(Bisnis Komunikasi Jaringan), "Solusi Kerjasama!"

Pengertian Copywriting dan Ciri-Cirinya, Modal Sukses Jadi Copywriter!


Pimpinan Media & Editor : @Ratu Eka Bkj 

Penulis : @Lia Ekasari 



EKA BKJ - Copywriting merupakan suatu bidang penulisan, yang ditekuni banyak orang. Bahkan, generasi muda yang hobi menulis terjun ke dunia ini. Terlebih, tidak sedikit yang sengaja belajar menulis. Demi, memasuki industri copywriting yang menjanjikan. Bukan hanya sekedar hobi. Akan tetapi, sektor yang memang menguntungkan. Baik secara karir maupun finansial. 


Disamping untuk mengisi waktu luang. Tentunya, juga bisa memperoleh cuan lho! Bahkan, karir yang profesional dan bonafit. Tidak hanya itu, pun akan membantu kalian mengasah kemampuan menulis. Terlebih, memahami berbagai niche dan mendapatkan wawasan yang luas. 


Bagaimana, sangat menarik bukan? Yups tentunya dong. So, bagi kalian yang ingin menjadi copywriter sukses. Maka, tidak boleh menulis Copywriting dengan sembarangan. Harus mengetahui keilmuan,  mengenai bidang ini. Oke, agar lebih jelasnya yuks simak pemaparan Kami EKA BKJ di bawah Guys! Cekidot.



Pengertian Copywriting

Copywriting adalah bentuk penulisan iklan yang memikat dan persuasif, untuk mempengaruhi audiens. Supaya, tertarik dengan suatu produk atau brand. Sejenis penulisan yang berguna, untuk membangun branding. Bertujuan, dalam mempromosikan suatu barang atau jasa. Demi, terciptanya brand awareness dan citra positif pada produk. 


Copywriting akan dibuat semenarik mungkin. Demi, menunjukkan nilai dan manfaat dari suatu barang atau jasa. Guna, membuat masyarakat tertarik pada produk. Kemudian, membeli dan menggunakan-nya. Alias, terjadi closing pembelian dari customer.


Tanpa kita sadari, pernah membeli dan menggunakan produk setelah membaca iklan di media sosial, bukan? Yups, itulah copywriting yang berhasil. Mampu memikat calon customer, melalui branding yang kita bangun. Jadi, untuk kalian yang ingin menjadi Copywriter. Maka, jika membuat iklan harus tepat sasaran dan meyakinkan. 


Era digitalisasi seperti saat ini, maka copywriting sangatlah penting. Memiliki peran yang signifikan, dalam memasarkan barang ataupun jasa. Tidak dapat dipungkiri, dengan infrastruktur website atau blog dan media sosial. Diantaranya seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, YouTube. Maka, semakin mudah untuk menyebarluaskan jangkauan iklan. Dengan begitu, tentunya dapat memperbanyak konsumen yang datang.


Selain itu, pekerjaan copywriting juga sangat fleksibel. Tidak terbatas ruang dan waktu. Bisa kita lakukan dimanapun secara virtual. Baik menulis di kantor, rumah, coworking space, coffee shop, dan semacamnya. Asal terhubung dengan internet, semua tugas dapat beres. Bahkan, saat ini banyak perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan copywriting secara remote. 


Yups, jadi tidak perlu ribet bolak-balik rumah-kantor. Dengan begitu akan hemat tenaga, biaya, dan tentunya bisa dikerjakan kapan saja. Namun, kalian harus ingat Guys. Jika menjadi seorang Copywriter, tidak boleh asal membuat iklan. Harus kreatif dan mampu meyakinkan. Agar, iklan bisa menarik konsumen. 



Elemen Copywriting

Copywriting memiliki beberapa elemen penting, yang harus kalian ketahui. Berguna, untuk membantu Anda membuat iklan. Agar, bisa menarik dan mempengaruhi konsumen. Sehingga, mereka mengambil keputusan untuk membeli dan menggunakan produk yang ditawarkan. So, berikut beberapa elemen-elemennya antara lain: 


  1. Headline

Elemen pertama ini, sangat penting dalam pembuatan copywriting. Karena, headline akan berfungsi untuk menarik perhatian calon konsumen. Biasanya, terletak di bagian paling atas pada iklan. Seringkali memiliki ciri-ciri khusus. Yakni, ditulis dengan huruf paling besar diantara yang lainnya dan ditebalkan. Harus menuliskannya secara singkat, padat, jelas dan menarik. Agar, konsumen penasaran dan mau membaca tulisan kita hingga selesai. Misalnya:

PENGEN BIKIN WEBSITE DENGAN GAMPANG?


  1. Value Proposition

Pada elemen kedua, kalian harus menjelaskan value proposition. Karena, tujuan dari copywriting untuk mempersuasi calon konsumen. Maka, harus memaparkan kelebihan produk yang mendasari  mereka perlu membeli dan menggunakannya. Menulisnya secara spesifik, relevan, dan menarik perhatian. Agar, calon konsumen benar-benar memiliki respon baik terhadap produk yang kita iklankan. Contohnya: 

“Murah, Cepat, Terpercaya”.


  1. Body Copy

Elemen ketiga, harus menjelaskan terkait solusi yang ditawarkan, fitur dari produk atau jasa, testimoni konsumen, dan lain sebagainya. Pada body copy, kalian harus membuat tulisan yang mudah dipahami. Tentunya, menarik dan fokus pada kebutuhan serta keinginan para calon konsumen. Misalnya seperti:

“EKA BKJ Solusinya!”


  1. Call To Action

Keempat yaitu call to action, mengenai tentang pembuatan frasa. Frasa berfungsi memberikan ajakan, kepada calon konsumen untuk melakukan suatu tindakan. Agar, mereka memiliki keinginan untuk membeli dan menggunakan produk yang kalian iklankan. Contohnya: 

“Dapatkan penawaran eksklusif, coba sekarang!”.


  1. Tone Of Voice

Tone Of Voice yang merupakan elemen kelima, juga tak kalah penting. Harus menggunakan gaya bahasa dan nada, yang sesuai dengan calon konsumen. Agar, iklan relate dan dapat diterima oleh para calon konsumen. Misalnya, jika target kalian generasi muda dapat menggunakan sapaan seperti: Cuy, Guys, Bro, Sob. Semua gaya bahasa tersebut, sah-sah saja untuk generasi muda. Namun, jika digunakan untuk orang tua kurang tepat. Jadi, kalian harus bisa memilah.


  1. Unique Selling Proposition

Elemen unique selling proposition, Anda harus memberikan penjelasan akan bedanya produk dengan pesaing. Pada saat menunjukkan perbedaan perlu bersifat spesifik, jelas, menarik dan sesuai dengan kebutuhan target. Contohnya seperti: 

Full konsultasi, garansi 100%, produk luncuran terbaru yang inovatif.


  1. Scarcity

Pada elemen Scarcity, kita dapat menuliskan iklan dengan metode kelangkaan. Supaya, bisa menyentuh emosi calon konsumen secara efektif. Dengan begitu, mereka dapat khawatir jika melewatkan produk terbatas. Tentunya mereka terhipnotis, segera membeli dan menggunakan produk. Contohnya seperti: 

“Cepetan Guys! Ini hanya berlaku untuk sepuluh orang pertama!”


Proses membuat copywriting, sangat mempertimbangkan gaya bahasa. Terutama, diksi yang komunikatif dan persuasif. Sehingga, mampu memikat dan meyakinkan. Tentunya, sesuai dengan target pasar. Sanggup menarik emosional, para calon konsumen. Dengan begitu, kita akan mendapatkan umpan balik dari mereka.



Ciri-Ciri Copywriting

Copywriting adalah penulisan iklan yang dibuat, untuk mempromosikan barang atau jasa. Tentunya, memiliki ciri-ciri khusus yang membedakan dengan konten lain. Baik secara isi maupun gaya bahasa. So, berikut beberapa ciri-cirinya antara lain:


  1. Gaya Bahasa Menarik, Memikat, Persuasif dan Komunikatif

Penulisan copywriting, memiliki gaya bahasa yang menarik. Sanggup memikat, pandangan mata yang membacanya. Menggunakan pendekatan diksi, yang persuasif dan komunikatif. Sehingga, lebih dekat dengan pembaca. Membuat calon customer lebih yakin, dan mantap membeli produk. Pembaca merasa enjoy, dan ingin terus membacanya. Tidak terasa jika sedang membaca iklan. Mereka tidak akan meninggalkan, konten kita begitu saja.


  1. Efektif

Iklan harus dibuat secara efektif. Tidak boleh bertele-tele. Karena, sebagian besar calon konsumen tidak suka berbasa-basi. Cukup singkat, padat, dan jelas.


  1. Informatif

Meskipun singkat, tetapi harus informatif. Sehingga, mereka akan mengetahui apa aksi yang harus dilakukan, ketika selesai membaca.


  1. Fokus

Iklan harus fokus, pada kebutuhan calon konsumen. Tidak perlu melebar kemana-mana. Karena, akan menimbulkan kesan berbelit-belit


  1. Membuat Penasaran

Tulisan harus membuat, calon konsumen penasaran. Dengan begitu, mereka akan terhipnotis untuk membeli dan menggunakan produk.


  1. Tidak Hiperbola

Jika membuat iklan tidak boleh hiperbola, alias berlebihan. Karena, membuat customer dapat kecewa jika iklan tidak sesuai dengan produk. Akhirnya, nanti konsumen malah tidak mau membeli produk lagi. 


Dengan memiliki ciri-ciri di atas. Maka, seorang Copywriter dapat membuat iklan yang bagus. Sehingga, banyak calon konsumen yang melirik produk kita. Tentunya, akan membeli dan menggunakannya. Terjadi closing pembelian, yang sesuai harapan. 



Demikian artikel dari Kami EKA BKJ yang membahas tentang, Copywriting. Mulai dari pengertian, elemen, dan ciri-ciri. Semoga dapat menjadi modal, agar kita berhasil sebagai Copywriter Profesional. Salam sukses dalam berkarya, para pejuang konten! Sekian dari Kami, dan terimakasih.




KERJASAMA BISNIS, Mulai Klik Hubungi Kami via Whatshap 
0895367203860 
Owner, Founder, CEO
= 085704703039 
Customer Service

DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =


0481723808

EKA APRILIA.... BCA


0895367203860

EKA APRILIA, OVO




0 Response to "Pengertian Copywriting dan Ciri-Cirinya, Modal Sukses Jadi Copywriter!"

Post a Comment

Iklan Dalam Artikel

Iklan Adnow

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow