Penulisannya Menarik Unik SEO, Harga Sesuai Kualitas-nya Bro

Pengorbanan Pengusaha dan Member E-Commerce





Oleh_@Ratu Eka Bkj

Founder PenulisanEkaBkj.com

Founder EKABKJ.com


Kenapa sih di dunia E-Business  itu harga pasarannya minim banget???

Contohnya:

          Marketplace seperti Bukalapak, Shopee, Lazada, dan lain-lain.
Sering banget memberikan banyak diskon. Belum lagi, terkadang masih diberikan gratis ongkir. Bahkan, saya pernah bandingkan harga kosmetik wardah dan jas blazer. Marketplace memberikan harga lebih murah dibandingkan toko atau pasar offline. Padahal, ini brand-brand marketplace yang sekelas situs besar low.


        Ojek Online seperti Gojek, Grab, dan lain-lain
Bayangkan saja, bisnis sekelas bonafit kayak gitu masak harga transpornya lebih murah dibandingkan ojek pangkalan. Seperti halnya kisah nyata saya:
Naik ojek online dari terminal Patria Blitar ke rumah orang tua saya Sukorejo Jalan Tanjung itu hanya 6 ribu rupiah. Sedangkan, naik ojek pangkalan yang belum professional saja harganya sekisar 15 sampai 20 ribu.

KENAPA HARUS KEBALIK KAYAK GITU???

                   Digital Marketing dan Writing Business seperti yang saya geluti saat ini atau para mitra lain yang menekuninya. Harga pasaran content writing, misalnya. Ya segitu-gitu saja. Kalau mau naik dikit aja gitu, udah banyak saran yang masuk.

      Jujur nih, dalam pikiran dan hati yang terdalam. Sebenarnya, kondisi ini membuat kami para Pebisnis di bidang e-commerce beserta member tertekan.

Contohnya:

   Saya pernah kroscek komen-komen Driver ojek online dengan brand Grab di playstore. Banyak diantara mereka yang mengeluhkan terkait pendapatan. Terkadang pendapatannya belum bisa mencukupi kebutuhan.

       Nadien Makarim owner Gojek, dalam seminarnya yang saya saksikan di youtube. Ketika ditanya oleh salah satu audien tentang 
 “Dengan harga segitu, dan masih sering memberikan diskon apakah perusahaan bisa mendapatkan keuntungan?”  

     Dia menjawab bahwa, timnya sedang menabung jalan mendapatkan keuntungan (Loyalitas customer). Bahkan dirinya berharap, kompetitor dapat membuat harga yang realistis. Intinya, sementara mereka masih sangat menekan dan banting harga. Keuntungan-pun sangat minim.

       Point yang menjadi problemnya adalah:
Ini bisnis, produk berbasis IT merupakan hasil intelektual dan professional. Namun, mengapa pasaran harganya sangat minim?

         Padahal untuk mencetuskan demikian membutuhkan waktu bertahun-tahun dan finance berjuta-juta. Harus mengerahkan seluruh ide, pikiran, hati, tenaga, dan uang baik secara otodidak dan pendidikan formal.

LALU, MANA APRESIASI YANG SEHARUSNYA DIPEROLEH?

     Bisnis itu dibuka bertujuan untuk meningkatkan ekonomi Bangsa, Negara, dan Rakyat. Lalu, kalau pasarnnya saja sangat minim. Bagaimana bisa meningkatkan sektor ekonomi?

 Bagaimana bisa Pengusaha mensejahterakan member, agar ekonominya meningkat? Jika perusahaan atau bisnisnya saja harus terus banting harga? 
Bahkan kadang menutupi kebutuhan bisnis dengan uang pribadi.

LALU, BAGAIMANA SEKTOR EKONOMI BANGSA BISA MENINGKAT?
JIKA HARUS TERUS BANTING HARGA

       Kita tentu pernah jadi konsumen di bidang e-business. Contohnya ojek online, marketplace, digital marketing dan writing business. Saya juga pernah seperti Anda menjadi customer. 
       Mungkin, kita dengan puasnya menikmati produk. Nyaman dengan layanan dan fasilitas yang diberikan. Namun, kepuasan tersebut hanya perlu kita bayar dengan harga yang minim.

        Tetapi, apakah kita tidak pernah berfikir “APAKAH KITA BISA MENIKMATI KEPUASAN DI ATAS KERINGAT SESEORANG YANG TIDAK SETARA?”

Owner dan perusahaan yang banting harga.
Karya intelektual bisnis yang bertahun-tahun dicari susah payah dan berjuta-juta baik otodidak maupun pendidikan formal. Tapi minim apresiasi.
Member / Anggota yang harus capek bersusah payah tetapi belum sejahtera. Bahkan, terkadang ekonominya tidak sepenuhnya terpenuhi.

MUNGKINKAH SEBAGAI CUSTOMER
KITA PERNAH BERFIKIR DEMIKIAN?

      Kalau BBM yang naik sih, kita bisa protes ke Pemerintah.
           Tetapi, kalau pasaran produk internet yang kayak gitu banting harganya. Mau protes sama siapa??? 

DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =

0177-01-042715-50-9

EKA APRILIA.... BRI...

0895367203860

EKA APRILIA, OVO


2 Responses to "Pengorbanan Pengusaha dan Member E-Commerce"

  1. Iya benar. Sebagai customer, kita juga perlu memikirkan kesejahteraan orang lain, yakni mereka yang menjadi karyawan.
    Harga pasaran produk jangan terlalu ditekan.

    ReplyDelete

Iklan Dalam Artikel

Iklan Adnow

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow

loading...