Penulisannya Menarik Unik SEO, Harga Sesuai Kualitas-nya Bro

Pentingnya Copywriting & Content Writing Untuk Kesuksesan Bisnis Anda, Nih Manfaat & Tips Ampuh Membuatnya Versi Google Gapura Digital!


Penulis_@Ratu Eka Bkj

CEO & Founder dari "EKA BKJ"


Tahukah Anda apa perbedaan dari content writing dengan copywriting? Content writing adalah jenis penulisan berbasis konten digital yang bertujuan untuk mengedukasi pembaca maupun menyebarkan informasi. Jenis penulisan ini juga dapat digunakan sebagai sarana marketing, dalam mengedukasi calon customer terkait penggunaan produk yang benar. Sehingga, bisa dikatakan sebagai promosi secara soft selling. Sedangkan copywriting ialah teknik dalam membius atau memikat calon customer untuk tertarik pada suatu produk maupun brand, menggunakan bahasa yang persuasif sehingga pembaca seolah-olah diajak ngobrol langsung dengan asyik. Namun, pada copywriting cenderung menyelipkan unsur mengunggulkan manfaat dari sebuah produk maupun brand tertentu.


Nah, itulah perbedaan dari content writing dengan copywriting yang Kami dapatkan saat seminar virtual Google Gapura Digital bertema "Mengoptimalkan Konten Marketing Untuk Usaha Anda" pada Jumat, 22 Januari 2021. Tentunya, akan menjadi strategi dalam pemasaran untuk mewujudkan tujuan bisnis Anda. Selain itu, banyak manfaat-manfaat yang dapat Anda peroleh bila menggunakan konten marketing. Mulai dari memperkenalkan produk Anda ke pelanggan baru, menjaga hubungan baik dengan pelanggan, hingga memperoleh pelanggan yang potensial. Selain ketiga hal tersebut, secara detail Anda akan mendapatkan keuntungan-keuntungan yang dahsyat bila menggunakan strategi copywriting dan content writing versi Google Gapura Digital. So, berikut EKA BKJ sampaikan buat Anda dan selamat membaca!



Nih Manfaat Strategi Copywriting & Content Writing Untuk Bisnis Anda Versi Google Gapura Digital!


  1. Menampilkan Keunggulan Produk

Anda dapat menampilkan keunggulan produk secara soft selling yang nyaman diterima oleh calon customer, bila menggunakan strategi konten baik content writing maupun copywriting. Karena, Anda tidak hanya sekedar jualan yang biasanya dianggap spam oleh para pengguna digital maupun sosial media. Justru dengan penggunaan strategi konten marketing, orang merasa teredukasi dan mendapat jawaban akan kebutuhannya. Dengan begitu, tanpa disadari mereka tertarik untuk memilih produk Anda. 


  1. Membina Hubungan Baik Dengan Audiens

Mengapa? Karena, berbagai konten yang Anda sajikan bukan hanya mengandung unsur jualan yang hard selling. Namun Anda menyuguhkan berbagai manfaat, informasi serta edukasi yang dibutuhkan oleh para audiens dengan tetap menyelipkan unsur branding atau marketing brand secara soft. Dengan begitu, hubungan baik dengan para audiens pun akan terjalin secara baik. Bahkan, jika Anda pandai-pandai menyampaikan copywriting, maka tidak terasa audiens akan menjadikan akun Anda idola maupun terasa seperti sahabat. 


  1. Meningkatkan Kesadaran Terhadap Produk

Banyak orang tidak tertarik membeli produk karena belum menyadari akan manfaatnya untuk diri mereka. Nah, dengan rutin menyajikan konten-konten yang mengandung edukasi serta branding terhadap produk Anda, maka membuat mereka menyadari akan pentingnya produk tersebut untuk dirinya. 


  1. Membangun Loyalitas & Kepercayaan

Para audiens yang sudah menjadi viewers ataupun followers di website maupun sosial media bisnis Anda, akan terus menunggu notifikasi konten yang Anda sajikan. Bila konten tersebut relevan dengan kebutuhan mereka terkait produk tersebut, maka akan membuat calon customer merasa percaya pada kredibilitas brand bisnis Anda. Selaras dengan slogan, "Tak kenal maka tak sayang". Jika tidak kenal dan memahami produk Anda, tentunya kepercayaan serta loyalitas tidak akan diberikan. Nah, dengan adanya konten marketing dapat mendekatkan brand Anda dengan para customer. Dengan begitu, akan ada rasa memiliki di dalam diri mereka untuk terus memilih brand maupun produk Anda.


  1. Memposisikan Usaha Anda Sebagai Ahli

Era digital saat ini yang dibutuhkan banyak orang bukan sekedar kebutuhan primer, namun lebih dari itu. Lifestyle, bahkan menjadi hal urgen bagi masyarakat kontemporer. Sehingga, banyak jenis produk maupun jasa-jasa baru yang bisa dikomersilkan kepada para audiens. Namun tunggu dulu, banyak diantara mereka memutuskan membeli atau bekerjasama bukan hanya sekedar sedang ingin atau perlu. Tetapi kecenderungan melihat siapa dan bagaimana terkait penawaran, menjadi pokok penting yang membuat mereka memutuskan untuk closing. Nah, bila terus update konten yang relevan dengan jasa atau produk Anda maka memiliki arti bahwa Anda ahli. Sehingga, terjawab akan keperluan audiens terkait siapa dan bagaimana. Karena, orang yang ahli pasti akan mendalami sektornya dan mempublikasikan kepada para audiens untuk diserap manfaatnya. Dengan begitu, akan banyak client yang mantap memutuskan kerjasama dengan seorang ahli seperti Anda. 


  1. Mempercepat Keputusan Closing atau Pembelian

Karena sudah kenal, paham, yakin akan pentingnya produk maupun jasa Anda untuk diri mereka dan dilengkapi dengan kualitas yang ahli, maka dapat mempercepat keputusan untuk closing. Sehingga, saat viewers mengontak Admin atau Customer Service sudah bukan menanyakan terkait manfaat dan keunggulan produk lagi, karena mereka sudah mengetahui di konten yang Anda posting. Viewers saat menghubungi kontak, akan langsung menyatakan pembelian atau kerjasama dengan produk maupun jasa dari bisnis Anda. 


  1. Menarik Audiens Untuk Klik 

Pastikan Anda membuat judul dari copywriting yang mengandung klik bait serta daya pikat audiens. Sehingga, mereka langsung klik link website Anda saat kampanye via iklan berbayar di sosial media.


  1. Membuat Brand Produk atau Jasa Anda Lebih Menonjol

Daya tarik akan keahlian gaya bahasa yang membius pembaca, membuat mereka tidak sadar bahwa sedang melihat iklan promosi. Seolah-olah mereka merasa sedang membaca cerita yang menarik dan menghibur, atau justru mereka berpikir ini bacaan yang memberikan solusi akan kebutuhannya. Nah, dengan seringnya copywriting yang Anda publikasikan maka branding dari produk atau jasa Anda akan semakin melekat dalam ingatan audiens. Membuat popularitas dan elektabilitas sebuah brand mengalami peningkatan yang pesat. Hal itulah  dapat dikatakan sebagai brand yang menonjol dibandingkan dari lainnya.


  1. Memperoleh Hasil Penjualan Tepat & Cepat

Dengan berbagai manfaat keseluruhan di atas, copywriting dan content writing akan menjadi strategi ampuh untuk para Pebisnis. Pasalnya, dapat memperoleh hasil penjualan yang lebih efektif dan efisien. Sehingga, closing pun bisa berjalan secara cepat dan tepat yang membuat peningkatan income atau omset bisnis secara signifikan. 



Nih Tips Ampuh Membuat Copywriting & Content Writing Yang Memikat Customer Versi Google Gapura Digital!


  1. Merencanakan & Mempersiapkan Konten Yang Akan Dibuat, Dengan Memahami Audiens Anda

Sebelum Anda memutuskan menulis serta memposting konten, maka sangat penting membuat perencanaan dan persiapan yang matang. Agar hasilnya dapat optimal dan sesuai dengan target market. Pastikan Anda memahami terlebih dahulu audiens pada website atau sosial media Anda terkait: Apa yang biasanya mereka sukai, tema apa yang sedang banyak dibicarakan, apa yang mereka butuhkan, keunggulan apa yang biasanya mereka harapkan, dan lain sebagainya. Pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu, baik menggunakan tools riset maupun secara manual. Untuk tools bisa memakai seperti: Google Keyword Planner, Keywordtool.io, Question Hub Google, Google Trends, Google Alerts, dan Ubersuggest.


  1. Lakukan Penjadwalan Terkait Rencana Update Konten, Memanfaatkan Google Calendar

Pentingnya penjadwalan karena banyak orang yang kemudian tidak konsisten menulis serta posting konten secara rutin, entah akibat kesibukan lain maupun gangguan mood. So, dengan memanfaatkan Google Calender untuk menjadwalkan aktivitas Anda membuat serta update konten akan menjadi terarah. Selain itu, bisa menjadi alarm untuk Anda yang mengingatkan jadwal memposting konten.


  1. The Golden Circle Pada Pembuatan Konten

Sebelum membuat konten, perlu menyiapkan The Golden Circle. Hal ini berkaitan dengan daftar pertanyaan-pertanyaan yang Anda buat sendiri berkaitan dengan kebutuhan audiens, kemudian Anda jawab dalam struktur isi pada konten yang nantinya akan ditulis. Tujuannya, supaya isi dari konten Anda bisa lebih berbobot dan fokus pada penulisan yang dibutuhkan oleh para audiens. So, beberapa kata yang membantu Anda membuat pertanyaan seperti: Apa, Mengapa, Bagaimana. Apa, berkaitan dengan produk yang Anda tawarkan ke audiens. Bagaimana, berhubungan dengan keunggulan produk Anda dibandingkan kompetitor dan manfaat bagi audiens. Bagaimana, terkait mengapa jasa atau produk Anda ada untuk para audiens.


  1. Pakai Tools Keyword Untuk Mencari Tema, Google Trends & Google Alerts

Google Trends adalah tools yang dicetuskan oleh perusahaan Google. Berguna untuk riset tema yang sedang trend. Disitu tercantum trend baik nasional maupun internasional, bahkan Anda juga bisa mencari trend tema di kota tertentu. Trend tersebut berkaitan dengan topik yang sedang dibicarakan dan dicari audiens di internet. Google Alerts, juga masih dari produk Google. Tools ini berfungsi untuk mendapatkan kiriman notifikasi terkait kata kunci atau keyword yang sedang banyak dicari dan diperbincangkan orang di dunia maya. Kedua tools tersebut, dapat Anda manfaatkan secara gratis.


  1. Buat Konten Yang Berkualitas, Dibutuhkan Pembaca & Sesuai Dengan Trend Yang Sedang Viral

  2. Daur Ulang Konten Yang Lama Untuk Menjadi Lebih Fresh

  3. Buat Konten Yang Memiliki Headline Yang Menarik, & Bikin Paragraf Lebih Proporsional

  4. Tawarkan Solusi Dalam Memecahkan Masalah Akan Kebutuhan Audiens

  5. Buat Konten Yang Mengandung Percakapan / Komunikatif, Persuasif, serta Soft Selling

  6. Sampaikan Keuntungan Yang Akan Diperoleh Customer Akan Produk Anda

  7. Lengkapi Dengan Tombol "Call To Action", Untuk Mempermudah Customer Jika Akan Mengontak Anda atau Closing

  8. Lengkapi Dengan Unsur SEO (Search Engine Optimization) seperti: Teknik Keyword Pada Konten & URL, Backlink Ke Situs yang Kredibel, Hyperlink, Anchor Text, Permalink, Meta Description, Google Console, SEO On Page & Off Page, dan sejenisnya) 


Demikianlah artikel dari Kami EKA BKJ, membahas mengenai pentingnya strategi content writing & copywriting untuk bisnis Anda. Sehingga, dapat berguna untuk sarana branding terkait brand maupun produk Anda di internet. Agar dapat membius hati para audiens untuk mantap membeli atau bekerjasama dengan brand bisnis Anda. Dengan gaya bahasa memikat yang persuasif serta isi content sesuai kebutuhan audiens, maka konten-konten penulisan Anda dapat menjadi ladang untuk mempercepat terjadinya closing serta meningkatkan income. Oke Guys, sekian dari Kami dan terimakasih. Jangan lupa, update selalu konten-konten menarik di situs ini dan dapatkan berbagai macam informasi yang bermanfaat! Bagi Anda yang membutuhkan jasa penulisan konten, SEO, dan pembuatan website dapat menghubungi EKA BKJ solusi kerjasama!





DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =

0177-01-042715-50-9

EKA APRILIA.... BRI...

0895367203860

EKA APRILIA, OVO

0 Response to "Pentingnya Copywriting & Content Writing Untuk Kesuksesan Bisnis Anda, Nih Manfaat & Tips Ampuh Membuatnya Versi Google Gapura Digital!"

Post a comment

Iklan Dalam Artikel

Iklan Adnow

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow

loading...