Penulisannya Menarik Unik SEO, Harga Sesuai Kualitas-nya Bro

Tutorial Pemograman JavaScript Bagi Pemula, Nih Tips Ampuh Memahaminya!




Web Developer = @Ratu Eka Bkj
Penulis = @Icha Lia Sari

JavaScript Seiring berkembangnya tekhnologi informasi dan telekomunikasi, menuntut kita agar dapat mengikuti zaman di era industry 4.0 ini. Terlebih, banyaknya bermunculan bisnis dan pekerjaan baru yang bergerak di dunia digital. Salah satunya, karir dalam bidang website. Dapat kita lihat, sudah berapa banyak web ataupun blog yang terus berkembang saat ini. Banyak sekali bukan? Yap, betul banget Guys. Mulai dari blog gratisan, web domain custom milik pribadi, hingga website besar dari suatu media atau company.


Bagi Anda yang biasa bergelut di dunia website, tentu sudah tidak asing dengan satu ini. Yups, betul sekali. Hampir semua website saat ini menggunakan pemograman, JavaScript. Biasanya dalam suatu web, JavaScript difungsikan untuk menghubungkan script HTML dan CSS. Akan tetapi, bagi Anda yang proses belajar atau baru memasuki dunia website, tentu masih bingung mengenai Apa Itu JavaScript? Nah, sekarang Anda tidak perlu khawatir. Karena, untuk menjawab pertanyaan Anda tersebut maka Kami EKA BKJ akan memberikan solusinya. Demi mempermudah dan memperlancar Anda dalam bergelut di dunia website. Untuk lebih jelasnya, simak yang ada di bawah ini oke Guys!


Pengertian Pemograman JavaScript Yang Wajib Anda Tahu!

Untuk mengetahui lebih jauh mengenai JavaScript, Anda perlu berkenalan dulu apa sebenarnya pemograman satu ini. Pasalnya, jika tidak mengerti dasarnya terlebih dahulu akan sulit mempelajarinya lebih lanjut. Maka dari itu, ikuti terus artikel Kami! Dengan begitu, Anda bisa belajar mengenai Apa Itu JavaScript mulai dari dasarnya. Yukz, pantengin terus.

JavaScript adalah, bahasa komputer yang difungsikan pada web supaya lebih interaktif dan dinamis. Penggunaan JavaScript pada website yang berorientasi untuk kenyamanan pengakses sangat dibutuhkan. Tetapi, penggunaan JavaScript juga tidak akan maksimal jika tidak selaras dengan CSS. Selain itu, JavaScript juga tidak akan bisa lepas dari HTML. Pasalnya, ketiga bahasa pemrograman ini sangat erat kaitannya. Terlebih, website itu ibarat seperti rumah. Dimana membutuhkan elemen untuk membangun, mengatur, dan menghias agar rumah bisa berdiri dengan perfect dan juga kokoh.


Nih Fungsi Pemograman JavaScript, Solusi Untuk Kebutuhan Website Anda!

Nah, setelah mengetahui arti dasar dari JavaScript Anda pun wajib mengerti fungsinya. Pasalnya, JavaScript adalah suatu hal yang harus benar-benar Anda pahami dalam dunia web. So, untuk lebih jelasnya langsung saja pantengin terus artikel Kami di bawah ini Guys!

1.  Dapat Meminimalkan Interaksi Server
Salah satu fungsi pemograman JavaScrip ini adalah, dapat meminimalkan interaksi server. Dimana untuk mengoptimalkan performa dan kecepatan website dengan mengurangi komunikasi ke server. Yang mana, JavaScript menvalidasi user input di client-side. Dengan begitu, pengolahan datanya dilakukan oleh komputer pengguna atau pengunjung. Sehingga, penggunaan resource dan jumlah permintaan ke server akan lebih ringan. Bagaimana, benar-benar dapat meminimalisir interaksi server bukan?

2.     Dapat Membuat Antarmuka Lebih Lengkap dan Mudah Digunakan
Selain dapat meminimalkan interaksi server, pemograman satu ini juga bisa membuat antarmuka yang lengkap dan mudah digunakan. Dimana Anda bisa membuat antarmuka client-side yang interaktif. Misalnya saja seperti: Menambahkan slider, efek mouse roll-over, fitur drag-and-drop, slideshow, dan juga lain sebagainya.

3.     Mempermudah Debugging
Selain dua hal di atas, salah satu fungsi lain dari JavaScript adalah untuk mempermudah debugging. Dimana dalam pemograman ini, kode yang tertulis diuraikan per barisnya. Sehingga, ketika muncul error Anda dapat langsung melihat angka baris pada tempat terjadinya kesalahan tersebut. Dengan begitu, debugging sangat mudah ditemukan.

4.     Bisa Mempercepat Feedback
Selanjutnya, salah satu fungsi terakhir dari pemograman ini adalah bisa mempercepat feedback. Dimana melalui program ini, Anda juga bisa mempercepat perolehan feedback user. Pasalnya, dengan JavaScript pengguna atau pun pengunjung tidak harus menunggu karena akan langsung diberi warning.


Tutorial dan Tips Ampuh Memahami Pembuatan Pemograman JavaScript Bagi Pemula!

Untuk Anda yang masih benar-benar pemula dan harus banyak belajar mengenai JavaScript, maka wajib memperhatikan artikel di bawah ini. Pasalnya, Kami EKA BKJ setelah mengulas pengertian dasar dan beberapa fungsinya juga akan memberikan tutorial dan tips ampuh memahami pembuatan pemograman JavaScript. So, untuk lebih detailnya jangan tinggalkan halaman ini! Ups, tapi perlu Anda ketahui juga. Sebenarnya, ada dua cara dalam membuat JavaScript. Yang pertama bisa langsung di HTML, dan ke dua melalui file terpisah. Oke, langsung saja berikut ini tutorialnya Guys. Cekidot.

1.  Cara Membuat JavaScript Langsung di HTML
Pembuatan JavaScript langsung di dalam script HTML sangatlah mudah. Anda dapat melakukannya dengan menuliskan kode JavaScript ke dalam tag <script> </script> saja. Pemasukan tersebut bertujuan untuk memberikan sinyal bahwa yang ada di dalamnya adalah kode JavaScript. Nah, biasanya untuk tag yang digunakan dalam memanggil JavaScript perlu ditambahkan diantara tag <head> atau pin <body>. Selain itu, Anda juga dapat menyesuaikan dengan kreatifitas masing-masing. Bagaimana, sangat mudah bukan?

2.     Cara Membuat JavaScript di File Berbeda
Untuk membuat JavaScrip di HTML dengan file terpisah, maka Anda harus membuat folder untuk menyimpan file JavaScript terlebih dahulu. Dimana kemudian strukturnya akan menjadi “root/js/script.js”. Lalu, pada script.js diisi dengan script dari JavaScript. Lalu, di dalam file script.js isi skripnya juga.


Demikianlah artikel dari Kami EKA BKJ, mengenai tutorial dan tips ampuh memahami pemograman JavaScript bagi pemula. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda semuanya. Terutama, untuk menambah referensi terkait dunia pemograman. Terlebih, bagi Anda yang ingin mengembangkan website lebih professional dengan mendalami JavaScript. Bagaimana, cukup mudah kan tutorialnya? Jangan lupa, buruan praktikkan dan buktikan sekarang juga! Sekian dari Kami dan terimakasih. Jika ini bermanfaat, silahkan share ke semua sosial media kalian ya Guys!

0 Response to "Tutorial Pemograman JavaScript Bagi Pemula, Nih Tips Ampuh Memahaminya!"

Post a comment

Iklan Atas Artikel, Adnow

loading...

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow

loading...