Penulisannya Menarik Unik SEO, Harga Sesuai Kualitas-nya Bro

Berita Google, Urgensi Pembangunan Data Center Di Indonesia


Web Developer = @Ratu Eka Bkj
Penulis = @Nur Khayat

Berita Google - Indonesia merupakan Negara dengan pengguna internet dan sosial media terbesar di dunia, menurut hasil suvey dari lembaga Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Pada maret 2019, jumlah pengguna internet Indonesia mencapai 171,1 juta jiwa atau 64,8%. Dan tentu saja, situs mesin pencari dengan terbanyak adalah Google. Bahkan, plaform search engine ini memiliki hampir 2 miliar lalu lintas akses setiap bulannya di Indonesia.

Dengan total akses yang begitu besar, tak ayal perusahaan penyedia layanan internet dan komunikasi ini harus membangun “Data Center” di seluruh penjuru dunia. Agar data pengguna tetap bisa ditampung dan dijaga. Data Center sendiri merupakan instalasi komputer, memiliki fungsi untuk menyimpan dan merawat segala data yang di upload ke internet supaya tidak hilang. Selain itu, fungsi data Center adalah untuk mendukung cloud. Nah, hal ini akan menjadi topik bahasan terkait berita Google. Selengkapnya, langsung saja simak yang Kami EKA BKJ sampaikan berikut ini Guys!


Apa itu Berita Google Data Center?
Apakah Anda sering membaca berita terkini di situs berita atau mungkin berita Google? Beberapa orang mungkin akan melewatkan untuk membaca berita terkini, dan mungkin akan membacanya lain waktu. Data dari berita tersebut akan secara otomatis disimpan di Google Data Center. Saat ini Data Center milik Google telah menampung lebih dari 3 miliar server aktif yang ada di seluruh dunia. Dan penggunaan cloud yang semakin aktif membuat Data Center harus terus dibangun dan dikembangkan.
Data Center sendiri adalah sistem komputasi yang menyimpan semua data pengguna internet dan sosial media. Sehingga, jaminan keamanan dari Google Data Center ini sangatlah penting untuk menjaga segala privasi dari pengguna. Oleh karena itu, pembangunan dari data center tidak boleh dilakukan dengan sembarangan dan harus benar-benar menghitung segala aspek serta syarat yang dibutuhkan.
Google Data Center sendiri bertujuan untuk menunjang kualitas pelayanan di internet yang lebih baik, terutama dengan meningkatnya penggunaan dan jumlah sosial media. Sebuah data center mungkin bisa dibangun oleh perusahaan provider secara mandiri. Namun, untuk mendukung perkembangan internet commerce yang semakin besar dan tidak terkendali, tentu membutuhkan fasilitas yang lebih besar seperti Google Data Center. Selain itu, menurut hasil riset dari Google, 74% pencarian di internet menggunakan Google search.


Berita Googel Data Center di Indonesia, Untung?
Berita Google dikabarkan akan segera membangun Data Centernya di Indonesia pada tahun 2021 mendatang. Dilansir melalui Kompas.com, Menteri Kominfo Johnny Plate mengatakan. “Google, Facebook telah memiliki program dan rencana pembangunan Data Center di Indonesia” . Apakah ini kabar baik, dan apa untungnya untuk Indonesia?
Indonesia dengan 260 juta jiwa penduduk, 64%nya adalah pengguna internet aktif dan menghabiskan setidaknya 8 jam 36 menit untuk browsing, 3 jam 26 menit untuk menggunakan sosial media, dan 2 jam 52 menit untuk menonton video di YouTube (HootSuite, 2019). Atau setidaknya 15 jam per hari atau 62,5% waktunya untuk menggunakan internet dengan berbagai kebutuhan. Serta, 74% pencarian di internet berhubungan dengan bisnis.
Dengan jumlah User dan frekuensi peggunaan yang begitu besar, sangat dibutuhkan tempat untuk menampung data dengan jumlah besar supaya Anda tetap dapat menikmati berbagai layanan internet seperti berita terbaru di Google berita. Selain itu, ada beberapa keuntungan lain dengan dibangunnya Data Center di Indonesia, yakni:


Meningkatkan Nilai Investasi Indonesia
Indonesia saat ini sedang berusaha untuk menjadi negara tujuan investasi terbesar di dunia. Dengan investasi di industri manufaktur yang semakin merosot, pemerintah akhirnya membidik industri ekonomi digital yang jauh lebih prospektif dan menjanjikan. Akan tetapi, mendapatkan Investor di bidang ekonomi digital tidaklah mudah, infrastruktur internet harus sangat memadai untuk menjalankan bisnis tipikal ini. Karena itulah, pembangunan Google Data Center di Indonesia menjadi sangat urgen dan penting.
Pembangunan Data Center atau pusat data tidaklah murah, serta memiliki perawatan yang sangat mahal. Perusahaan di bidang digital pun mutlak membutuhkan Data Center untuk mengelola data konsumennya. Ini merupakan penghalang pertama di investasi digital, namun dengan adanya Google Data Center, perusahaan tidak akan perlu untuk menanggung biaya pembangunan data center sendiri karena bisa menggunakan layanan dari Google. Hal ini akan menghemat biaya produksi secara signifikan dalam jangka panjang.
Selain itu, dengan adanya data center di Indonesia akan lebih mudah bagi para Investor untuk mempercayakan keamanan data-data bisnis mereka pada regulasi yang dibuat oleh pemerintah setelahnya. Dengan adanya Data Center di luar negeri, segala aturan hukum dan kebijakan dari pemerintah Indonesia, termasuk jaminan perlindungan tidak akan dapat terpenuhi dengan seutuhnya.

Menekan Cyber Crime di Indonesia
Kejahatan di Internet merupakan persoalan yang sangat pelik di Indonesia. Korban dari kejahatan di internet seperti scamming, phising, hingga terror sudah sangat banyak namun belum ada penyelesaian yang optimal dari aparat penegak hukum Indonesia. Dan permasalahan utamanya adalah, aparat penegak hukum kesulitan untuk mengakses data dari pelaku atau yang berhubungan dengan kejahatan karena persoalan wilayah hukum atau yurisdiksi.
Untuk mengungkap kejahatan di Internet yang server atau IP address-nya ada di luar negeri, aparat Indonesia memerlukan proses dan berbagai persyaratan yang sangat banyak dan sulit. Hal ini juga dipersulit dengan kebijakan dari perusahaan penyedia layanan internet yang menjamin keamanan data privasi dari penggunanya. Dengan regulasi yang sangat berbeda, aparat hukum Indonesia akan terputus aksesnya dalam pengungkapan kasus, padahal para korban di tanah air sedang menunggu keadilannya untuk ditegakkan.
Dengan hadirnya Google Data Center di Indonesia, Google sebagai perusahaan yang membangun bisnisnya di Indonesia akan mengikuti segala aturan dan regulasi yang dibuat oleh pemerintah. Regulasi ini termasuk untuk penyediaan data dan informasi digital, berhubungan dengan kasus yang sedang ditangani oleh aparat penegak hukum Indonesia. Terlebih, juga aparat penegak hukum tidak perlu lagi kerepotan dengan berbagai halangan yusdiksi yang sangat menggangu proses penyelidikan dan penyidikan.


Tidak hanya jaminan internet cepat untuk dapat menikmati berita terkini, pembangunan Berita Google Data Center nyatanya akan sangat membantu Indonesia untuk mengembangkan bisnis, membuka peluang investasi digital yang berkelanjutan, serta menjamin keamanan data serta menekan terjadinya kejahatan internet atau cybercrime yang kerap menjadikan pengguna internet Indonesia sebagai sasaran korban karena lemahnya jaminan hukum di Indonesia. Oke, sekian dari Kami EKA BKJ dan terimakasih. Jangan lupa, share sebanyak-banyaknya ke sosial media kalian dan kasih komentar ya Guys!





0 Response to "Berita Google, Urgensi Pembangunan Data Center Di Indonesia"

Post a comment

Iklan Atas Artikel, Adnow

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow

loading...