Penulisannya Menarik Unik SEO, Harga Sesuai Kualitas-nya Bro

Perbedaan Writing Business Dengan Literasi Menulis Yang Wajib Anda Tahu! Biar Nggak Salah Paham




Pimpinan Media: @Ratu Eka Bkj
Penulis: @Ichaliasari

Menulis merupakan kegiatan menorehkan sebuah ide untuk dibaca dengan tujuan tertentu. Dalam dunia penulisan, secara garis besar terbagi menjadi dua bidang yakni writing business dan literasi menulis. Writing business, merupakan sektor penulisan yang bertujuan untuk branding dan komersial. Sedangkan penulisan literasi, memiliki tujuan dalam penyampaian gagasan untuk menciptakan sebuah karya tulis. Keduanya, sama-sama berhubungan dengan dunia menulis namun memiliki corak serta goal yang berbeda.



Saat ini menekuni dunia writing business menjadi salah satu karir ngehits yang banyak digemari generasi millenials. Selain menjadi peluang bisnis menjanjikan, pun memiliki target market yang jelas. Karena bidang penulisan ini berkaitan dengan advertising, maka akan banyak client dari Pengusaha atau Korporat, Professionalis, bahkan para Politisi yang ingin dibranding. Demi mendapatkan brand awareness dan personal branding yang memikat di mata pemirsa. Baik untuk mempromosikan suatu bisnis dan produk, maupun ajang mengkampanyekan seseorang. Kini telah banyak yang memanfaatkan media platform dengan penulisan branding seperti: Copywriting, Content Artikel, Review, Berita Advertorial, Hypnowriting dan sejenisnya. 

Selain itu, bidang literasi menulis juga masih banyak diminati generasi muda. Meski literasi saat ini berbeda dengan dahulu yang cenderung konvensional. Bila komunitas literasi di masa lampau lebih banyak bergelut dengan media cetak baik buku, majalah, dan koran. Berbeda dengan era digital yang cenderung memanfaatkan media online berupa portal, website berita, media opini, maupun aplikasi menulis. Bahkan, berbagai macam platform yang menjanjikan reward menarik untuk Penulis maupun pembaca. Baik berupa koin yang bisa ditukar menjadi voucher belanja, hingga uang digital yang nantinya dapat dicairkan. Membuat banyak orang berbondong-bondong untuk menulis maupun membaca di media tersebut. Sehingga, meningkatkan minat baca masyarakat via digital literasi. Misalnya seperti Wattpad, Steemit, UC News, Buzzbreak, Mojok.co, IDN App, Babe, Novelme, Noveltoon, Webtoon, Joylada, KBM App dan masih banyak lagi. 

Namun, meskipun begitu ternyata masih banyak yang salah paham terkait writing business dan literasi menulis. Mayoritas menganggap keduanya sama, padahal jelas berbeda. Lalu, sebenarnya apa perbedaan writing business dengan literasi menulis? Untuk lebih jelasnya, berikut Kami EKA BKJ sampaikan detailnya buat kalian Guys. Selamat membaca!

Yukz! Bersama-Sama Mengenal Writing Business
Writing business sangatlah berbeda dengan literasi menulis. Writing business merupakan suatu sektor penulisan yang berhubungan dengan kepentingan branding serta komersial dari suatu perusahaan, baik di bidang pemasaran ataupun bagian lainnya untuk mencapai target yang telah ditentukan. Hal ini berkaitan erat dalam dunia advertising, untuk mempromosikan produk atau bisnis dengan strategi konten penulisan yang memikat melalui media platform baik website maupun sosial media. Sehingga, viewers yang membaca content tersebut akan terpengaruh untuk meyakini serta memilih suatu produk maupun jasa tertentu. Selain itu, writing business juga banyak digunakan untuk membranding personal seseorang yang bertujuan mengkampanyekan dan menciptakan nilai unggul serta daya tarik di mata pemirsa.  Lalu, apa saja tujuan serta ciri dari writing business? Simak yang ada di bawah ini Guys!

  1. Bertujuan Untuk Kerjasama Bisnis
Yang pertama, bertujuan untuk kerjasama bisnis dengan klien. Misalnya, terkait pengajuan proposal bisnis yang termasuk jenis dari writing business. Selain itu, kolaborasi ini juga untuk branding suatu bisnis maupun personal seseorang. Terlebih, dalam menyampaikan proposal kerjasama usaha kepada klien pun dibutuhkan writing business untuk memberikan persuasi kepadanya.

  1. Bertujuan Untuk Branding
Tujuan kedua, sebagai sarana branding. Dimana dengan writing business sebuah perusahaan maupun personal dapat membangun branding yang awareness serta memikat di mata banyak orang. Sehingga, dapat meningkatkan efektivitas target market dan kredibilitas sebuah brand maupun personal. 

  1. Bertujuan Untuk Teks Iklan
Selanjutnya, tujuan dari writing business adalah untuk teks iklan. Jadi, jika suatu perusahaan akan mengiklankan produknya dibutuhkan copywriting sebagai jenis dari writing business. Copywriting ini merupakan sebuah teks iklan yang memikat, bertujuan membius daya minat pengunjung untuk yakin dan mantap membeli suatu produk ataupun jasa. 

  1. Bertujuan Untuk Promosi
Nah, promosi merupakan suatu hal yang sangat penting di dalam dunia bisnis. Dengan writing business, maka dapat membuat promosi lebih maksimal. Dimana dengan begitu bisa menjadikan customer tertarik kepada suatu produk yang dipromosikan.

  1. Bertujuan Untuk Negosiasi Win-Win Solution Dalam Dunia Bisnis
Negosiasi win-win solution dalam dunia bisnis juga menjadi tujuan selanjutnya. Dimana writing business biasanya dibutuhkan untuk bernegosiasi dalam menyepakati kolaborasi di antara pihak-pihak terkait. Contohnya, penulisan berupa MOU (Memorandum of Understanding).

  1. Bertujuan Untuk Mengedukasi Sebuah Bisnis Maupun Produk Kepada Konsumen
Content Artikel menjadi salah satu jenis dari writing business, bertujuan untuk mengedukasi konsumen supaya tepat dalam menggunakan sebuah produk. Sehingga, customer pun merasa nyaman dan semakin loyal terhadap brand dari sebuah barang atau jasa.

  1. Bertujuan Untuk Menarik Relasi dan Customer
Terdapat Content Review serta Hypnowriting dalam dunia writing business, ini bertujuan untuk menarik relasi dan customer pada sebuah bisnis. Karena, penulisan jenis ini memiliki gaya bahasa persuasif yang bertujuan mempengaruhi para pembaca.

  1. Bertujuan Untuk Komersial
Terakhir, ciri khas paling utama dari writing business tentunya memiliki tujuan dalam hal komersial. Sehingga, lebih mengutamakan nilai penjualan suatu barang atau jasa dibandingkan klaim hak cipta. 

Intip Jenis-Jenis Writing Business, Yukz Guys!
Bagaimana, sudah tahu kan sekarang mengenai tujuan writing business. Yapz, betul banget. Lalu, kira-kira apa lagi yang dapat membedakan writing business dengan literasi menulis? Tentunya, berkaitan dengan jenis-jenis penulisannya. So, untuk lebih jelasnya langsung saja cek yang berikut ini Guys! Cekidot.

  1. Copywriting
Copywriting Iklan dan Landing Page Copywriting merupakan suatu teknik penulisan advertising yang memiliki daya pikat, bertujuan untuk membranding suatu barang, jasa maupun personal supaya menjadi awareness dan diminati banyak orang. Biasanya copywriting dituangkan pada web landing page maupun content sosial media, menggunakan gaya bahasa persuasif untuk mempengaruhi para pembaca dengan maksud tertentu. 

  1. Content Writing / Artikel SEO
Content Writing / Artikel SEO adalah suatu teknik penulisan yang bertujuan untuk mengedukasi pembaca dalam menggunakan produk atau jasa, biasanya dipublikasikan pada website maupun blog dengan mencantumkan teknik keyword tertentu hasil riset pada sebuah tools. Sehingga, diharapkan brand bisnis yang dipasarkan dapat tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan market.

  1. Content Review
Content Review merupakan suatu teknik penulisan untuk mereview atau mengulas suatu brand, produk, jasa maupun personal yang fokus pada sisi kegunaan serta keunggulannya. Agar dapat mempengaruhi orang lain untuk tertarik dan percaya pada sebuah brand atau personal tertentu.

  1. Salles Letter / Narasi Produk dan Testimoni
Sales Letter / Narasi Produk dan Testimoni adalah salah satu teknik kepenulisan untuk menjabarkan keunggulan produk serta kesaksian konsumen setelah membeli barang ataupun jasa, bertujuan untuk mempengaruhi orang lain untuk yakin pada sebuah brand tertentu. Dengan begitu, testimoni dapat menjadi rangsangan bagi calon customer agar percaya dan mantap membeli produk tersebut.

  1. Berita Advertorial (News Branding)
Berita Advertorial berbeda dengan news yang berupa data dan fakta jurnalisme. Melainkan, menjadi sebuah berita yang berbasis iklan atau dipesan oleh seorang klien. Sehingga, ini tergolong ke dalam jenis writing business karena bertujuan untuk membranding personal maupun kelompok. Biasanya klien berlatar belakang dari Politisi, Polisi dan Pejabat yang sering menggunakan layanan Berita Advertorial untuk menggiring opini tertentu atau sebagai sarana kampanye.   

  1. Proposal Bisnis
Jenis writing business selanjutnya yakni, Proposal Bisnis. Sebuah penulisan yang bertujuan untuk pengajuan kerjasama bisnis terhadap pihak lain, atau disebut juga dengan proposal pengajuan usaha.

  1. Company Profile
Ini berupa profile perusahaan yang dituliskan pada web landing page, untuk meyakinkan orang lain terhadap suatu korporat tertentu dan menunjukkan kredibilitasnya. Selain itu, Company Profile biasanya juga dibuat dalam bentuk PDF bilamana diperlukan untuk pengajuan kerjasama. 

  1. MOU
Memorandum of Understanding merupakan perjanjian kerjasama dalam suatu bisnis. Jadi, agar tidak ada percekcokan untuk ke depannya maka diadakan MOU sebagai bentuk perjanjian kerjasama tertulis yang kemudian disepakati oleh pihak-pihak terlibat.

Tahukah Anda, Tentang Literasi Menulis? Yukz Kenalan
Setelah mengetahui tentang writing business, untuk lebih jelasnya Anda juga wajib mengenal literasi menulis Guys! Literasi menulis merupakan suatu bidang penulisan yang bertujuan menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan dan untuk klaim hak karya cipta. Lalu, apa saja tujuan dan ciri dari literasi menulis? Langsung cek di bawah ini yuks! 

  1. Bertujuan Untuk Klaim Karya Intelektual dan Pengakuan Hak Cipta
Salah satu tujuan dari literasi menulis adalah untuk pengakuan karya intelektual seseorang. Sehingga, gagasan yang ditulis merupakan wujud kreativitas seseorang dalam menciptakan sebuah karya. Oleh sebab itu, dalam dunia literasi sangat mengutamakan terkait hak cipta serta pencantuman nama pena Author. 

  1. Bertujuan Untuk Menuangkan Gagasan
Menuangkan gagasan, menjadi salah satu tujuan literasi menulis yang paling utama. Karena, dari hasil pengamatan fenomena serta analisa seseorang menghasilkan sebuah ide tertentu yang kemudian tertuang dalam karya tulis. 

  1. Bertujuan Untuk Mengkritik, Mendukung atau Mengajukan Solusi Atas Fenomena Yang Terjadi
Selanjutnya, tujuan dari literasi menulis pun berkaitan untuk mengkritik atau mengajukan solusi atas fenomena yang terjadi. Pasalnya, mengkritik dan mengajukan suatu solusi menjadi sumber inspirasi tercetusnya sebuah karya literasi. Selain itu, penulisan literasi menjadi media yang idealis dalam menyuarakan pendapat di sebuah Negara demokrasi. Sudah sejak berabad-abad di berbagai belahan dunia menggunakan literasi menulis, untuk menyampaikan sebuah argumentasi atas fenomena yang terjadi.

  1. Bertujuan Untuk Memaparkan Data dan Fakta
Berikutnya, literasi menulis juga digunakan sebagai alat memaparkan data dan fakta. Hal ini berkaitan dengan penyampaian suatu peristiwa, informasi, ilmu maupun berita kepada khalayak umum.

  1. Bertujuan Untuk Edukasi dan Informasi
Penulisan literasi juga sangat menekankan terkait fungsi edukasi dan penyampaian informasi melalui sarana menulis. 

  1. Bertujuan Untuk Menyampaikan Opini dan Argumentasi 
Literasi menulis juga memiliki tujuan dalam menyampaikan sebuah opini maupun argumentasi terkait kebijakan pemerintah maupun fenomena sosial. Hal ini baik terkait analisa, dukungan maupun kritikan. 

Apa Saja Jenis-Jenis Literasi Menulis? Nih Jawabannya
Setelah mengetahui jenis-jenis penulisan dari bidang writing business, Anda juga harus mengetahui kategori pada sektor literasi menulis. Agar dapat membedakan kedua bidang penulisan tersebut, dan tidak mengalami salah paham. Nah, untuk lebih jelasnya langsung simak yang ada di bawah ini Guys!

  1. Buku Populer / Semi Ilmiah
Buku Populer atau Semi Ilmiah merupakan jenis literasi menulis yang memadukan antara subjektifitas perspektif Penulis baik pengalaman maupun gagasan, serta objektivitas analisa serta fakta pada fenomena sosial. Salah satu yang tergolong buku jenis ini seperti: Buku Motivasi, Buku Tips dan Trik, Buku Tutorial dan sejenisnya.

  1. Buku Biografi
Buku Biografi merupakan salah satu jenis buku yang menceritakan perjalanan hidup seseorang yang ditulis oleh orang lain. Dimana Buku Biografi ditulis secara detail dengan bahasa naratif. Berisi cerita riwayat hidup secara lengkap, bukan hanya tentang tempat tinggal, tanggal lahir, pendidikan dan kematian seseorang saja.

  1. Buku Autobiografi
Hampir memiliki kesamaan dengan Buku Biografi. Perbedaannya, Buku Autobiografi merupakan cerita riwayat hidup seorang Penulis itu sendiri. 

  1. Buku Novel
Buku Novel adalah suatu karangan prosa panjang mengenai rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan menggambarkan watak, sifat, tempat kejadian dalam kisah yang diceritakan. Novel menjadi hasil dari karya sastra, sehingga cerita pada buku tersebut hanya fiksi. Contoh Literasi Media Novel ini adalah Negeri di Ujung Tanduk karya Tere Liye dan Membusuk di Dalam Surga karya Eka Aprilia (Ratu Eka Bkj).

  1. Buku Antologi Cerpen
Buku Antalogi Cerpen merupakan kumpulan cerita pendek yang dibukukan. Contohnya seperti Lipstick, Madre dan masih banyak lagi.

  1. Buku Antologi Puisi
Merupakan sebuah kumpulan dari berbagai puisi yang dibukukan. Ini tergolong ke dalam sektor penulisan literasi yang berjenis karya sastra. Contohnya, buku Antologi Puisi karya Eka Aprilia (Ratu Eka Bkj) berjudul Aku Adalah Bunga Kaktus.

  1. Buku Diary
Buku diary adalah catatan harian mengenai kejadian yang kita alami. Biasanya buku harian ini berbentuk kecil dengan bergambar, sebagaimana banyak digunakan ketika berada di bangku SMP.

  1. Buku Teenlit
Buku Teenlit adalah karya sastra dengan tema kehidupan remaja serta berbagai macam kisah yang sering dialami pada umumnya.

  1. Karya Jurnalisme atau Berita
Karya Jurnalisme atau Berita adalah suatu laporan atas kejadian berupa paparan fakta dan data terkait kejadian tertentu. Macam-macam penulisan Berita Jurnalistik diantaranya: Straight News, Hard News, Soft News, Interpretative News, Depth News, Investigation News, Opinion News, Comprehensive News, Feature Story, dan Editorial Writing.

  1. Essay
Essay merupakan karya tulis berupa analisa dan gagasan Penulis terhadap fenomena tertentu yang sedang terjadi. 

  1. Opini
Sebuah karya tulis berupa argumentasi terkait fenomena tertentu dalam menyikapinya baik berupa kritikan, dukungan, maupun solusi. 

  1. Budaya Baca, Analisa, Menulis
Budaya Baca, Analisa dan Menulis menjadi jenis dari dunia literasi. Membaca baik yang tertulis maupun tidak tertulis. Membaca sesuatu tidak tertulis maksudnya, memahami terhadap fenomena yang sedang terjadi. Kemudian, dianalisis secara cermat dan selanjutnya dituangkan ke dalam gagasan berbentuk penulisan.

Demikianlah artikel dari Kami EKA BKJ, mengenai perbedaan writing business dengan literasi menulis. Bagaimana, sekarang sudah nggak salah paham kan Guys? Yapz betul banget. Tentunya, dapat memberikan pandangan terkait dua sektor penulisan yang berbeda sehingga dapat digunakan secara tepat sesuai kebutuhan masing-masing. Nah, bagi Anda yang memerlukan segala jenis writing business untuk keperluan branding dan content dapat memesan di Jasa Penulisan Eka Bkj, Solusi Kerjasama! Penulisannya Menarik, Unik, SEO. Jangan lupa juga, tinggalkan jejak kalian di kolom komentar.


DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =

0177-01-042715-50-9

EKA APRILIA.... BRI...

0895367203860

EKA APRILIA, OVO

0 Response to "Perbedaan Writing Business Dengan Literasi Menulis Yang Wajib Anda Tahu! Biar Nggak Salah Paham"

Post a comment

Iklan Dalam Artikel

Iklan Adnow

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow

loading...