Penulisannya Menarik Unik SEO, Harga Sesuai Kualitas-nya Bro

Mau Tahu Cara Buat Proposal Bisnis yang Tepat? Menarik Ala EKA BKJ



Konseptor = @Ratu Eka Bkj
Penulis = @Chosiatul Marfiin 

Proposal Bisnis – Seseorang yang sedang merintis sebuah bisnis, pastinya membutuhkan modal tidak sedikit dalam menjalankani usahanya. Namun, bagaimana kalau Anda tidak punya modal ataupun kekurangan modal dalam pengembanganya? Padahal ide usaha tersebut keren dan diprediksi akan disukai banyak konsumen? Jangan khawatir, banyak jalan menuju roma. Kali ini akan kami berikan cara, agar  Anda bisa mendapatkan modal dengan membuat proposal bisnis. Proposal berguna untuk mencari para Investor atau pemilik modal, agar meminjamkan modal atau menanamkan saham dan mau bekerjasama dengan Anda. Lalu, bagaimana cara membuat proposal bisnis yang tepat dan menarik? Sehingga, bisa memikat para Investor untuk memberikan kepercayaannya kepada Anda dengan memberikan modal? Yukz, ikuti artikelnya lebih lanjut.


Format Penulisan Proposal Bisnis 

Proposal bisnis sangat penting untuk dijadikan, salah satu jalan mendapatkan modal usaha yang akan Anda rintis. Terdapat banyak instansi yang senantiasa membantu  dalam mengatasi masalah permodalan serta bimbingan. Diantara instansi tersebut adalah Menpora, BUMN, Kemenristekdikti, Yayasan Bina Usaha Indonesia, serta instansi lainnya. Ada banyak pemilik modal yang ingin menginvestasikan uangnya. Banyak hal yang bisa Anda manfaatkan dari keadaan tersebut untuk mendapat modal usaha. Nah, oleh karena itu Anda perlu membuat rencana usaha yang dituangkan ke dalam proposal bisnis. Baik buruknya sebuah proposal akan menjadi pertimbangan para Investor dalam memberikan modalnya kepada Anda. So, point-point yang harus Anda perhatikan dalam pembuatan proposal bisnis yang tepat, adalah sebagai berikut: 

Pendahuluan

Bagian ini adalah sesi pengenalan. Sehingga, Anda bisa menguraikan latar belakang usaha yang akan  didirikan. Terlebih ingat, jangan lupa mencantumkan visi dan misi dari usaha yang hendak Anda dirikan. 
              

Profil Sebuah Badan Usaha

Tulislah profil badan usaha dalam proposal bisnis yang meliputi: 
Jenis Usaha: Jelaskan secara singkat, padat, dan juga jelas. Anda bisa menggabarkan dalam bentuk  listing ataupun dengan uraian.
 Nama Perusahaan: Memilih nama brand yang tepat akan menjadi pengaruh cukup besar dari  keberlangsungan usaha Anda kelak. Carilah nama yang mudah diingat oleh calon pelanggan Anda.    Anda bisa menjelaskan mengapa brand tersebut Anda jadikan nama perusahaan.
Lokasi Tempat Usaha: Memilih tempat yang tepat merupakan hal penting. Karena, akan mendukung berjalannya usaha yang akan Anda dirikan. Disini Anda bisa membuat denah maupun peta, bertujuan memudahkan calon Investor melihat lokasi dan situasi yang Anda pilih.

Struktur Jabatan

Dengan mencantumkan Struktur Jabatan perusahaan akan memberikan pandangan kepada Investor, bahwa usaha Anda memiliki sistem managerial yang baik. Disini Anda bisa menuliskan pemilik usaha, pengelola, marketing dan hal yang berhubungan dengan struktur perusahaan. Dengan hal itu, Investor akan tahu sistem apa yang digunakan dalam usaha Anda. Misalnya, kerjasama Franchise atau Business Owner.

Produk Usaha

Tulislah produk usaha seperti apa yang Anda hasilkan, meliputi:
Produk: Jelaskan produk apa yang akan Anda pasarkan.
Pembuatan Produk: Di bagian ini jelaskan secara rinci proses pembuatan produk yang dihasilkan dari usaha Anda.
Keunggulan Produk: Cantumkan keunggulan produk yang Anda hasilkan dibandingkan dengan perusahaan lain. Sehingga, mampu bersaing di pasaran dan menjadi nilai inovasi tersendiri.
   

Target Pasar 

Tuliskan target pasar yang Anda tetapkan dalam pemasaran produk. Contohnya: Daerah, umur, maupun kelas atau kemampuan masyarakat menengah ke atas atau ke bawah.

Promosi dan Sasaran 

Jelaskan strategi promosi apa yang Anda gunakan dalam meningkatkan pengembangan usaha, beserta sasaran atau target marketnya.

Laporan Keuangan

Tuliskan alokasi dana, perhitungan bagi hasil yang akan Anda terapkan dalam usaha nantinya. 

Penutup

Dalam bab ini Anda bisa menuliskan kembali hal-hal yang akan meyakinkan para Investor, agar  meminjamkan modal kepada Anda. Jangan lupa menambahkan doa dan harapan dalam proposal yang Anda ajukan serta ucapan terimakasih.

Lampiran

Bab ini menjadi pendukung dan menambah keyakinan calon Investor. Sertakan beberapa dokumen pendukung seperti: Pemilik usaha, surat izin usaha, surat perjanjian usaha dan sertifikat usaha. 

Selain itu, yang harus Anda perhatikan setelah point-point di atas adalah penggunaan kertas. Harus menggunakan dengan format A4 atau F4. Atur space 1,5 dan margin rata kanan kiri. Agar terlihat rapi dengan menggunakan ukuran atas 3 cm, kanan 3 cm, bawah 3 cm, kiri 4.



Tips Dahsyat Mengemas Proposal Bisnis Menjadi Menarik Ala EKA BKJ

Setelah mengetahui cara menulis proposal bisnis yang tepat. Selanjutnya, Anda harus mengetahui tips dahsyat dari kami EKA BKJ. Supaya proposal Anda menjadi menarik di mata Investor dan membuatnya yakin untuk bekerjasama dengan Anda. So, berikut ini tips mengemas proposal bisnis menjadi menarik ala kami:

1.Menggunakan Gaya Bahasa yang Meyakinkan

Dalam membuat proposal bisnis, gunakanlah gaya bahasa yang sangat meyakinkan para Investor. Agar mereka lebih mantap menjalin kerjasama dengan Anda. Gunakan bahasa yang singkat, padat dan jelas serta memikat para Investor. Pastikan didukung dengan bukti dokumen yang resmi dan meyakinkan.

2. Perincian Keuangan yang Jelas dan Logis

Dalam rincian keuangan yang Anda cantumkan harus jelas, logis dan sesuai dengan kenyataan tidak perlu terlalu mengada-ada. Jumlahnya harus realistis dan sesuai dengan operasional yang dibutuhkan.

3.Peluang Bisnis yang Strategis, Pertimbangan Resiko Lebih Rendah

Carilah bisnis stategis yang banyak diminati konsumen dan memiliki resiko lebih rendah. Agar Investor lebih mantap dalam menginvestasikan modalnya di bisnis Anda. Dengan peluang bisnis yang strategis, tentu perjalanan usaha ke depan pun akan menjanjikan dan menguntungkan.

4.Mencantumkan Denah, Struktur Jabatan, dan Foto-Foto Pendukung

Mencantumkan denah lokasi sangat penting dilakukan. Agar Investor bisa melihat lokasi strategis atau tidak, untuk usaha Anda nantinya. Struktur jabatan dan foto-foto pendukung lainnya, harus Anda cantumkan di dalam proposal bisnis. Guna meyakinkan para Investor, bahwa usaha yang akan Anda jalankan terorganisir dengan baik.

5.Membuat Proposal Bisnis Dengan Planning Mantap

Buatlah planning yang matang sebelum membuat proposal. Fikirkan berbagai macam kemungkinan, agar di dalam proposal Anda lebih menarik dibaca oleh para Investor yang dituju. Kematangan sebuah bisnis akan berdampak pada kemantapan kerjasama antara Anda dan Investor.

Artikel yang telah dibahas di atas semoga bisa memberi manfaat bagi Anda para Pembaca. Sehingga, dapat membuat proposal bisnis dengan tepat dan menarik. Supaya proposal yang Anda buat bisa diterima para Investor untuk bekerjasama dengan Anda dan mengatasi masalah permodalan. Selamat mencoba para Pebisnis Milenial!


DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =

0177-01-042715-50-9

EKA APRILIA.... BRI...

0895367203860

EKA APRILIA, OVO




2 Responses to " Mau Tahu Cara Buat Proposal Bisnis yang Tepat? Menarik Ala EKA BKJ"

  1. sangat bermaafaat bagi yang belum pandai menyusunn proposal, bisa jadi referensi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih gan.
      Dan, selamat mencoba Tips dari kami.

      Delete

Iklan Dalam Artikel

Iklan Adnow

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow

loading...