(Bisnis Komunikasi Jaringan), "Solusi Kerjasama!"

Perbedaan Hosting Dengan Server Beserta Fungsinya, Sarana Wajib Membuat Website!


Penulis_@Ratu Eka Bkj
CEO, Owner, Founder “EKA BKJ”


EKA BKJ - Apa yang dimaksud dengan Hosting dan Server? Tentunya, memiliki perbedaan antara keduanya. Meskipun sama-sama digunakan sebagai wadah untuk membuat website. Hosting cenderung dipakai untuk membangun Web CMS (Content Management System). Karena, kapasitasnya yang memiliki keterbatasan. Sedangkan Server, bisa dimanfaatkan untuk development Web Framework. Sebagai platform utama yang dicetuskan oleh seorang Developer. 


Selain itu, antara Hosting dengan Server memiliki kesamaan dalam segi fungsi. Yakni, berguna sebagai penyimpanan database. Kata lainnya, bisa disebut sebagai hardisk berbasis virtual. Meskipun begitu, Server tingkatannya di atas Hosting. Karena bisa mempunyai kontrol penuh terhadap platform, membuat sistem, dan memberikan akses kepada client di internet. Bahkan, sebagai ruang menyimpan Hosting. Sehingga, bisa dianalogikan bahwa Server semacam tanah sedangkan Hosting rumahnya. Nah, untuk lebih jelasnya langsung cek pemaparan EKA BKJ berikut Guys!



Nih Pengertian Server yang Harus Anda Tahu, Beserta Fungsinya!


Server merupakan jaringan internet, yang mempunyai peran untuk mengontrol dan menerima permintaan dari client. Bahkan, menyediakan sistem yang bisa diakses oleh user. Sehingga, diterima atau ditolak untuk mengunjungi website yang diminta. Selain itu, juga berguna untuk penyimpanan database secara virtual. Terlebih, menjadi elemen penting untuk mencetuskan sebuah website.  


Nah, Server pun memiliki dua peran yang perlu Anda tahu. Yaitu, sebagai software dan hardware dari sebuah situs. Ketika menjadi perangkat lunak, server dipakai untuk mengontrol segala akses client di internet. Sedangkan, selaku perangkat keras mempunyai peran dalam menyimpan segala database seperti: File, script, gambar, fitur, video, template, HTML, CSS, JavaScript, PHP, dan lain sebagainya.


Sebab performa dan kapasitasnya yang tinggi, Server biasanya dipakai untuk membuat website berbasis framework. Atau, bisa disebut sebagai web application. Beberapa jenis Server ketika berperan sebagai software, diantaranya: Nginx, Apache, IIS, Litespeed, dan sejenisnya. So, untuk mengetahui fungsi Server dengan detail langsung cek berikut:  


  1. Menghubungkan situs web di internet dengan HTTP/HTTPS yang diminta akses oleh client.

  2. Berperan dalam mengontrol penuh sebuah sistem website, menerima atau menolak traffic dari berbagai sumber, penyimpanan database virtual, menyediakan beragam modul atau kebutuhan fitur yang diperlukan user. 

  3. Memeriksa permintaan akses dari client di internet yang berhubungan dengan HTTP.

  4. Mempunyai fungsi sebagai hardisk, memori, atau RAM secara virtual untuk penyimpanan database seperti: File, script, gambar, fitur, video, template, HTML, CSS, JavaScript, PHP, dan lain-lain.

  5. Mengontrol akses client di internet dalam mengunjungi sebuah situs.

  6. Melakukan pembersihan atas cache yang sudah tidak terpakai di database.

  7. Membuat dan menyediakan support sistem dalam membangun platform web application atau framework. 

  8. Menyediakan security bagi platform supaya aman dan terhindar dari cybercrime, malware, virus. 



Nih Pengertian Hosting Yang Penting Anda Ketahui, Beserta Kegunaannya!


Hosting adalah wadah yang digunakan untuk menyimpan database virtual di website.  Menyediakan disk space, bisa dikatakan sebagai hardisk atau memori untuk penyimpanan basis data seperti: Platform CMS yang sudah diinstall, SSL, HTML, plugin, video, gambar, CSS, Javascript, file, script, dan lain sebagainya. Biasanya, cenderung hanya untuk membangun Web CMS (Content Management System). Jika ingin mendapatkan layanannya, Anda perlu bekerjasama dengan pihak Provider. Nah, untuk jenis Hosting sendiri terbagi menjadi dua yakni: 


  1. Cloud Hosting

Cloud Hosting, menjadi layanan penyimpanan yang terhubung langsung dengan akses internet. Atau, disebut sebagai memori database virtual yang tertaut dengan server. Dalam satu server, terdapat berbagai hosting di dalamnya. Dimana harus berbagi antara satu client dengan lainnya. Namun, memiliki spesifikasi jauh unggul dibandingkan Shared Hosting. Karena, performa dan kapasitas yang lebih besar dalam menampung traffic maupun menyimpan basis data. Hosting jenis ini selain untuk membuat Web CMS (Content Management System), pun dapat dipakai dalam development website berbasis framework. Namun, jika dibandingkan dengan Server atau VPS (Virtual Private Server) masih kalah. 


  1. Shared Hosting

Layanan hosting yang berjenis sharing antar user. Yakni, menampung banyak pengguna hosting dalam satu server yang harus saling berbagi fitur bawaan. Banyak dipakai untuk pengguna Web CMS (Content Management System) dalam skala kecil dan menengah. Misalnya seperti digunakan oleh Blogger, UMKM, Situs Pribadi, dan sejenisnya. Kapasitas disk space yang diberikan beranekaragam, mulai dari terendah hingga unlimited. Namun, hanya untuk kebutuhan penyimpanan. Sedangkan dalam menampung traffic, selalu mengalami rasio pembatasan. 



Demikianlah artikel dari EKA BKJ yang membahas tentang, perbedaan Server dengan Hosting. Pastinya, menjadi pengetahuan bagi Anda dalam dunia teknologi informasi. Khususnya, untuk membangun sebuah website baik CMS maupun Framework. Sehingga, bisa memilih platform yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Oke Guys, sekian dari EKA BKJ dan terimakasih. Jika Anda membutuhkan jasa development dan pembuatan website, SEO, dan penulisan konten bisa menghubungi EKA BKJ Solusi Kerjasama!





DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =

0177-01-042715-50-9

EKA APRILIA.... BRI...

0895367203860

EKA APRILIA, OVO


0 Response to "Perbedaan Hosting Dengan Server Beserta Fungsinya, Sarana Wajib Membuat Website!"

Post a Comment

Iklan Dalam Artikel

Iklan Adnow

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow

loading...