Penulisannya Menarik Unik SEO, Harga Sesuai Kualitas-nya Bro

Perbedaan Cloud Server Dengan VPS, Nih Keunggulan dan Kelemahannya Dalam Membangun Website!


Penulis_@Ratu Eka Bkj

CEO, Owner, Founder “EKA BKJ”



EKA BKJ - Cloud Server dan VPS memiliki perbedaan dalam segi posisi, performa, dan kapasitas. Meskipun sama-sama digunakan untuk mengontrol segala akses client di internet dan menyimpan database. Tentunya, memiliki sistem bawaan dan cara kerja yang berbeda. Semua tergantung peran dari setiap platform masing-masing. 


Cloud Server merupakan layanan yang terhubung langsung ke internet dan digunakan oleh beberapa server lainnya. Artinya, satu wadah dipakai untuk banyak orang. Sehingga, saat terjadi masalah seperti server down maka berpengaruh pada yang lain pula. Bisa dianalogikan sebagai tanah atau rumah kos-kosan, yang dipakai untuk banyak orang dengan pembatas setiap kamar. 


Sedangkan, VPS memiliki kepanjangan Virtual Private Server. Jadi, sebuah layanan server yang secara khusus dimiliki per satu orang. Sehingga lebih private dan aman, karena tidak terhubung dengan banyak server lain. Namun, ibarat tanah ini milik perseorangan yang masih kosong belum dilengkapi dengan fitur bawaan. Nah, untuk lebih jelasnya langsung cek penjelasan EKA BKJ berikut Guys!



Nih Pengertian Cloud Server Lengkap Dengan Fungsi, Keunggulan, dan Kekurangannya!


Cloud Server adalah layanan server yang berbasis satu sistem digunakan secara bersama-sama. Server yang terhubung langsung dengan internet dan dipakai untuk banyak orang. Sehingga, ketika terjadi down maka akan berimplikasi pada semua pemilik website yang terhubung dengan server tersebut. Selain itu, Cloud Server sudah dibekali dengan cpanel yang memudahkan Developer tingkat medium dalam mengembangkan website. Jadi, lebih terbantu dalam membuat berbagai fitur dan bisa konsultasi dengan pihak provider. 


Memiliki kegunaan sebagai hardisk virtual (Storage). Kapasitasnya bervariasi sesuai layanan yang diberikan. Karena ini dapat ditingkatkan baik storage, processor, dan juga memori. Maka, bisa mendapatkan fleksibilitas dan disk space dalam skala yang besar. Nah, untuk lebih jelasnya berikut penjelasan EKA BKJ terkait keunggulan dan kekurangan Cloud Server!


Keunggulan-keunggulan Cloud Server, diantaranya seperti:

  1. Memiliki sumber daya, sistem, dan kapasitas yang fleksibel. Artinya, mulai dari kecil hingga paling besar dapat di-upgrade sesuai keinginan. 

  2. Layanan yang efisien dan efektif dalam upgrade sumber daya. Secara cepat bisa improve server dan tanpa harus reboot. 

  3. Dibekali dengan redundansi yang support dan lebih baik.

  4. Penyimpanan berbasis virtual (Storage) sudah berupa redundant. 


Kekurangan-kekurangan Cloud Server, yakni sebagai berikut:

  1. Satu server digunakan oleh banyak orang. Sehingga, saat server down maka berdampak pada semua website yang terhubung.

  2. Selain itu, juga berkaitan dengan kerahasiaan data yang kurang terjamin. Karena, akses server yang digunakan banyak orang.

  3. Kerahasiaan data tergantung pada pemberi layanan server atau biasa disebut dengan provider. Jika tidak memilih provider yang memiliki rekam jejak terpercaya, maka situs Anda bisa sewaktu-waktu dikunjungi olehnya. Bahkan, mempunyai akses untuk menyebarkan data Anda. Oleh sebab itu, pilihlah provider yang kredibel dan terbukti menjaga privasi. Jangan mudah tergiur dengan layanan server murah, tanpa cek terlebih dahulu track record perusahaan tersebut.  



Nih Pengertian VPS dan Fungsinya Yang Wajib Anda Tahu, Lengkap Dengan Keunggulan Maupun Kelemahannya!

VPS, memiliki kepanjangan Virtual Private Server. Merupakan server berbasis virtual dan digunakan private untuk satu orang pemilik. Artinya, hanya Anda yang memiliki akses terhadap server tersebut secara khusus. Berbeda dengan Cloud Server yang digunakan untuk rame-rame, dan rawan atas keamanannya. VPS, justru lebih aman dan tertutup sehingga sulit untuk dibobol pihak lain. 


Selain itu, tidak perlu takut terkena dampak server down dari pihak eksternal maupun penyedia layanan. Karena sudah terpisah, maka tidak akan mengalami yang demikian. Kecuali, debugging terjadi dari pihak internal Anda sendiri. Namun, VPS masih berupa ruang kosong yang belum dibekali cpanel maupun fitur lain. Sehingga, harus dipegang oleh Developer tingkat advanced dengan skill coding yang ekspert. Supaya bisa mencetuskan fitur dan teknologi sendiri dengan script pemrograman yang dibuat. Nah, selengkapnya berikut kelebihan dan kelemahan VPS dapat EKA BKJ sampaikan Guys!


Kelebihan-kelebihan dari server VPS, dapat Anda lihat sebagai berikut:

  1. Memiliki fleksibilitas tingkat tinggi berkaitan dengan pengembangan platform-nya.

  2. Memiliki daya tampung yang sangat besar. Baik berkaitan kapasitas menyimpan database, install software di server, hingga kemampuan menerima traffic.

  3. Memberikan akses root. Sehingga, dapat mengakses secara penuh untuk melakukan dan mengembangkan apapun melalui server.

  4. Sudah mendapatkan garansi resource (CPU, Space, RAM).

  5. Kepemilikan server lebih private, tanpa tergabung dengan orang lain. Analoginya, jika Cloud Server adalah kos-kosan. Maka, VPS merupakan rumah sendiri.

  6. Keamanan database dan akses lebih terjamin. Tanpa bisa diakses oleh provider maupun pihak eksternal. 

  7. Tidak perlu khawatir terkena dampak dari pihak eksternal terkait server down. 


Kekurangan-kekurangan VPS (Virtual Private Server), diantaranya adalah:

  1. Perlu dipegang oleh Developer tingkat senior yang memiliki kemampuan coding secara ekspert.

  2. Karena, VPS berupa kosongan tidak dibekali cpanel maupun fitur bawaan. 

  3. Sehingga, kemampuan membuat script sendiri untuk mencetuskan teknologi serta fitur yang mendukung dalam membangun website sangat diperlukan.

  4. Provider tidak akan memberikan bantuan atas kendala Anda, akibat belum mampu mengoperasikan VPS atau development platform melalui server tersebut. Mengapa? Karena, provider tidak memiliki akses ke server maupun website Anda.

  5. Memerlukan budget yang lebih besar karena harganya mahal. 

  6. Masih terdapat tambahan biaya bila Anda ingin resource yang besar. 

  7. Harus memiliki kemampuan dalam menggunakan server Linux maupun Windows.



Bagaimana, sekarang Anda sudah mengetahui mengenai perbedaan Cloud Server dengan VPS bukan? Tentunya, bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memilih server yang tepat untuk membangun website. Selain mempertimbangkan persiapan budget, juga harus disesuaikan dengan kebutuhan platform yang Anda development. Supaya bisa lebih support, performa kapasitasnya sesuai dengan harapan. Oke Guys, sekian dari EKA BKJ dan terimakasih. Bagi Anda yang membutuhkan jasa penulisan konten, SEO, development dan pembuatan website dapat menghubungi EKA BKJ Solusi Kerjasama!







DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =

0177-01-042715-50-9

EKA APRILIA.... BRI...

0895367203860

EKA APRILIA, OVO






0 Response to "Perbedaan Cloud Server Dengan VPS, Nih Keunggulan dan Kelemahannya Dalam Membangun Website!"

Post a Comment

Iklan Dalam Artikel

Iklan Adnow

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow

loading...