(Bisnis Komunikasi Jaringan), "Solusi Kerjasama!"

Pengertian Blogger Jurnalis dan Karakteristiknya, Jalan Sukses Media Indie!

Blogger Jurnalis



Penulis : @Ratu Eka Bkj

CEO, Owner, Founder “EKA BKJ” 


Blogger Jurnalis menjadi salah satu profesi, bonafit yang menarik. Terutama, buat kalian yang passion di bidang jurnalistik secara indie. Artinya, mempunyai media sendiri dalam menyampaikan berita dan informasi. Tanpa terikat kontrak kerja dengan perusahaan, sebagai karyawan di posisi Wartawan. Mengelola situs secara pribadi, membuat kita lebih bebas berekspresi. Mengeksplorasi gagasan dan ide secara independen. 


Tanpa tekanan dan peraturan company. Terlebih, jam kerja lebih fleksibel dapat kita management sendiri. Apalagi, peluang income double yang lebih menjanjikan. Baik passive income, maupun aktive income. Bahkan, karir yang lebih tinggi sebagai Pengusaha Media. So, untuk lebih jelasnya mengenai Blogger Jurnalis. Maka, langsung cek pemaparan Ratu Eka Bkj yang di bawah Guys!  Cekidot. 



Pengertian Blogger Jurnalis

Blogger Jurnalis adalah seseorang yang menggunakan platform blogging untuk menyampaikan berita, laporan, dan opini dalam format mirip dengan jurnalistik. Tergolong sebagai media indie, yang dimiliki oleh perseorangan. Jurnalis yang tidak terikat, kontrak kerja dengan perusahaan. Seseorang yang menciptakan konten, dengan mencakup berbagai topik. Misalnya seperti politik, sosial, lingkungan, teknologi, kesehatan, dan banyak lagi. Fokus pada menyajikan informasi yang akurat, dan relevan kepada pembaca.



Karakteristik Blogger Jurnalis

Profesi sebagai Blogger Jurnalis, mempunyai karakteristik khusus. Tentunya, menjadi pembeda dengan pekerjaan lain. Sebagai indikator dan ciri-ciri, yang melekat pada karir ini. So, berikut beberapa karakteristik dan hal yang perlu dipahami tentang Blogger Jurnalis antara lain:


  1. Platform Blogging

Blogger jurnalis menggunakan platform blogging. Diantaranya seperti WordPress, Blogger, Medium, Drupal, dan sejenisnya. Berguna, untuk mempublikasikan konten secara digital. Tentunya, sebagai wadah berbagi berita dan informasi. Yakni, menjadi media jurnalistik secara indie. 


  1. Media Indie 

Memiliki kontrol penuh, atas konten yang dipublikasikan. Memungkinkan untuk mengeksplorasi topik-topik, yang tidak diberikan perhatian oleh media konvensional. Sebagai media indie, yang tidak terikat peraturan dari pihak lain. Sehingga, lebih leluasa dalam menyajikan perspektif yang berbeda. 


  1. Konten Berita dan Laporan

Blogger jurnalis membuat konten yang mencakup berita terkini, laporan investigasi, liputan acara, dan analisis mendalam tentang berbagai topik. Melakukan riset, wawancara, dan mengumpulkan informasi untuk memastikan keakuratan data. Keberagaman sumber informasi sangat diperlukan. 


  1. Opini dan Pendapat

Selain menyajikan fakta dan berita. Blogger Jurnalis juga memberikan opini dan perspektif, tentang isu-isu dan fenomena yang terjadi. Memungkinkan untuk mengembangkan narasi, analisis, dan opini dalam menyajikan perspektif yang kritis kepada pembaca.


  1. Independen atau Affiliate

Blogger jurnalis dapat bekerja secara independen atau terafiliasi, dengan platform atau organisasi tertentu. Bekerja secara independen memiliki kebebasan, untuk mengeksplorasi berbagai topik. Tanpa ada ikatan, dengan kepentingan khusus. Sementara yang terafiliasi, mungkin memiliki pandangan khusus. Harus mempertimbangkan kebijakan dari Editorial, pada platform atau organisasi yang mereka wakili.


  1. Peran Dalam Media Digital

Blogger jurnalis memiliki peran yang penting, dalam media digital saat ini. Sanggup mengisi celah, dalam liputan berita konvensional. Tentunya, dengan menyajikan sudut pandang alternatif. Menyoroti isu-isu yang mungkin tidak mendapatkan perhatian cukup, dari media mainstream.


  1. Keakuratan dan Etika

Seperti jurnalis konvensional, Blogger Jurnalis juga perlu untuk menjaga keakuratan informasi yang disampaikan. Kita diharapkan untuk, mengikuti standar etika jurnalistik. Misalnya seperti mengungkapkan sumber informasi, menghindari konflik kepentingan, dan memisahkan fakta dari opini.


Dalam kesimpulannya, Blogger Jurnalis merupakan individu yang menggunakan platform blogging. Tentunya untuk menyampaikan berita, laporan, dan opini kepada pembaca. Yakni dengan fokus pada keakuratan, relevansi, dan keterbukaan informasi. Artinya, sebagai media indie yang lebih terbuka secara perspektif luas. Memiliki peran penting, dalam media digital. Membantu mengisi celah, pada liputan berita konvensional.



Demikianlah artikel dari Kami EKA BKJ yang membahas tentang, Blogger Jurnalis. Berkaitan dengan, pengertian dan karakteristik. Sehingga, dapat berguna bagi Anda para pembaca. Demi, memperdalam dunia blogging dan jurnalistik. Mendalami seputar media cyber, yang dapat menambah wawasan dan meningkatkan skill. Oke Guys, sekian dari Ratu Eka Bkj dan terimakasih. 




KERJASAMA BISNIS, Mulai Klik Hubungi Kami via Whatshap 
0895367203860 
Owner, Founder, CEO
= 085704703039 
Customer Service


DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =


0481723808

EKA APRILIA.... BCA


0895367203860

EKA APRILIA, OVO





0 Response to "Pengertian Blogger Jurnalis dan Karakteristiknya, Jalan Sukses Media Indie! "

Post a Comment

Iklan Dalam Artikel

Iklan Adnow

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow