Penulisannya Menarik Unik SEO, Harga Sesuai Kualitas-nya Bro

Ingin Membuat Blog Gratisan, Nih Ketahui Dahulu Jenis-Jenis Web Builder!


Penulis_@Ratu Eka Bkj

CEO & Founder dari "EKA BKJ"


Apakah Anda sedang berpikir untuk ingin membuat blog gratisan? Tepat sekali, sebelum mengetahui caranya wajib untuk memahami jenis-jenis web builder terlebih dahulu. Pasalnya, web builder adalah sebuah situs yang dicetuskan oleh perusahaan platform tertentu untuk digunakan penggunanya secara instan, tanpa perlu customize, gratis dan hanya dapat dimanfaatkan secara terbatas seperti blog pribadi. Dalam bahasa umum, web builder biasanya dikenal dengan blog gratisan. Dimana seorang pengguna situs dapat memanfaatkan untuk blog pribadi secara gratis, tanpa perlu memodifikasi maupun tidak bisa di-development. Sudah disediakan hosting, template, domain dan semuanya secara free tanpa biaya. 


Nah, bagaimana sekarang Anda sudah tahu bukan bahwa blog gratisan sebenarnya juga tergolong ke dalam website? Namun, masuk sebagai jenis website builder atau instan. Karena hanya sebagai situs gratisan dan instan, maka jangan berharap banyak mengenai tampilan layout maupun fitur. Sesuai slogan bahwa, kualitas tergantung dengan harga. Sehingga selayaknya blog gratisan yang pernah Anda jumpai hanya menyediakan performa, fitur, dan juga desain terbatas. Meskipun begitu, enaknya Anda dapat memanfaatkan hosting yang unlimited. Selain itu, ternyata blog gratisan juga bisa dimonetisasi lho Guys. Ya walaupun terbatas, namun lumayan. Anda dapat monetize Google Adsense Hosted. Kenapa Hosted, karena situs Anda gratisan. Apa bedanya Adsense Hosted dan Non Hosted? Hosted hanya bisa memasang iklan secara terbatas, maksimal dua dalam satu blog sehingga penghasilan income pun akan lambat. Sedangkan Adsense Non Hosted, diperuntukkan bagi website custom atau berbayar yang dapat memasang iklan secara tidak terbatas. Sehingga, income pun lebih mudah diperoleh. So, bagi kalian yang ingin mempublish konten penulisan terkait informasi, ilmu, maupun cerita hidup via digital sangat perlu memiliki blog gratisan. Sebelum membuatnya, maka Anda perlu mengetahui terlebih dahulu tentang jenis-jenis web builder yang akan EKA BKJ sampaikan buat Anda. Selamat membaca Guys!


Nih Jenis-Jenis Web Builder Yang Recommended Untuk Membuat Blog Gratisan!


  1. Wordpress.com

Siapa yang tidak kenal dengan platform satu ini? Para Websiter maupun Blogger tentunya sudah tidak asing lagi. Diketahui bahwa, Wordpress memiliki versi builder maupun CMS. Wordpress.com untuk jenis builder, sedangkan Wordpress.org sebagai web CMS. Blog dari Wordpress.com ini dapat Anda gunakan secara instan dengan fasilitas template, domain, hosting secara gratis. Namun, keseluruhan platform dikendalikan langsung oleh pihak perusahaan pencetus sehingga Anda tidak dapat customize. Untuk alamat domain, setiap kali nama situs pasti akan muncul .wordpress.com. Contohnya seperti: dahsyat.wordpress.com. Namun bagi Anda yang ingin menghilangkannya, Wordpress menyediakan versi berbayar dengan sistem builder. Maksudnya, terdapat paket berbayar untuk meningkatkan fitur dan performa blog dengan harga dan fasilitas tertentu namun modifikasi maupun pengembangan situs tetap dipegang oleh pihak perusahaan. Pengguna blog, tetap tidak bisa melakukan customize. 


  1. Blogspot.com

Nah, berikutnya platform web builder yang sangat berpengaruh dan terpopuler di dunia adalah Blogspot.com. Hampir semua orang di internet sudah tahu tentang platform ini, baik Websiter / Blogger maupun orang umum. Pasalnya, menjadi salah satu produk dari perusahaan ternama di dunia yakni Google. Sehingga, tidak heran bila banyak orang mengenalnya dan menjadi situs paling terpercaya. Namun, ada sebagian yang orang awam maupun bagi pemula belum mengetahui tentang platform tersebut. Sebenarnya, brand resmi dari Blogspot.com ini adalah Blogger.com. Blogger.com merupakan jenis web yang dicetuskan Google sebagai double peran, yaitu menjadi web builder sekaligus web CMS. Artinya, bagi para Blogger yang ingin menggunakan secara gratisan tanpa berbayar dapat memanfaatkan dengan domain versi builder seperti: .blogspot.com. Namun, jika ingin mendapatkan akses web CMS atau customize untuk development dan modifikasi situs maka dapat melakukan secara berbayar. Dengan membeli domain custom dan template premium di provider sebagai pihak ke 3, kemudian integrasikan ke platform Blogger.com. Dengan begitu, akan berubah sebagai web CMS yang bisa dikembangkan sesuka hati Anda. 

Selanjutnya, keunggulan platform ini yang tidak dimiliki oleh perusahaan lain diantaranya: Pertama, Blogger.com dipercaya memiliki keamanan yang lebih terjamin karena terintegrasi langsung dengan Google, sehingga saat terjadi hack atau kejahatan di dunia mana akan langsung mendapat notifikasi dari Google Console. Kedua, Blogger.com diyakini lebih gampang menjangkau page one dalam SEO (Search Engine Optimization) atau paling tidak lebih cepat terdeteksi di mesin pencari, karena bot Google yang akan secara langsung menelusuri ke dalam situs setiap kali posting konten. Ketiga, hosting disediakan unlimited tanpa berbayar baik yang versi builder maupun CMS.  


  1. Sites.Google.com

Masih dalam produk Google, namun yang satu ini kurang familiar dibandingkan Blogger.com. Pasalnya, selain hanya memberikan versi builder dan tidak menyediakan akses CMS pun hanya terdapat fasilitas dan fitur yang terbatas. Meskipun begitu, Sites.Google.com juga tetap dapat Anda gunakan untuk membuat blog gratisan yang cukup menarik. Sudah disediakan template, domain, dan hosting secara gratis untuk Anda yang ingin membuat blog pribadi. Setiap membuat nama domain, di belakangnya akan tertera .sites.google.com. Contohnya seperti: dahsyat.sites.google.com. Sayangnya, platform ini tidak menyediakan versi berbayar. Sehingga, Anda tidak bisa mendapatkan paket untuk menambah fitur maupun performa. 


  1. Wix.com

Perusahaan yang juga menyediakan blog gratisan yaitu, Wix.com. Fasilitas platform ini hampir mirip dengan Wordpress.com. Namun, dia hadir belakangan dan terbilang masih baru peluncurannya. Kalau dalam analisa Kami, Wix.com seolah terinspirasi untuk mengikuti sistem yang dibuat oleh Wordpress.com. Karena, dapat digunakan untuk blog gratisan maupun berbayar sebagai jenis web builder. Menyediakan paket berbayar dengan jenis builder, yang bisa menambah fitur dan performa. Artinya blog sepenuhnya di-handle dan development oleh pihak perusahaan, pengguna tidak mendapat akses customize. Namun, pengguna bisa menambah fasilitas fitur dan performa bila membayar sesuai paket. 


  1. Squarespace

  2. Shopify

  3. Weebly


Bagaimana, sekarang Anda sudah tahu bukan terkait jenis-jenis web builder untuk membuat blog gratisan? Tentu saja, dapat menjadi solusi untuk Anda memilih platform yang tepat dalam mempublikasikan konten penulisan via digital. Sehingga, dengan memiliki blog pribadi Anda dapat berbagi informasi maupun ilmu kepada para pembaca di internet. Dengan begitu, ilmu yang Anda miliki dapat bermanfaat karena telah diamalkan. Selain itu, Anda juga dapat menuliskan diary pribadi untuk dibaca oleh para viewers. Melalui hobi menulis yang akan Anda jalankan dengan cinta via blog pribadi, maka dapat menjadi jalan kesuksesan dan popularitas Anda untuk menginspirasi banyak orang. Terlebih, Anda juga bisa memperoleh pendapatan tambahan dengan monetisasi blog melalui Adsense Hosted. Oke Guys, sekian dari Kami EKA BKJ dan terimakasih. Jangan lupa, share artikel ini ke semua sosial media kalian agar semakin banyak yang mendapatkan manfaatnya! Bagi Anda yang memerlukan jasa pembuatan website, SEO dan penulisan konten dapat menghubungi EKA BKJ solusi kerjasama!






DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =

0177-01-042715-50-9

EKA APRILIA.... BRI...

0895367203860

EKA APRILIA, OVO



0 Response to "Ingin Membuat Blog Gratisan, Nih Ketahui Dahulu Jenis-Jenis Web Builder!"

Post a Comment

Iklan Dalam Artikel

Iklan Adnow

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow

loading...