Penulisannya Menarik Unik SEO, Harga Sesuai Kualitas-nya Bro

Membuat Website Berbasis Framework Secara Basic Dengan Memanfaatkan Platform Wordpress.org, Nih Ala NiagaHoster!


Penulis_@Ratu Eka Bkj

CEO & Founder “EKA BKJ”


Banyak orang menggunakan Wordpress sebagai platform membuat website blogging yang paling familiar. Karena, basisnya sebagai website CMS (Content Management System). Namun siapa sangka, bila wordpress.org ternyata juga dapat digunakan sebagai langkah awal menuju web framework. Meskipun, dalam kategori penggunaan secara basic. Pasalnya, berjalannya waktu perusahaan ini telah melakukan pembaharuan dan perbaikan fitur untuk fungsi customize yang lebih dari sebelumnya. 


Meski, informasi ini memang cukup mengagetkan karena masih terbilang statement baru. Bahwa, penggunaan Wordpress untuk web framework dalam tahapan basic dapat dilakukan adalah menurut pendapat Ridwan Arifandi dalam seminar NiagaHoster Summit bertema “Wordpress as a Framework”. Diadakan secara virtual di situs resminya, https://www.niagahoster.co.id/virtual-summit. So, untuk hasil selengkapnya berikut EKA BKJ sampaikan mengenai pemanfaatan Wordpress untuk membuat website berbasis framework secara basic. Langsung cek Guys!



Apakah Wordpress Bisa Digunakan Untuk Membuat Website Berbasis Framework & Mengapa Perlu Menggunakannya? Nih Versi NiagaHoster

Membuat Website - Tentunya bisa, meski hanya digunakan dalam tahap basic untuk pemula yang baru akan menggeluti dunia framework. Pasalnya, perusahaan Wordpress telah membuat pembaharuan pada fitur dalam pengembangannya sehingga memiliki kesempatan customize yang lebih. Meskipun begitu, ini hanya sebagai alternatif karena sejatinya Wordpress adalah berbasis CMS (Content Management System). So, selengkapnya baca berikut Guys!

  1. Beberapa pengembangan fungsi dapat digunakan untuk framework hanya secara terbatas, karena masih mengandung unsur CMS yang dibatasi oleh core bawaan Wordpress. 

  2. Tentunya berbeda dengan web framework murni seperti Laravel, CI (Code Igniter), PHP dan sejenisnya yang full control dan menggunakan sistem MVC (Model View Controller) untuk struktur data. 

  3. Wordpress justru masih menggunakan sistem Pug pada struktur data. Dapat di-customize untuk manipulasi data, injeksi fungsi tanpa mengubah core bawaan Wordpress. 

  4. Hanya perlu biaya yang terjangkau dalam pembuatan atau development website, karena sudah dibantu oleh sistem informasi management dari bawaan core Wordpress.

  5. Cocok bagi pemula yang baru masuk di dunia framework secara basic, karena adanya bantuan dari sistem management Wordpress.

  6. Dilengkapi plugin-plugin yang membantu Anda kustomisasi website seperti:

  1. Woocommerce = Plugin yang dapat digunakan untuk membuat toko online atau e-commerce.

  2. Buddypress = Plugin yang bisa dimanfaatkan untuk membuat sosial media.

  3. bbPress = Plugin yang dipergunakan untuk development online form.

  1. Memiliki komunitas aktif dan patch yang cukup sering update dalam 3 bulan sekali:

https://codex.wordpress.org/WordPress_Versions

  1. Memudahkan para pemula untuk membuat website, dan belajar menuju framework. Karena, telah dilengkapi dengan plugin dan theme yang dapat diinstall pada Wordpress. Sehingga, Anda tinggal edit script dan drag and drop dalam tampilan dan kustomisasi tampilan serta fitur pada web:

  1. https://wordpress.org/plugins/

  2. https://wordpress.org/themes/

  3. https://themeforest.net/ 

  1.  Terdapat dokumentasi development yang lengkap:

https://developer.wordpress.org/ 


Bagaimana Mekanisme Pemanfaatan Wordpress Untuk Membuat Website Berbasis Framework Secara Basic? Nih Ala NiagaHoster


  1. Struktur Wordpress

Wordpress bukanlah framework murni yang menggunakan MVC (Model View Controller) yang dapat memiliki full control. Struktur Wordpress cenderung menggunakan Pug yang dapat di-customize untuk manipulasi data, injeksi fungsi tanpa mengubah core bawaan. Hasilnya akan hampir mirip seperti MVC, namun sistem management Wordpress dari bawaan core masih ikut memberikan kontrol. 


  1. User Management

Telah dilengkapi dengan User Management yang cukup handal dan gampang untuk dimodifikasi. Developer dapat menambah user role baru beserta capability:

https://wordpress.org/support/article/roles-and-capabilities/ 

  1. Capability

  2. Administrator

  3. Editor

  4. Author

  5. Contributor

  6. Subscribe

  7. Version


  1. Media Management

Memiliki fitur seperti Upload dan Display Media, berfungsi untuk update content dan tampilan layout template.


  1. CRUD

Berguna untuk membuat pemrograman atau coding pada tipe data Container dan Notagg. Contohnya: Coding pendaftaran tipe data baru pada CRUD untuk custom taxonomy Wordpress.


  1. Routing

Berkaitan dengan setting permalink, artinya untuk memodifikasi URL pada website. 


  1. REST-API

Dijadikan untuk Headless CMS, Wordpress sebagai back end sedangkan from end berasal dari manapun secara bebas. Sekaligus dapat diintegrasikan dengan aplikasi mobile.


  1. Chache

Berfungsi untuk management salinan data yang disimpan pada tempat lain, atau memori singgahan. 


  1. Schedule

Dibekali dengan sistem penjadwalan yang mudah untuk dimodifikasi.


  1. Security

Perlindungan website dari kejahatan dunia maya seperti malware, hacker, cracker, virus dan sejenisnya dapat dilakukan dengan menginstall plugin-plugin security pada Wordpress serta hosting. 


  1. Action dan Filter Hook

Berguna untuk modifikasi data atau fungsi, tanpa mengubah core bawaan Wordpress.


  1. Action Hook

Memiliki kegunaan untuk manipulasi suatu data. Contohnya: Memberikan informasi pada user jika belum login pada website. 


  1. Filter Hook

Dapat digunakan untuk menambahkan fungsi ketika suatu event terjadi. Contohnya: Melakukan pengecekan user ketika mengakses halaman tertentu.


Kesimpulan

  1. Penggunaan Wordpress sudah dibekali dengan management sistem informasi.

  2. Adanya dukungan plugin-plugin dari berbagai fungsi.

  3. Memiliki kemudahan pada scale-up dan pemeliharaan sistem.

  4. Harus selalu memperhatikan performa sistem: 

https://10up.github.io/Engineering-Best-Practices/ 

  1. Bisa melakukan coding atau pemrograman dengan bantuan fungsi CRUD, Action Hook dan Filter Hook.

  2. Membuat Tipe Post tanpa coding dapat dilakukan dengan plugin Custom Post Type UI.


Demikianlah artikel dari Kami EKA BKJ, mengenai penggunaan Wordpress untuk membuat website berbasis framework secara basic versi NiagaHoster. Tentunya, dapat menjadi alternatif tahap awal bagi para pemula yang ingin memulai terjun ke framework. Pasalnya, menggeluti dunia Web Developer Framework murni seperti Laravel, CI (Code Igniter), PHP dan sejenisnya bukanlah sesuatu hal yang gampang. Untuk menuju kesana perlu proses, pastinya harus sudah mahir coding dan programming. Karena, Anda perlu full build dan development dari awal hingga akhir sampai menjadi platform. Dengan bantuan basic framework dari wordpress.org, akan lebih mudah dengan sistem informasi management yang di-bekalinya. Oke Guys, sekian dari Kami dan terimakasih. Jika Anda memerlukan jasa pembuatan website, SEO, dan penulisan content dapat menghubungi EKA BKJ Solusi Kerjasama!





DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =

0177-01-042715-50-9

EKA APRILIA.... BRI...

0895367203860

EKA APRILIA, OVO



2 Responses to "Membuat Website Berbasis Framework Secara Basic Dengan Memanfaatkan Platform Wordpress.org, Nih Ala NiagaHoster!"

  1. The brand is what sets one organization apart from another and it is mostly identified through a logo. So, if the company is using its unique logo to communicate with the audience through the print materials, they have to make sure that the logo is placed strategically on the website, to instantly connect with the audience. This helps in maintaining brand uniformity. website coding

    ReplyDelete

Iklan Dalam Artikel

Iklan Adnow

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow

loading...