Penulisannya Menarik Unik SEO, Harga Sesuai Kualitas-nya Bro

Apa Itu Arti Bug Dalam Dunia Komputer? Nih Jawabannya





Web Developer = Ratu Eka Bkj
Penulis = Icha Lia Sari


Arti Bug – Anda yang terbiasa dengan dunia komputer, pasti sudah mengetahui apa itu pengertian bug. Yups, betul sekali. Bug merupakan suatu kesalahan program dikarenakan perangkat lunak ataupun perangkat keras, sehingga komputer tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Meskipun dalam bahasa Inggris arti kata bug adalah “kutu busuk”, namun biasanya dalam dunia komputer sering dikenal dengan suatu kesalahan. Yeah, begitulah Pemirsa. Meskipun tekhnologi industry 4.0 telah berkembang pesat, namun juga ada yang mengalami kesalahan dalam pembuatannya.


Biasanya kesalahan-kesalahan tersebut, bukan hanya menyebabkan komputer tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Namun, bug juga bisa mengakibatkan suatu komputer tidak dapat digunakan lagi. Bagaimana, sungguh mengerikan bukan? Maka dari itu, jika Anda seorang Programmer harus mengetahui mulai dari faktor-faktor, tingkatan kesalahan dan juga macam-macamnya. Dengan begitu, maka Anda dapat meminimalisir adanya bug. Serta, memprioritaskan kesalahan mana yang harusnya dibenahi. So, untuk lebih jelasnya simak artikel kami di bawah ini ya Guys! EKA BKJ bukan hanya menjelaskan arti bug, namun kami juga akan memberikan pemaparan terkait faktor penyebab, tingkatan kesalahan dan macam-macam bugs computer. Cakedot.

Faktor-Faktor Penyebab Bugs Computer

Cek Bug Host Online – Kesalahan-kesalah atau yang lebih sering dikenal sebagai arti bug, dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Jika tidak segera ditangani, tentu akan membahayakan komputer Anda. Nah, dengan mengetahui penyebabnya Anda dapat membuat analisa kesalahan dan segera bertindak mengatasi. So, berikut faktor-faktor penyebabnya:

1. Programmer
Pada dasarnya Programmer merupakan manusia biasa. Jadi, sudah pada kodratnya tidak ada yang sempurna. Begitupun mereka dalam membuat sebuah software ataupun hardware, juga dapat mengalami kesalahan. Yang mana, seorang Programmer tidak semua adalah pakar domain. Mereka yang belum memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan domain, dapat melakukan pengcodingan. Namun, alasan utama penyebab bugs computer adalah karena kurangnya praktik pengkodean, pengujian unit, dan juga debugging. Selain itu, penjadwalan proyek pada perangkat lunak juga sulit dilakukan. Sehingga, membutuhkan banyak perkiraan. Nah, pada tenggang waktu yang biasanya kurang ini akan menyebabkan kecacatan dalam suatu program.

2. Coding yang Buruk
Kurangnya kesabaran dan keterbatasan waktu juga menyebabkan bugs computer. Bukan hanya itu, kurangnya pemahaman mengenai kelayakan teknis sebelum merancang pun bisa mengakibatkan kesalahan. Selain itu, coding yang buruk juga bisa menjadi salah satu faktor kesalahan-kesalahan dalam komputer Guys.

3. Miskomunikasi Tim
Faktor lain yang dapat menyebabkan adanya bugs computer yaitu, miskomunikasi tim. Dimana komunikasi antar pelaku kepentingan dan tim development, sesungguhnya menjadi salah satu keberhasilan dalam pembuatan sebuah program. Nah, jika dalam tim terjadi miskomunikasi maka akan menjadi pemicu kesalahan.

Tingkatan Bugs Computer Yang Wajib Anda Tahu! 

Jika di atas tadi telah membahas mengenai arti bug dan faktor-faktor penyebab, maka selanjutnya adalah tingkatan bug. Supaya Anda dapat membuat pertimbangan akan prioritas menangani masalah pada komputer. So, adapun tingkatan bug dalam sebuah komputer yaitu:

1. Trivia
Trivia merupakan tingkatan terendah dari arti kata bug dalam sebuah komputer. Yups betul sekali, Trivia memang salah satu tingkatan kesalahan terkecil dalam komputer. Dimana kesalahan tersebut dapat dikatakan tidak terlalu berpengaruh pada suatu system.  Misalnya saja seperti: Tampilan tidak sesuai dengan desain dari UI, penggunaan caption yang typo dan lain-lain.

2. Minor
Cek Bug Host Online – Minor merupakan tingkatan kesalahan menengah. Dimana tingkat kesalahannya bisa dikatakan penting, meskipun tidak berpengaruh besar terhadap suatu system. Misalnya, saat klik button log in yang seharusnya masuk ke dashboard justru menuju menu register. Pernah nggak tuh, Anda mengalaminya? Waow, sama ternyata. Pernah juga seperti itu.

3. Major
Major adalah tingkatan kesalahan menengah juga Guys. Yang mana, bisa dikatakan penting dan sangat berpengaruh terhadap suatu system. Contohnya: Ketika ingin add member baru dan klik save sistemnya memunculkan error, seperti bahasa mesin dan lain-lain. Benar-benar membuat bingung saat yang seperti ini muncul. Sama seperti saya, Guys. So, apa yang salah? Eh ternyata, sistemnya memang error. Jadi, jangan bingung ya ketika muncul masalah seperti itu.

4. Critical
Critical adalah tingkatan kesalahan tertinggi dalam komputer. Dimana kesalahan ini memiliki pengaruh besar terhadap suatu system. Sehingga, terkadang menyebabkan system benar-benar tidak bisa digunakan. Contohnya seperti: System sama sekali tidak dapat dibuka maupun digunakan. Namun tenang saja Guys, Anda tidak perlu khawatir karena jarang sekali kesalahan seperti ini ditemui.

 

Jenis-Jenis Bugs Computer 

Bagaimana sudah mengenal arti bug, berbagai penyebab dan tingkatan bug kan Guys. Nah, sekarang saatnya Anda mengetahui macam-macam bug dalam komputer. Adapun jenis bug tersebut, yaitu:

1. Devide by Zero
Devide by Zero merupakan salah satu dari macam-macam bug. Yang mana, jika dalam pembagian bernilai 0 maka system akan terhenti dan mengalami error.

2. Infinite Loop
Cek Bug Host Online – Salah satu dari macam-macam bug, yang satu ini disebabkan karena kesalahan penggunaan Loop. Sehingga, membuat suatu system menjalankan prosedur tanpa akhir.

3. Access Violation
Access Violation, terjadi ketika sebuah proses melewati batas yang diinginkan oleh system. Misalnya seperti: Menulis sebuah nilai pada memory, segmen, ataupun media yang diproteksi.

4. Memory Leak
Pengertian bug juga memiliki jenis bug yakni, Memory Leak. Dapat terjadi karena program gagal melepaskan memory yang sudah tidak digunakan lagi.

5. Buffer Overflow
Macam-macam bug yang terakhir, Buffer Overflow. Yakni, tempat penyimpanan sementara dalam teknik pemograman sudah tidak dapat menampung lagi dikarenakan kebanyakan data.

Demikianlah artikel dari kami EKA BKJ mengenai Arti Bug, Faktor Penyebab, Tingkatan dan Macamnya dalam dunia komputer. Semoga adanya artikel ini dapat bermanfaat dan membantu Anda sebagai Programmer. Untuk meminimalisir adanya bug, dan sanggup memprioritaskan kesalahan mana yang harusnya dibenahi terlebih dahulu. Bagaimana Guys, sekarang sudah tahu arti kata bug bukan? Ahhh, ternyata seperti itu. Yeah, begitulah. Sekian dari kami, dan terimakasih.






6 Responses to "Apa Itu Arti Bug Dalam Dunia Komputer? Nih Jawabannya "

  1. makasih gan infonya saya jadi tau apa itu bug dalam program komputer

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama gan.
      Semoga menjadi berkah, Amin ya robbal'alamin.

      Delete
  2. Informasi yang sangat membantu 👍

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Makasih gan.
      Semoga bermanfaat dan berkah, Amin ya robbal'alamin.

      Delete

Iklan Atas Artikel, Adnow

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow

loading...