(Bisnis Komunikasi Jaringan), "Solusi Kerjasama!"

Cara Menulis Artikel Menarik dan SEO Paling Ampuh, Ala EKA BKJ


Konseptor = @Ratu Eka Bkj

Penulis = @Suryani D'syams


Cara Menulis Artikel - Menulis itu gampang-gampang susah. Gampang kalau Anda menguasai tema yang akan ditulis. Susah apabila tidak menguasai temanya, hal ini kadang menuntun pada yang namanya writer block. Yupz, bengong berlama-lama tanpa menghasilkan satu kalimat yang pas.


Atau kadang Anda sudah selesai menulis tapi mendapat predikat Kurang bagus dari Editor. Pernah mengalami yang demikian? Jika pernah, jangan khawatir. Terpenting simak point-point di bawah ini, cara menulis artikel menarik dan SEO ala kami EKA BKJ akan menjadi solusi buat Anda. Dijamin topcer untuk mengdongkrak artikel Anda menjadi lebih produktif dan menarik dari sebelumnya.

 

1. Memiliki Gaya Bahasa

Setiap Penulis harus memiliki ciri khas yang berbeda satu sama lain, terutama dalam gaya bahasa. Atau cara seseorang mengungkapkan ide pendapatnya dalam suatu hal melalui tulisan yang menunjukkan sisi kepribadian, pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dari Penulis.

2. Tulisan Natural

Maksud dari penulisan natural adalah bebas dari yang namanya copy paste. Asli karya sendiri atau dengan pemikiran, tanpa campuran dari pengaruh gaya tulisan lainnya.

3. Kembangkan Ide

Sebelum membuat artikel, pastikan Anda sudah memiliki point-point apa saja yang akan ditulis. Hal ini memudahkan Anda mengerjakan tulisan, agar tersusun secara sistematis dan sinkron antar bab maupun paragraph. Caranya dengan mengembangkan ide, baik itu berdasarkan pengalaman pribadi maupun menurut realitas fenomena yang ada di sekitar kita.

3. Diksi yang Menarik

Diksi atau pemilihan kata yang menarik sangatlah penting untuk digunakan dalam tulisan apapun, termasuk artikel. Caranya, dengan banyak-banyak membaca dan juga memperkaya pengetahuan kosakata yang dimiliki. Biasanya dalam menentukan diksi, setelah membuat artikel silahkan dibaca kembali artikel yang dibuat. Lalu, Anda akan menemukan suatu kalimat atau kata yang bisa diganti dengan kata lainnya untuk lebih menarik.

4. Unik, Bebas Plagiat

Artinya, tulisan memang benar-benar karya sendiri. Unik maksudnya berbeda dari yang lain. Jelas, kita adalah Penulis tentu memiliki ciri khas gaya bahasa yang berbeda dengan Penulis lain tanpa melakukan plagiat isi tulisan.

5. Gaya Bahasa Semi Formal

Dalam EKA BKJ digunakan gaya bahasa semi formal yang artinya tulisan bersifat baku, namun asyik dibaca oleh orang lain. Sehingga, Pembaca tidak bosan dan mudah menangkap informasi yang dijelaskan dalam sebuah karya tulisan.

6. Perhatikan Tanda Baca

Hal ini sangat penting dalam menulis sebuah artikel. Baik itu penempatan tanda titik, koma, huruf capital dan bukan capital, tanda tanya, tanda seru dan lain-lain. Agar tulisan Anda tersampaikan dengan baik kepada Pembaca.

7. Penulisan Sistematis

Cara menulis artikel dengan sistematis, rapi, tertata sesuai urutan artinya antar alinea atau paragraph memiliki sinkron yang baik. Dimana pembahasan tidak akan terkesan ngalor ngidul dalam penyampaiannya.

8. Memperkaya Kosa Kata

Seperti yang dijelaskan dalam point ke empat, memperkaya kosakata adalah hal penting agar tulisan menjadi bagus dan menarik. Banyak-banyak membaca terutama dalam tulisan jenis artikel ya, bukan novel saja. Hal ini akan membantu Anda mengetahui cara menyusun dan memilih diksi yang menarik. Bisa memperkaya kosa kata dengan kamus bahasa juga.

9. Tulisan Netral

Artinya tulisan yang kita buat tidak mengandung unsur SARA, hal ini merupakan point penting dalam setiap artikel. Sebab jika mengandung unsur SARA artikel memiliki sifat provokatif di dalamnya. Netral disini berarti, juga tidak boleh mengandung diskriminasi perempuan. Misalnya saat membahas tema tetang memasak atau buah hati, jangan membuat sudut pandang atau sapaan Ibu. Ganti dengan sapaan, Anda. Supaya artikel tidak diskriminasi perempuan dan juga netral. Pastikan juga artikel tidak memihak kelompok tertentu.

10. Memakai Tools Keyword Berkredibilitas, Google Keyword Planner

Google Keyword Planner adalah fitur di Goolge Ads yang sama dengan workshop untuk kampanye Search Network baru kita. Dimana fitur ini berfungsi untuk mengetahui tulisan dengan kata kunci, statistik histori dan perkiraan traffic dalam menyajikan artikel untuk dinikmati banyak orang.

11. Memahami Google Trends

Google trends adalah grafik statistic pencarian web yang menampilkan popularitas trending topic dalam waktu tertentu dimanapun. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh Penulis untuk turut serta menulis dan memilih tema yang sedang trend.

12. Paham SEO Keyword General dan Long Tile Keyword

SEO Keyword General adalah keyword umum / utama yang digunakan merata dalam pembuatan artikel yaitu biasanya dilakukan pengulangan dalam jumlah tertentu. Long Tile Keyword adalah kata kunci turunan dari keyword utama, bisa lebih dari satu kata kunci.

 

13. Memilih Pengulangan SEO Keyword General dan Mix Long Tile Keyword

SEO Keyword General merupakan pengulangan yang biasanya kita gunakan mulai dari 3 sampai 4 kali pengulangan dalam setiap artikel, tentunya harus disebar secara merata. Sedangkan, untuk Mix Long Tile Keyword ini agak lebih rumit bagi yang belum terbiasa. Pasalnya, kata kunci terdiri lebih dari satu, bisa tiga, empat atau lebih dan penempatannya harus disebar secara merata dalam artikel.

12. Menggunakan Tools Cek Plagiat Kredibel

Dalam EKA BKJ kita menggunakan tools cek plagiat dari smallseotools.com dan copyspace.com. Setelah selesai menulis artikel, pastikan Anda mengecek hasilnya di tools plagiat tersebut. Agar artikel Anda menjadi berkualitas dan bebas dari plagiat.


Demikian tips dahsyat Ala EKA BKJ terkait Cara Menulis Artikel Menarik dan SEO yang kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi Anda, khususnya untuk semua Penulis baik pemula maupun lama. Serta, menjadi koreksi kita selama ini dalam menulis artikel supaya lebih berkualitas dan unik. Sekian dari kami ya Pemirsa, terimakasih. Selamat mencoba trik ampuh ini!


DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =

0177-01-042715-50-9

EKA APRILIA.... BRI...

0895367203860

EKA APRILIA, OVO


8 Responses to "Cara Menulis Artikel Menarik dan SEO Paling Ampuh, Ala EKA BKJ"

  1. Akan saya coba kak terimakasih infonya..🤗🤗

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alkhamdulillahirrobbil'alamin.
      Semoga bermanfaat solutif dan berkah gan, Amin ya robbal'alamin.
      Selamat mencoba gan!
      @Muchammad Alwi Hidayat

      Delete
  2. Makasih kak membantu 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alkhamdulillahirrobbil'alamin.
      Selamat mencoba dan semoga sukses berkah gan. Amin ya robbal'alamin. @yukberkarya.com

      Delete
  3. Membantu artikelnya nanti bisa saya coba nih kalo buat artikel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alkhamdulillahirrobbil'alamin.
      Selamat menerapkan tips dari kami gan!
      Semoga bermanfaat solutif dan berkah, Amin ya robbal'alamin

      Delete
  4. Mantap ini ulasannya. Good job.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alkhamdulillahirrobbil'alamin.
      Oke gan terimakasih 🤩🤝

      Delete

Iklan Dalam Artikel

Iklan Adnow

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow