anda klik kanan, kemudian pilih View Page Source.
3.     Buat Strukturnya
Selanjutnya, buat struktur HTML dengan menggabungkan element-elementnya. Mulai dari element, tag, dan attribute. Dimana element sendiri terdiri dari tiga bagian yaitu: Tag pembuka, isi dan penutup. Nah, untuk tag adalah teks khusus dua karakter yaitu < dan >. Sedangkan untuk attribute, terdapat di dalam script sebuah elemen. Dimana fungsinya adalah untuk memberi informasi tambahan tentang elemen. Yang mana, dalam nilai dari atribut harus ditutup dengan tanda kutip. Misalnya seperti: <input type="password" />.
4.     Buat Halaman Website Pertama
Untuk membuat halaman website pertama, buka aplikasi Notepad++. Kemudian copy code yang telah Anda buat sesuai struktur HTML di atas ke dalam halaman baru.  Lalu, Save As Type dan pilih HTML.
5.     Lengkapi Halaman Website
Setelah halaman website dibuat, lengkapi dengan menambah beberapa elemen yang dibutuhkan. Diantaranya seperti: Judul, subjudul, link gambar, table, komentar dan juga form.

Demikianlah artikel dari Kami EKA BKJ mengenai pemograman HTML. Bagaimana, mudah kan Guys ternyata? Jika Anda ingin benar-benar bisa membutnya, tips terbaik adalah dengan segera mungkin menerapkan tutorial yang sudah dibaca ini. Karena dalam dunia programming atau digital itu yang penting bagaimana Anda mempraktikkan dan pengembangkan kreatifitas, tidak sekedar teori. Bagaimana, sepakat kan Guys! Oke, semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadi referensi dan bermanfaat untuk Anda semua. Jika ini bermanfaat, Anda dapat share ke semua sosmed yang dipunya dan juga silahkan meninggalkan komentar. Sekian dan terimakasih.



0 Response to "Memahami Jenis dan Fungsi Pemograman HTML, Nih Tutorial Membuatnya! "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel, Adnow

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow

loading...