(Bisnis Komunikasi Jaringan), "Solusi Kerjasama!"

Pengertian Blogger Hunting dan Proses Kegiatannya, Seru dan Berkesan!

Blogger Hunting


Penulis : @Ratu Eka Bkj

CEO, Owner, Founder “EKA BKJ”



Blogger Hunting menjadi aktivitas penting, dalam proses blogging. Tentunya, berhubungan dengan pemilihan seorang Blogger yang tepat. Sesuai kebutuhan perusahaan, untuk kerjasama dengan brand produk. Berkaitan dengan angle, pada suatu topik yang akan dibahas. Demi, memperoleh bahan konten yang selaras dengan tujuan.


Supaya, hasilnya optimal dan memuaskan. Biasanya, perusahaan akan memilih Blogger yang profesional dengan situs ber-traffic. Semakin tinggi viewers dan DA/PA website, biasanya harga lebih mahal. Terkait topik, perusahaan akan menyesuaikan jenis produk dengan niche pada suatu blog. 


Namun, ada juga klien yang tidak mempermasalahkan perbedaan kategori. Terpenting, reputasi Blogger dan kualitas situs. Baik quality pada optimasi website dan jumlah view, maupun konten yang disajikan. So, untuk lebih jelasnya mengenai Blogger Hunting. Maka, langsung cek pemaparan Ratu Eka Bkj yang di bawah Guys! Cekidot. 



Pengertian Blogger Hunting

Blogger Hunting adalah kegiatan suatu perusahaan atau merek, dalam mencari dan menghubungi Blogger. Tentunya, sesuai dengan target pasar dan niche yang dibutuhkan. Guna, untuk bekerjasama dalam membuat konten promosi. Kegiatan ini merupakan, bagian dari strategi pemasaran Influencer. Yakni, perusahaan bekerjasama dengan individu yang memiliki pengaruh atau audiens besar di platform digital seperti blog/website, YouTube, Instagram, dan platform media sosial lainnya.

Proses Blogger Hunting dimulai dengan identifikasi, dan penentuan target audiens yang relevan. Tentunya, dengan merek atau produk tertentu. Kemudian, perusahaan melakukan riset untuk menemukan Blogger yang memiliki audiens sesuai dengan target.

Selanjutnya, perusahaan menghubungi Blogger melalui email, pesan langsung di media sosial, live chat pada fitur website, atau melalui agensi yang mewakilinya. Pada pesan tersebut, perusahaan akan menjelaskan banyak hal. Misalnya seperti tujuan kerjasama, manfaat yang ditawarkan, harga atau fee, persyaratan dan kompensasi yang disediakan.

Jika Blogger tertarik untuk bekerjasama. Maka, selanjutnya melakukan negosiasi mengenai detail kerjasama. Diantaranya seperti jenis konten yang akan dibuat, ketentuan job, jangka waktu kerjasama, besaran kompensasi, dan lain-lain. Setelah kesepakatan dicapai, Blogger mulai menulis dan membagikan konten promosi sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat.

Tujuan dari Blogger Hunting adalah, untuk memanfaatkan kekuatan dan pengaruh Blogger dalam mencapai audiens yang relevan dengan merek produk. Melalui bekerjasama dengan Blogger, yang memiliki pengikut setia dan kredibilitas di bidangnya. Maka, perusahaan dapat meningkatkan kesadaran merek, memperluas jangkauan pasar, dan meningkatkan penjualan produk atau layanan.


Proses Blogger Hunting, Nih Kegiatannya! 

Blogger Hunting memerlukan berbagai proses, yang perlu dilalui. Sebagai kegiatan yang perlu dilakukan, dalam mengemban amanah. Berhubungan dengan job description. So, berikut beberapa proses kegiatan Hunting Blogger melibatkan beberapa langkah antara lain:


  1. Penentuan Tujuan Kampanye

Perusahaan atau merek menetapkan tujuan kampanye, berkaitan dengan branding yang akan dilakukan Blogger. Diantaranya seperti meningkatkan kesadaran merek, menghasilkan konten yang menarik, dan meningkatkan penjualan produk.


  1. Identifikasi Target Audiens

Perusahaan harus menentukan target audiens dan segmen pasar, yang ingin dicapai melalui kampanye. Berguna, untuk mencari Blogger yang memiliki audiens relevan dengan produk dan layanan perusahaan. 


  1. Penentuan Niche

Perusahaan akan menentukan niche atau topik tertentu, yang ingin mereka bidik. Misalnya jika perusahaan teknologi, akan cenderung mencari Blogger yang fokus pada teknologi dan platform media. 


  1. Pencarian Blogger

Perusahaan akan melakukan pencarian  Blogger, melalui berbagai platform. Demi, menemukan Blogger sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Perusahaan dapat riset dan mengunjungi langsung, setiap situs/website yang ada di mesin pencari. Bahkan, menggunakan platform khusus seperti influencer marketing platforms, Vira.id, Sociabuzz, Raja Backlink, Sribulancer, SosiaGo, TipTip Indonesia, Freelancer, BintanGo, dan media sosial untuk menemukan kandidat potensial.


  1. Analisis Kandidat

Setelah menemukan beberapa kandidat potensial. Maka, perusahaan melakukan analisis lebih lanjut untuk menilai kualitas Blogger. Baik secara reputasi, viewers dan traffic website, relevansi konten, ukuran audiens, tingkat keterlibatan, dan kesesuaian dengan merek.


  1. Kontak dan Negosiasi

Setelah memilih Blogger yang cocok. Maka, perusahaan menghubunginya untuk mengajukan tawaran kerjasama. Pembicaraan berkaitan dengan kompensasi finansial, produk gratis, atau bentuk kompensasi lainnya. Sesuai dengan kesepakatan yang dicapai, antara kedua belah pihak.


  1. Pemantauan dan Evaluasi

Selama dan setelah kampanye, perusahaan akan memantau kinerja konten yang dibuat oleh Blogger. Mereka mengevaluasi mengenai, apakah kampanye telah mencapai tujuan yang ditetapkan. Apakah investasi dalam Influencer, memberikan pengembalian yang baik.


  1. Pembayaran dan Pelaporan

Setelah kampanye selesai, perusahaan akan membayar Blogger sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat. Namun, sebagian klien ada yang membayar setengah di awal DP dan setengah lagi pelunasan di akhir. Bahkan, ada perusahaan yang  mampu membayar Blogger lunas terlebih dahulu di depan baru kemudian job dikerjakan. Semua tergantung, kesepakatan antara dua belah pihak di awal. Selain pembayaran, perusahaan juga meminta Blogger mengirimkan laporan tentang kinerja konten yang telah dibuat.


Blogger Hunting merupakan, strategi pemasaran yang efektif. Karena, memanfaatkan pengaruh dan kredibilitas Blogger. Demi, mencapai audiens yang relevan dan terlibat secara organik. Dengan memilih Blogger yang tepat, dan menetapkan tujuan yang jelas. Maka, perusahaan dapat menciptakan kampanye yang sukses dan memberikan nilai tambah bagi merek.




Demikianlah artikel dari Kami EKA BKJ yang membahas tentang, Blogger Hunting. Berkaitan dengan, pengertian dan proses kegiatannya. Sehingga, dapat menambah cakrawala keilmuan bagi Anda. Wawasan seputar dunia blogging. Terlebih, sangat penting buat Anda yang ingin terjun di bidang cyber witing. Oke Guys, sekian dari Ratu Eka Bkj dan terimakasih. 


KERJASAMA BISNIS, Mulai Klik Hubungi Kami via Whatshap 
0895367203860 
Owner, Founder, CEO
= 085704703039 
Customer Service


DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =


0481723808

EKA APRILIA.... BCA


0895367203860

EKA APRILIA, OVO




0 Response to "Pengertian Blogger Hunting dan Proses Kegiatannya, Seru dan Berkesan! "

Post a Comment

Iklan Dalam Artikel

Iklan Adnow

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow