Penulisannya Menarik Unik SEO, Harga Sesuai Kualitas-nya Bro

Mengenal Laravel & Fungsinya Dalam Membuat Website, Nih Fitur-Fitur Unggulan Yang Wajib Anda Tahu!


Ada banyak framework yang dapat digunakan oleh Web Developer, dalam mengembangkan website maupun aplikasi. Namun, hanya ada beberapa yang sederhana tapi mampu membuat website menjadi powerful, salah satunya Laravel. Framework ini cukup populer, hingga telah membangun lebih dari satu juta website. Pada tahun 2015, Laravel juga disebut sebagai framework yang sangat baik mengingat banyak keunggulan darinya. Sebelum membahas fitur yang ada pada Laravel, lebih baik Anda mengetahui terlebih dahulu tentang framework satu ini. So, langsung cek di bawah ini Guys!


Tahukah Anda, Apa Itu Laravel?

Pertama kali diciptakan oleh Taylor Otwell pada 2011 lalu. Laravel adalah framework yang dapat membantu Anda membangun dan mengembangkan sebuah website, dengan memanfaatkan penggunaan bahasa pemrograman PHP. Seperti yang Anda tahu, bahasa pemrograman PHP sangat dinamis dalam mengembangkan situs web. Dengan adanya Laravel, PHP akan disederhanakan secara mudah dan cepat. Laravel memiliki berbagai fitur yang membantu Anda dalam mewujudkannya, agar website berkembang lebih optimal.


Selain itu, Laravel mudah dipahami karena mengikuti konsep MVC (Model View Controller). Tidak heran jika framework PHP ini menjadi pilihan banyak para Web Developer. Pasalnya, memang dapat diandalkan dan memiliki kinerja, fitur serta skalabilitas yang baik.


Nih Fitur-Fitur Unggulan Dalam Laravel Yang Wajib Anda Tahu!

Hingga kini, Laravel telah mengalami banyak pengembangan sehingga menjadi lebih kompatibel dengan teknologi website terbaru. Fitur pada Laravel juga beragam, memudahkan Anda dalam mengelola dan membangun website. Misalnya seperti: Modularity, Routing, dan lainnya. So, untuk lebih jelasnya berikut beberapa fitur pada Laravel yang dapat Anda gunakan.


  1. Routing

Routing pada Laravel sangat fleksibel, sehingga memungkinkan Web Developer untuk menentukan rute dalam aplikasi website. Ada tiga kategori routing dalam Laravel, yaitu: Route Parameters, Named Routers, dan Basic Routing. Dasar dari routing adalah, merutekan request ke controller terkait. Fitur ini dianggap dapat mempermudah pengembangan website dan meningkatkan performanya. 


  1. Modularity

Fitur satu ini memungkinkan Anda mengembangkan website berskala besar, dengan mudah mendeteksi bug secara lebih baik. Modularity membantu Web Developer untuk menyempurnakan dan meningkatkan fungsionalitas dari website, serta mempermudah proses update.


  1. Configuration Management

Konfigurasi manajemen dapat membantu Anda menangani konfigurasi website secara lebih efisien. Semua file konfigurasi akan disimpan di dalam directory config. Anda juga tidak perlu khawatir untuk mengubah setiap konfigurasi yang ada.


  1. Inbuilt Libraries

Laravel menyediakan library, menjadi fitur yang membedakan Laravel dengan framework lainnya. Salah satu library yang tersedia adalah Otentikasi. Di dalamnya terdapat semua fitur utama seperti: Memvalidasi pengguna, reset kata sandi, perlindungan CSRF (Cross Request Forgery), dan lainnya.


  1. Eloquent ORM (Object Relational Mapping)

Eloquent ini dapat dimanfaatkan untuk memetakan sebuah object dengan database. Laravel juga menyediakan dokumentasi komprehensif untuk semua fungsi Eloquent.


  1. Blade Template Engine

Blade merupakan template engine untuk mendesain layout atau tampilan secara unik. Dibandingkan dengan template engine lainnya, Blade memiliki keunggulan yaitu tidak membatasi Web Developer dalam menggunakan kode PHP biasa di dalam tampilan. Desain tampilan Blade akan tetap di-cache sampai ada modifikasi baru.


  1. Testability

Framework PHP ini dibangun dengan fitur proses pengecekan yang cukup lengkap. Laravel mendukung proses pengecekan dengan PHPUnit dan file phpunit.xml yang dapat disesuaikan dengan aplikasi website secara ekspresif.


  1. Authentication

Framework ini memungkinkan otentikasi menjadi sangat sederhana, karena seluruh proses konfigurasi sudah berjalan secara otomatis. Anda dapat menemukan file konfigurasi ini di ‘config/auth.php’. Di dalamnya terdapat berbagai opsi yang sudah terdokumentasi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan sistem.


  1. E-mail Class

Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengirim email secara cepat melalui aplikasi lokal maupun layanan cloud. Laravel menyediakan API beberapa library SwiftMailer dengan koneksi ke SMTP, Postmark, Mailgun, hingga Sendmail.


  1. Redis

Redis merupakan aplikasi open source atau tidak berbayar yang menyimpan key-value. Umumnya, dikenal dengan server struktur data yang dapat menyimpan key dengan tipe strings, hashes, lists, sets, dan sorted sets. Fitur ini dapat menghubungkan sesi yang sudah ada dengan cache general-purpose. Redis akan terkoneksi dengan session secara langsung.



Demikianlah artikel dari Kami EKA BKJ, mengenai Laravel beserta fitur-fitur unggulannya. Tentunya, sangat bermanfaat bagi Anda para Web Developer dalam mengembangkan sebuah website berbasis framework. Dengan bahasa pemrograman PHP yang pastinya lebih bersahabat untuk di-development. Oke Guys, sekian dari Kami dan terimakasih. Nah, bagi Anda yang ingin mengikuti langkah-langkah secara detailnya dapat kunjungi Tutorial Laravel ini. Agar website yang akan Anda kembangkan semakin optimal! Dan pastinya, dengan provider terbaik dari Niagahoster menjadi partner paling tepat untuk Anda.




DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =

0177-01-042715-50-9

EKA APRILIA.... BRI...

0895367203860

EKA APRILIA, OVO


0 Response to "Mengenal Laravel & Fungsinya Dalam Membuat Website, Nih Fitur-Fitur Unggulan Yang Wajib Anda Tahu!"

Post a Comment

Iklan Dalam Artikel

Iklan Adnow

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow

loading...