Penulisannya Menarik Unik SEO, Harga Sesuai Kualitas-nya Bro

Perbedaan Server Dengan Hosting, Nih Fungsinya Penting Untuk Membuat Website!


Penulis_@Ratu Eka Bkj

CEO, Owner, Founder “EKA BKJ”


EKA BKJ - Tahukah Anda, apa perbedaan server dengan hosting? Sebagian dari Anda mungkin masih bingung membedakan antara keduanya. Apalagi, ketika sering mendengar kata server down dalam membicarakan soal website. Namun, disisi lain kenapa saat membangun web CMS (Content Management System) kita menyebutnya dengan hosting. 


Perbedaan server dengan hosting terletak pada posisinya. Meski sama-sama bertugas untuk menyimpan database. Namun, server memiliki peran yang lebih tinggi tingkatannya. Yakni, memberikan sistem dan akses kontrol terhadap client. Selain itu, menjadi wadah bagi penyimpanan hosting. Bisa dianalogikan gini, server adalah tanahnya sedangkan hosting sebagai rumah. Nah, untuk lebih jelasnya langsung cek penjelasan EKA BKJ berikut Guys!



Nih Pengertian Server dan Fungsinya Yang Wajib Anda Tahu!

Server adalah suatu jaringan komputer atau teknologi informasi yang berperan dalam menerima dan mengontrol segala permintaan client. Terlebih, memberikan izin client atas permohonan akses di suatu website. Bahkan, menyediakan wadah sebagai infrastruktur mentah untuk membangun situs serta menyimpan berbagai database. 


Server bisa berupa software maupun hardware. Sebagai perangkat lunak, memiliki tugas untuk memantau maupun memberi akses kepada client di internet. Sedangkan, sebagai hardware berfungsi layaknya memori yang menyimpan berbagai basis data seperti: Video, file, gambar, script, fitur, HTML, CSS, JavaScript, dan lain sebagainya.


Biasanya, server cenderung digunakan untuk website berbasis framework atau web application. Sedangkan, untuk web CMS (Content Management System) cenderung menggunakan hosting. Terdapat berbagai jenis server secara software diantaranya: Apache, Nginx, Litespeed, IIS, dan lain sebagainya. Nah, beberapa fungsi dari server langsung cek penjelasan EKA BKJ di bawah Guys!


  1. Penghubung antara situs web dengan HTTP/HTTPS yang diminta client pada search engine.  

  2. Menyediakan, mengelola, mengontrol segala modul yang berkaitan dengan kebutuhan pengembangan platform website serta menerima traffic maupun menyimpan database.

  3. Melakukan pemeriksaan atas HTTP yang diminta client saat browsing.

  4. Berperan sebagai memori atau RAM untuk menyimpan basis data seperti: Video, JavaScript, HTML, CSS, gambar, file, berbagai script, dan lain-lain. 

  5. Memberikan kontrol dan akses atas permintaan client via internet.

  6. Membersihkan cache yang sudah tidak digunakan di basis data.

  7. Menyediakan sistem yang support untuk membangun platform web.

  8. Memberikan layanan security, agar terhindar dari malware maupun berbagai kejahatan digital. 



Nih Pengertian Hosting dan Kegunaannya, Penting Untuk Anda Ketahui!


Hosting merupakan sebuah wadah digital untuk menyimpan database website. Dalam kata lain, adalah memori yang memberikan space disk untuk berbagai basis data seperti: Plugin, SSL, HTML, CSS, Javascript, video, gambar, file, script, platform CMS yang sudah diinstall, dan lain-lain. Sebagai salah satu infrastruktur mentah untuk membangun web berbasis CMS (Content Management System). Anda dapat berpartner dengan provider untuk mendapatkan layanan hosting. Terdapat dua jenis hosting bila dilihat berdasarkan perannya. So, langsung cek penjelasan EKA BKJ berikut Guys!


  1. Cloud Hosting 

Layanan hosting yang terhubung langsung ke internet dan disimpan pada server. Dalam satu server bisa menyimpan banyak hosting. Sehingga, jika salah satunya bermasalah atau server down maka akan berpengaruh pada lainnya. Namun, keunggulannya terletak pada kemampuan menampung traffic dan ruang penyimpanan database yang lebih besar. Oleh sebab itu, cloud hosting sudah support jika ingin digunakan dalam membuat website framework atau web application seperti Laravel. Meskipun kapasitas dan performanya masih kalah dengan server, atau yang biasa disebut VPS (Virtual Private Server).


  1. Shared Hosting

Nah, inilah jenis hosting yang banyak dipasarkan oleh provider untuk para Web Developer CMS dan Blogger. Harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan cloud server. Namun, kapasitas disk space dan menampung traffic diberlakukan pembatasan. Kecuali, jika membeli yang unlimited hosting biasanya space disk tidak terbatas namun untuk jumlah traffic dalam per bulan tetap dibatasi. Sehingga, shared hosting belum support jika dipakai untuk mengembangkan web framework. 



Bagaimana Guys, sekarang Anda sudah mengetahui bukan terkait perbedaan server dengan hosting? Tentunya, dengan begitu dapat menjadi wawasan bagi Anda di dunia digital website. Terlebih, dalam menentukan mana platform yang tepat sebagai infrastruktur untuk membangun sebuah situs web. Oke Guys, sekian dari EKA BKJ dan terimakasih. Bagi Anda yang memerlukan jasa penulisan konten, SEO, development dan pembuatan website dapat menghubungi EKA BKJ Solusi Kerjasama!  







DUKUNG SITUS INI YA PEMIRSA, SUPAYA KAMI SEMANGAT UPLOAD CONTENT DAN BERBAGI ILMU SERTA MANFAAT.

DONASI DAPAT MELALUI BERIKUT INI =

0177-01-042715-50-9

EKA APRILIA.... BRI...

0895367203860

EKA APRILIA, OVO

0 Response to "Perbedaan Server Dengan Hosting, Nih Fungsinya Penting Untuk Membuat Website!"

Post a Comment

Iklan Dalam Artikel

Iklan Adnow

loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Adnow

loading...