(Bisnis Komunikasi Jaringan), "Solusi Kerjasama!"

Pengertian Blogger Observasi dan Karakteristik, Lengkap Dengan Proses dan Tujuan!

Blogger Observasi


Penulis : @Ratu Eka Bkj

CEO, Owner, Founder “EKA BKJ”


Blogger Observasi menjadi sub bidang blogging, yang menarik buat ditekuni. Berhubung dengan penulisan konten berbasis riset. Selain argumentasi yang sifatnya analisis, pun disertai data. Terjun langsung ke lapangan, dalam memperoleh informasi. Melalui pengamatan terhadap fenomena tertentu, di suatu wilayah. Kemudian, ditambah wawancara dengan narasumber terkait. Lalu, data mentah yang diperoleh diolah secara ilmiah. Jika telah siap, barulah diupload dan publikasi via website. 


Melalui proses yang sedemikian rupa, membuat Blogger Observasi lebih kredibel dalam menyajikan konten. Tidak hanya sekedar asumsi belaka. Namun, juga perspektif yang punya dasar kuat. Sehingga, dapat dipertanggungjawabkan secara profesional. Sangat menjawab kebutuhan pembaca, akan referensi yang berkualitas. Berbobot dengan data, dan analisa yang mendalam. So, untuk lebih jelasnya langsung cek pemaparan lengkap Ratu Eka Bkj yang di bawah Guys! Cekidot. 



Pengertian Blogger Observasi

Pengertian Blogger Observasi adalah metode penelitian kualitatif yang digunakan, untuk memahami fenomena sosial. Melalui pengamatan langsung, dan pengalaman pribadi seorang Blogger. Melibatkan penggunaan blog, sebagai alat untuk mencatat dan publishing. Hasil observasi, refleksi, dan analisis terhadap suatu fenomena yang diamati.

Blogger Observasi merupakan jenis konten yang dibuat oleh seorang Blogger, dengan melakukan pengamatan mendalam terhadap suatu fenomena, kejadian, dan situasi tertentu. Melakukan observasi langsung, mencatat, dan menganalisis berbagai aspek. Tujuannya, untuk memberikan pemahaman lebih mendalam kepada pembaca tentang topik yang diamati. Melalui pengamatan langsung, pengalaman, wawancara, analisis, dan menyajikan data.



Proses Blogger Observasi

Blogger Observasi melibatkan proses yang kompleks. Tentunya, secara detail dan mendalam. Baik untuk mengumpulkan data, maupun mengolahnya. Mulai dari mengamati fenomena langsung, pengalaman pribadi, wawancara, analisis, kroscek data, penyampaian perspektif, dan semacamnya. So, berikut beberapa Proses Blogger Observasi antara lain:


  1. Pemilihan Tema Blogging 

Peneliti memilih tema blogging untuk diamati. Berdasarkan pada fenomena, yang ingin diteliti. Menentukan minat dan pengalaman, yang relevan dengan subjek penelitian.


  1. Pengamatan Melalui Kajian Pustaka Secara Digital

Peneliti mulai mengikuti dan membaca blog, sebagai referensi untuk pengamatan Kajian Pustaka. Library Research secara digital, dengan memanfaatkan website sebagai rujukan. Mereka memperhatikan konten postingan, komentar, dan interaksi dengan pembaca lainnya. Selain itu, peneliti juga bisa menjadi bagian dari komunitas blogging tersebut. Tentunya, dengan berpartisipasi dalam diskusi dan kegiatan lainnya.


  1. Pencatatan Observasi

Peneliti mencatat observasi secara teratur dalam bentuk entri blog, catatan lapangan, dan jurnal penelitian. Observasi tersebut mencakup detail-detail tentang konten blog, reaksi pembaca, perubahan dalam topik dan gaya bahasa, serta hal-hal lain yang dianggap relevan.


  1. Refleksi dan Analisis

Peneliti melakukan refleksi terhadap observasi, yang telah dicatat. Demi mengidentifikasi pola, tren, dan tema yang muncul. Kemudian, menganalisis data secara mendalam. Agar, memahami makna di balik fenomena yang diamati.


  1. Validasi

Proses validasi dilakukan dengan, membandingkan temuan penelitian dengan teori dan penelitian terdahulu. Kemudian, mengonfirmasi hasil analisis pada Blogger lain atau anggota komunitas blog yang relevan.


  1. Identifikasi Topik Observasi Secara Langsung

Blogger memilih topik atau fenomena tertentu, yang ingin diamati dan diteliti lebih lanjut. Beragam tema mulai dari fenomena sosial, politik, psikologi dan antropologi, hukum, kehidupan sehari-hari, tren, budaya, agama, dan semacamnya. Sesuaikan juga dengan tema blogging. 


  1. Pengamatan Langsung

Melakukan observasi secara langsung, terhadap topik yang dipilih. Melibatkan metode penelitian kualitatif, dengan berbagai prosesnya. Diantaranya seperti pengamatan langsung di lapangan, wawancara dengan narasumber terkait, pengamatan online melalui sumber-sumber digital, pengalaman langsung, analisis, kroscek data, study banding, dan mengolah data. 


  1. Pencatatan Data

Selama proses observasi, Blogger perlu mencatat berbagai data dan informasi yang ditemukan. Berupa catatan tertulis, foto, video, rekaman audio yang relevan dengan topik pengamatan.


  1. Analisis Mendalam

Setelah mengumpulkan data, Blogger harus menganalisis informasi yang telah dikumpulkan. Mencakup mengidentifikasi pola, tren, dan temuan penting dari pengamatan yang dilakukan.


  1. Penulisan Konten

Hasil analisis dan temuan, dari observasi tersebut. Kemudian, akan disusun menjadi konten blog yang informatif dan menarik. Baik berupa artikel, laporan, argumentasi atau perspektif, essay, dan catatan pengamatan yang dibagi dengan pembaca.


  1. Berbagi Dengan Pembaca

Konten observasi tersebut, kemudian dipublikasikan di blog atau website. Agar, dapat diakses dan dibaca oleh publik. Terlebih, Blogger juga bisa membagikan hasil observasi melalui media sosial dan forum diskusi. Demi, mendapatkan tanggapan dan pendapat dari pembaca lain.


Kelebihan dari Blogger Observasi, termasuk kemampuannya untuk mendapatkan wawasan yang mendalam. Tentunya, mengenai pengamatan langsung dan pengalaman pribadi. Menjadi proses mental Blogger, dalam memperoleh data yang lebih relevan. Ditambah, fleksibilitasnya dalam menangkap perubahan dan dinamika digital. Terlebih, dapat memberikan referensi lebih kaya tentang berbagai fenomena yang diamati. Sehingga, bermanfaat bagi pembaca dalam memahami dunia di sekitar.



Karakteristik Blogger Observasi

Karakteristik Blogger Observasi yaitu blogging yang cenderung memperhatikan dan mengamati, fenomena sosial dan kejadian terkini. Melakukan riset dan pengamatan langsung di lapangan. Kemudian, melakukan analisis yang mendalam. Demi, menghasilkan data yang relevan dan dapat dipertanggungjawabkan. So, berikut beberapa karakteristik lengkapnya antara lain:


  1. Detail yang Teliti

Blogger observasi cenderung memperhatikan secara detail, dari situasi dan peristiwa yang diamati. Kita menangkap nuansa dan konteks, yang mungkin terlewatkan oleh orang lain.


  1. Pemikiran Analitis

Kita cenderung menganalisis fenomena yang diamati, secara mendalam dan kritis. Semua data dianalisis, dengan tajam dan cermat. Mencoba memahami alasan di baliknya, sebab, latar belakang, efek, dampak, dan implikasi secara detail.


  1. Pengamatan yang Tulus

Blogger observasi tidak hanya sekedar mencatat, apa yang mereka lihat. Tetapi, juga memahami dan merasakan situasi dengan tulus. Kita berusaha untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda, dan menggali makna lebih dalam.


  1. Keterbukaan terhadap Berbagai Sudut Pandang

Kita menerima berbagai sudut pandang, dan pendapat tentang suatu topik. Cenderung terbuka terhadap ide-ide baru. Siap untuk mempertimbangkan, perspektif yang berbeda.


  1. Kemampuan Menyampaikan Narasi yang Menarik

Blogger observasi mampu mengubah pengamatan, menjadi narasi yang menarik bagi pembaca. Kita menggunakan keterampilan penulisan, secara persuasif dan komunikatif. Demi, menjelaskan detail-detail yang kita amati. Tentunya, dengan cara yang memikat perhatian. Tidak bikin bosan. 


  1. Ketertarikan Pada Kehidupan Sehari-Hari

Kita tertarik pada hal-hal kecil, dalam kehidupan sehari-hari, yang mungkin terabaikan oleh orang lain. Melihat potensi dalam hal-hal sederhana. Demi, memberikan wawasan dan inspirasi bagi pembaca.


  1. Ketajaman Pengamatan

Blogger observasi memiliki kemampuan, untuk melihat hal-hal yang mungkin tidak terlihat oleh orang lain. Kita seringkali mampu menangkap nuansa yang tidak terbaca, oleh media konvensional. Sehingga, kita mengeksplorasi maknanya dalam konten blogging.


Melalui kombinasi keterampilan penulisan persuasif yang kuat, dan ketajaman dalam mengamati fenomena. Maka, seorang Blogger Observasi mampu menciptakan konten berkualitas yang relevan dan unik. Tentunya, dengan penyampaian yang menarik bagi pembaca.



Tujuan Blogger Observasi

Tujuan Blogger Observasi yaitu untuk menyajikan informasi yang akurat, relevan, dan bermanfaat kepada pembaca. Melalui pengamatan langsung, dan pengalaman pribadi. Dilengkapi dengan analisis, yang tajam dan mendalam. So, berikut beberapa tujuan utama dari Blogger Observasi antara lain:


  1. Memberikan Informasi Mendalam

Dengan melakukan observasi langsung, seorang Blogger dapat menghadirkan informasi yang lebih mendalam. Tentunya, dengan data yang detail dan terpercaya tentang suatu topik. Dibandingkan dengan hanya mengandalkan sumber-sumber sekunder, dan referensi secara online.


  1. Menghasilkan Konten yang Autentik

Pengamatan langsung yang dilakukan. Maka, membuat Blogger sanggup membuat konten yang lebih autentik dan asli. Karya yang disertai dengan perspektif kritis, dengan data berbobot. Sebab, berdasarkan pengalaman langsung dan riset di lapangan. Sehingga, sanggup meningkatkan kredibilitas dan daya tarik konten.


  1. Menyediakan Perspektif Unik

Melalui pengalaman pribadi, dan observasi langsung. Maka, seorang Blogger dapat menawarkan perspektif yang unik dan original. Tentunya, tentang suatu topik yang disampaikan. Sehingga, mampu membedakan konten kita dari yang lain. Sehingga, dapat menarik minat pembaca dan lebih dikenal.


  1. Memungkinkan Memperoleh Temuan Baru

Dengan mengamati dan riset secara langsung. Maka, seorang Blogger dapat menemukan fenomena baru yang menarik untuk disoroti. Mungkin tidak ditemukan, jika hanya melalui riset online. Membuat konten lebih menarik, dan bernilai tambah.


  1. Mendorong Interaksi dan Keterlibatan

Konten yang berbasis pada observasi langsung, dapat memicu diskusi dan interaksi antara Blogger dan pembaca. Sehingga, meningkatkan keterlibatan pembaca dan membangun komunitas di sekitar blog.


Dengan demikian, seorang Blogger Observasi dapat menyajikan informasi yang mendalam, autentik, dan bermanfaat kepada pembaca. Menawarkan perspektif yang unik dan kritis. Menjadi media alternatif, yang memberikan wawasan lebih luas. Sehingga, memicu interaksi dengan para audiens.



Demikianlah artikel dari Kami EKA BKJ yang membahas tentang, Blogger Observasi. Berkaitan dengan Pengertian, Karakteristik, Tujuan. Sehingga, dapat menambah wawasan bagi Anda seputar dunia blogging. Terlebih, menjadi referensi buat kalian untuk mendalami profesi Blogger. Tentunya, sebagai panduan dalam menapaki karir cyber writing. Oke Guys, sekian dari Ratu Eka Bkj dan terimakasih. 



KERJASAMA BISNIS, Mulai Klik Hubungi Kami via Whatshap 
0895367203860 
Owner, Founder, CEO
= 085704703039 
Customer Service

DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =


0481723808

EKA APRILIA.... BCA


0895367203860

EKA APRILIA, OVO




0 Response to "Pengertian Blogger Observasi dan Karakteristik, Lengkap Dengan Proses dan Tujuan! "

Post a Comment

Iklan Dalam Artikel

Iklan Adnow

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow