(Bisnis Komunikasi Jaringan), "Solusi Kerjasama!"

Pengertian Web Server dan Jenis-Jenisnya, Sarana Penting Membuat Website!


Penulis_@Ratu Eka Bkj
CEO, Owner, Founder “EKA BKJ”



EKA BKJ - Tahukah Anda, apa yang dimaksud dengan web server? Tentunya, sangat memiliki peran yang penting dalam membuat website. Karena, berfungsi untuk menampung seluruh database dan sebagai dasar untuk development situs. Dalam kata lain, bisa dianalogikan sebagai tanah yang dapat dibangun rumah dengan berbagai isi di dalamnya. 


Tanpa peran web server, tentunya Anda tidak dapat mengembangkan website maupun aplikasi. Karena, ini salah satu infrastruktur wajib yang harus disiapkan dalam membuat situs. Nah, lalu dari mana Anda bisa mendapatkan server? Salah satunya, bekerjasama dengan Provider yang menyediakan layanan baik server maupun hosting.  


Jika hosting biasanya digunakan untuk membangun website berbasis CMS (Content Management System). Karena, space serta kemampuan menampung traffic-nya lebih rendah. Sehingga, harganya bisa dibilang terjangkau. Sedangkan server, dipakai untuk development website berbasis framework atau web application. Pasalnya, kapasitas dan daya tampung trafik lebih besar. So, untuk lebih jelasnya terkait pengertian dan jenis-jenis web server langsung cek ulasan EKA BKJ di bawah Guys!



Nih Pengertian Web Server Yang Wajib Anda Tahu!


Web Server adalah software yang berperan sebagai wadah, untuk menampung berbagai permintaan user via browser. Lalu, menampilkannya untuk user sesuai permintaan yang dikirim kepada pihak server. Memiliki tugas yang signifikan dalam mengontrol segala permintaan client di internet. Terlebih, sebagai server virtual berguna dalam menyimpan database yang ada di website. Baik berupa dokumen, gambar, video, file CSS, JavaScript, fitur atau plugin, dan sejenisnya. Selain itu, juga digunakan untuk menerima segala trafik yang datang ke situs.     



Nih Jenis-Jenis Web Server Sesuai Keunggulannya!


  1. Apache

Web server yang paling populer dan sering digunakan di dunia internet secara global, yakni Apache. Memberikan wadah kepada pihak yang ingin mengembangkan website dalam bentuk dukungan SSL, PHP, akses kontrol, space, menampung database, menerima traffic, IP, dan sejenisnya. Meskipun awalnya hanya dicetuskan untuk mendukung operasi sistem UNIX, namun sekarang dapat digunakan bagi segala jenis platform. Internet Protocol yang digunakan ialah Perl (Practical Extraction and Report Language). Nah, beberapa keunggulan Apache diantaranya seperti: Open source, memiliki komunitas yang luas dan global, dapat menampung banyak user dan client, pengaturan lebih mudah. 

 

  1. Nginx

Selanjutnya, Nginx sebagai web server yang bersaing dengan Apache. Memiliki kapasitas dan kemampuan untuk menampung permintaan berbagai client secara tinggi. Sehingga, memberikan ruang yang lebih besar dan sanggup menerima banyak traffic. Dengan begitu, server tidak mudah down. Selain itu, beberapa keunggulan lainnya seperti: Performa yang bagus, menyediakan banyak fitur, stabil, dan speed ringan sehingga tidak perlu loading lama. 


  1. Litespeed

Litespeed merupakan web server yang berbasis software open source. Dikembangkan untuk mendukung berbagai web hosting dengan performa terbaik. Bahkan, memiliki kecepatan yang lebih tinggi dibandingkan Apache dalam memproses PHP dan kemampuan speed. Selain itu, beberapa kelebihan yang diberikan kepada client diantaranya seperti: Terdapat fitur untuk mencegah DDos, bisa recovery kesalahan dengan langsung, performa yang bagus, dan kompatibel terhadap .htaccess.  


  1. IIS

IIS merupakan kepanjangan dari Internet Information Services. Web server yang menggunakan berbagai jenis software dan protokol DNS, IP, TCP untuk development sebuah website. Beberapa keunggulannya seperti: Mendukung secara penuh berbagai Windows, mampu mengecek kesalahan, stabilitas yang lebih bagus jika menggunakan PHP. 



Bagaimana Guys, sekarang Anda sudah mengetahui bukan terkait web server? Tentunya, menjadi wawasan bagi Anda dalam menggeluti dunia website. Sehingga, mempermudah untuk mengaplikasikan langkah pembuatan website ke depannya. Dengan begitu, dapat memilih jenis server yang tepat untuk kebutuhan Anda dalam mengembangkan situs. Oke, sekian dari EKA BKJ dan terimakasih. Bagi Anda yang memerlukan jasa penulisan konten, SEO, pembuatan dan development website dapat menghubungi EKA BKJ Solusi Kerjasama!




KERJASAMA BISNIS, Mulai Klik Hubungi Kami via Whatshap 
0895367203860 
Owner, Founder, CEO
= 085704703039 
Customer Service


DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =


0481723808

EKA APRILIA.... BCA


0895367203860

EKA APRILIA, OVO




0 Response to "Pengertian Web Server dan Jenis-Jenisnya, Sarana Penting Membuat Website!"

Post a Comment

Iklan Dalam Artikel

Iklan Adnow

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow